Daftar Startups AI yang Ada di Indonesia dan Produknya

Saat ini Indonesia sedang mengalami kemajuan dalam industri startups AI. Dengan kata lain berpotensi untuk dapat membantu masyarakat untuk memperbaiki kualitas hidup dengan pemecahan masalah yang lebih mudah. 

Baca juga : Hyperloop, Transportasi Futuristik Siap Menyaingi Pesawat

Dengan adanya teknologi AI ini banyak perusahaan menciptakan suatu produk guna mempermudah kehidupan manusia. Sehingga kalian dapat dimudahkan dengan adanya suatu program untuk memecahkan suatu masalah. 

Ini akan menjadi salah satu terobosan baru dalam perkembangan Indonesia kedepannya. Sehingga teknologinya tidak tertinggal dengan negara-negara  lainnya. 

Apa Itu Startups AI?

startups AI

Startups sendiri merupakan sebutan bagi suatu perusahaan rintisan yang baru saja didirikan. Dengan kata lain bahwa startups AI sendiri adalah perusahaan belum lama beroperasi. 

Kebanyakan perusahaan rintisan ini sedang dalam proses pengembangan. Sehingga perusahaan tersebut sedang mencari target pasarnya. Dan ranah teknologi apa yang akan dibuat dalam startups tersebut. 

Kebanyakan dari perusahaan startup sendiri memiliki jumlah pegawai kurang dari 20 orang. Dengan pendapatan yang diperoleh kurang dari 100.000 US Dollar per tahunnya. 

Ciri lain dimiliki startups yaitu budaya perusahaannya terbilang unik dan fleksibel. Dengan dananya diperoleh kebanyakan dari para investor.

Saat ini di Indonesia banyak startups AI yang sedang melakukan pengembangan besar-besaran. AI sendiri merupakan singkatan dari Artificial Intelligence

Di mana perusahaan membuat suatu program kecerdasan buatan. Untuk teknologi ini mencangkup pada bidang ilmu komputer. 

Kecerdasan buatan dikhususkan guna membantu untuk memecahkan masalah kognitif. Dan secara umum dikaitkan dengan kecerdasan manusia. Seperti contohnya yaitu pada pengenalan pola pembelajaran serta pemecahan suatu masalah. 

Dengan kata lain bahwa startups AI sendiri merupakan suatu perusahaan bergerak pada bidang kecerdasan buatan. Di mana perusahaan tersebut akan mengembangkan suatu program untuk dapat membantu dalam pemecahan masalah kognitif yang mengacu pada kecerdasan manusia.

Dengan adanya program tersebut akan membantu memudahkan kalian dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan program tersebut akan dapat diinstal pada smartphone kalian. 

Daftar Startups AI yang Ada di Indonesia

startups AI

Saat ini perkembangan perusahaan rintisan berbasis AI di Indonesia juga sudah semakin banyak. Kalian dapat melihat bahwasanya saat ini banyak produk teknologi berbasis AI yang bermunculan. 

Banyak perusahaan startups yang mulai mengembangkan teknologi ai untuk programnya. Berikut ini merupakan beberapa contoh startups AI yang ada di Indonesia:

  • Gojek

Kalian mungkin sudah akrab dengan startups yang satu ini. Gojek menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang saat ini sudah memanfaatkan adanya teknologi AI. 

Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2009 dengan kantor pusatnya yang berada di Jakarta. Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim dengan berbasis perusahaan teknologi.

Gojek menggunakan kecerdasan buatan untuk dapat melayani para penggunanya dengan berbagai fitur terintegrasi. Misalnya program untuk angkutan melalui jasa ojek.

Selain itu penggunaannya juga bisa melakukan order makanan via online. Bahkan melakukan pengantaran barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Startups AI mengembangkan teknologi tersebut untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi para pengguna. Dengan adanya teknologi Artificial Intelligence ini mereka dapat mengembangkan bisnis jauh lebih pesat. 

Bahkan saat ini Gojek telah tersedia di 50 kota Indonesia. Memberikan banyak lapangan pekerjaan bagi orang. Membuktikan bahwa layanan teknologi AI mampu memberikan berupakan dalam kehidupan manusia. 

  • Botika

Startups AI selanjutnya yaitu Botika. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan produk chatbot

Di mana perusahaan akan memanfaatkan fitur asisten chat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Sehingga akan memudahkan pelayanan. 

Meskipun pada awalnya Botika hanya digunakan untuk menjawab pertanyaan pengguna terkait dengan jadwal penerbangan namun saat ini sudah dikembangkan. Sistem terbarunya yang baru saja diluncurkan yaitu Omnibotika.

Dengan adanya Omnibotika menjadi salah satu terobosan terbaru untuk startups AI. Sistem ini mampu mengintegrasikan Botika dengan WhatsApp Business menjadi satu dasbor saja. 

  • Kata.AI

Untuk startups ai selanjutnya yaitu Kata.AI. Hampir sama dengan startups sebelumnya kata.id ini menjadi salah satu perusahaan yang memanfaatkan adanya teknologi chatbot

Kata.Ai mengembangkan teknologi tersebut untuk membantu perusahaan dalam mempermudah interaksinya. Sehingga interaksi antara perusahaan dan pelanggan dapat lebih mudah diakses dan lebih efisien. 

  • Bahasa Kita

Bahasa Kita merupakan salah satu startups yang sudah memanfaatkan adanya teknologi Artificial Intelligence. Produk yang dihasilkan sendiri sudah banyak dan sangat membantu dalam kehidupan manusia.

Teknologi yang dihasilkan dari Bahasa Kita yaitu pengenalan bunyi bahasa. Selain itu Bahasa Kita juga berhasil mengembangkan pemrosesan bahasa alami dari teknologi kecerdasan buatan. 

Bahkan pada tahun 2019 dalam kegiatan Pilpres Bahasa Kita dapat melakukan transkrip hasil debat secara cepat. Sehingga ketika acara debat Capres Cawapres hasilnya dapat di akurasi secara akurat dalam waktu singkat. 

  • Xendit

startups AI

Merupakan salah satu startups AI bergerak dalam bidang teknologi pembayaran digital. Xendit mengembangkan kecerdasan buatan untuk dapat melakukan pembayaran digital secara efisien dan aman. 

Kalian akan dimudahkan dengan adanya teknologi ini. Karena para pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan metode non tunai. 

  • Widya Indonesia

Startups AI selanjutnya yaitu Widya Indonesia. Menjadi salah satu perusahaan yang telah memberikan banyak perubahan dengan adanya kecerdasan buatan. 

Ada banyak teknologi yang telah dikembangkan oleh Widya Indonesia salah satunya yaitu Widya wicara. Selain menggunakan teknologi kecerdasan buatan Widya Wicara juga menggunakan NLP sehingga dapat diciptakan smart speaker. 

Selain itu Widya Indonesia juga mengembangkan program Talent Pool. Di mana sistem ini dapat membantu untuk mengembangkan talenta siswa sesuai dengan minat dan bakatnya. 

Pada program Widya Indonesia membantu memanajemen sumber daya manusia yang ada dalam suatu perusahaan. Dan masih ada banyak program lagi yang telah dihasilkan oleh Widya Indonesia.

  • Nodeflux

Startups AI yang bergerak pada bidang pengembangan video analis dan komputer vision yaitu nodeflux. Dengan adanya kecerdasan buatan ini dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Terutama yang berkaitan dengan analisis video dan komputer vision. Kalian dapat memanfaatkan teknologi ini sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. 

Setiap perusahaan tentunya memiliki bidang tersendiri untuk dikembangkan. Namun pada dasarnya setiap teknologi kecerdasan buatan dari startups AI akan mempermudah pekerjaan dengan waktu lebih singkat dan efisien.

Persiapan Menghadapi Era AI

startups AI

Dengan banyaknya startups yang saat ini bermunculan di Indonesia tentunya kalian perlu menyiapkan beberapa hal. Hal ini untuk menyiasati kemungkinan-kemungkinan yang dapat timbul.

Baik itu dari sisi positif maupun negatifnya. Agar tidak tertinggal dengan teknologi yang saat ini sudah membesar tentunya kalian harus bisa mengikuti perkembangan zaman.

Dengan banyaknya teknologi buatan yang saat ini bermunculan kalian perlu untuk menyesuaikan diri lebih baik lagi. Selain karena teknologi tersebut dapat memudahkan pekerjaan juga untuk meminimalisir tertinggal informasi. 

Karena saat ini sudah banyak perusahaan menggunakan teknologi kecerdasan buatan maka para pegawai juga harus update. Perusahaan tentu akan mencari karyawan yang mampu mengikuti perkembangan zaman.

Untuk itu ada baiknya kalian juga harus berusaha untuk tetap mengikuti perkembangan sesuai dengan zamannya. Mengikuti perkembangan juga akan membuat kalian tidak tertinggal dengan berita terupdate.

Karena saat ini banyak informasi-informasi yang akan diberikan melalui media internet dengan adanya teknologi buatan. Kalian tidak akan termudah tertinggal informasi di mana saja dan kapan saja. 

Jika kalian ingin mengambil peluang dari adanya startups AI ini juga bisa. Karena startups merupakan perusahaan yang masih dalam proses berkembang tentunya membutuhkan banyak. 

Kalian bisa mengambil keuntungan untuk menjadi investor. Sehingga nantinya kalian juga dapat mengambil keuntungan ketika program sukses dibuat. 

Karena pada dasarnya dana yang diperoleh dari perusahaan startups AI sendiri masih terbatas. Dananya bisa diperoleh dari venture capital merupakan modal dalam bentuk uang.

Atau dananya juga bisa dari inkubator. Merupakan suatu program dibuat sedemikian rupa. Sehingga perusahaan startups dapat berdiri sendiri dan sukses untuk program-program kedepannya.

Terlepas dari semua manfaat yang diberikan kalian juga tidak boleh terlena dengan adanya AI. Perlu diketahui bahwasanya teknologi diciptakan oleh manusia. Untuk itu kalian tidak boleh dikendalikan oleh teknologi yang kalian ciptakan sendiri.

Baca juga : Inilah Tugas AI Engineering yang Wajib Kalian Tahu

Kecerdasan buatan memiliki dampak positif dan negatifnya. Sehingga kalian harus pintar menyikapinya. Karena saat ini juga banyak startups AI yang memanfaatkan teknologi tersebut ke arah positif. 

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button