Mengenal Garmin Forerunner dari Fitur hingga Keunggulan

Garmin Forerunner adalah sebuah running smartwatches yang memiliki desain sporty dan sangat cocok untuk runner. Garmin telah dikenal secara luas oleh produsen smartwatch, karena kebutuhan jam tangan saat ini tidak lagi sama seperti dulu, merek yang satu ini sangat sukses. 

Baca juga : Smartwatch Amazfit GTR Mini dan Penjelasan Lengkapnya

Jam tangan yang satu ini dilengkapi dengan GPS system. Dalam beberapa decade terakhir, terdapat berbagai merk yang telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan banyak aktivitas khususnya untuk olahraga. Terdapat banyak fitur dan keunggulan yang ditawarkan oleh produk.

Bukan hanya itu saja, desain yang ditawarkan Garmin Forerunner juga sangat bagus dan menarik perhatian. Brand yang satu ini memiliki target market seperti atlet triathlon dan juga road runner. Jam ini dirancang untuk mengukur jarak, detak jantung, kecepatan saat lari. 

Waktu serta ketinggian yang cukup akurat. Hal tersebut tentu saja menjadi faktor penting bagi setiap runner yang akan melakukan latihan olahraga jenis apapun, khususnya lari. Terdapat fitur smart notification, long battery life serta dapat terkoneksi dengan smartphone

Untuk para pemula, tidak perlu khawatir kebingungan. Sebab, pada setiap produk Garmin Forerunner terdapat petunjuk serta fitur user friendly sehingga mudah digunakan untuk para pemula yang baru akan membeli jam tangan untuk membantu aktivitas olahraga apapun. 

Fitur Garmin Forerunner yang Wajib Diketahui

garmin forerunner

Dilengkapi dengan fitur super canggih yang mengikuti perkembangan teknologi, bisa menjadi pertimbangan kalian untuk membeli dan menggunakannya. Perlu menjadi perhatian, bahwa setiap produk memiliki jaminan dan garansi dalam waktu yang sudah ditentukan. 

  • Fitur Garmin Forerunner 265 

Fitur pertama yang akan dibahas adalah milik jam tangan untuk aktivitas olahraga jenis 256. Forerunner tipe 256 sendiri bisa memberikan berbagai insight yang sangat dibutuhkan oleh seorang pelari. Pertama, morning report yang berfungsi untuk merangkum prospek tidur serta latihan saat ingin bangun lebih awal.

Kalian dapat menyesuaikan tampilan pada laporan yang ingin menampilkan berbagai data penting. Kedua, saran latihan yang dipersonalisasikan, terdapat saran untuk waktu latihan yang sesuai dengan aktivitas kalian, sehingga sangat mudah untuk beradaptasi dan juga melakukan aktivitas maksimal. 

Ketiga, training readiness score, yang dimana berfungsi untuk memberikan skor pada setiap aktivitas, mulai dari bangun tidur hingga latihan berdasarkan kualitas tidur, beban latihan yang harus ditempuh serta waktu istirahat yang cukup untuk beberapa waktu kedepan untuk latihan ringan atau berat. 

Keempat, race widget yang akan memberikan kalian tips latihan hingga saran dalam waktu harian, prediksi waktu hingga detail lintasan, performa dan cuaca. Kelima, rencana strategi pada hari perlombaan dengan basi GPS untuk mengukur jalur maupun jarak yang kalian pilih. 

  • Fitur Garmin Forerunner 956

Forerunner tipe 956 akan memberikan insight yang cukup lengkap melalui layar AMOLED yang memiliki resolusi cukup tinggi hingga kecerahan maksimal. Pada fiturnya sendiri hanya akan membantu kalian berlari dengan sangat baik, bahkan saat berdiri di sebuah podium, kalian akan menemukan posisi baik.

Fitur pertama yang ditawarkan oleh Garmin Forerunner 956 adalah on wrist running dynamics. Forerunner akan membantu mengukur irama, waktu kontak dengan tanah serta panjang langkah kalian. Kedua adalah profil multisport. Dengan satu sentuhan pada profil bawaan untuk duathlon, triathlon, swim runs, brick workouts.

Kalian juga dapat melakukan kustom agar bisa membuat sebuah profil multisport. Ketiga, full color mapping, jenis 956 menyediakan pemetaan built-in penuh desain dan warna yang membuat kalian tetap pada jalur lintasan pelatihan yang sangat tepat. 

Menggunakan berbagai indikator seperti riwayat latihan, HRV dan juga performa terkini bisa menjadi sebuah insight yang sangat mudah mengenai keseluruhan upaya pelatihan kalian secara produktif, dalam kondisi tegang, atau memuncak. Hal ini dapat menjadi pertimbangan saat ingin membelinya. 

  • Garmin Forerunner Running Science 

Setiap waktunya, selalu ada perkembangan pada fitur jam tangan yang satu ini. Garming juga mengelolah sebuah fitur running science, tidak heran jika banyak fitur serta berbagai metric data yang tidak bisa ditemukan pada smartwatch yang lainnya. Hal tersebut menjadi keunggulan tersendiri. 

Fitur unggulan pertama yang ditawarkan oleh running science adalah vertical oscillation, yang akan mencerminkan jumlah pantulan pada setiap langkah saat berlari. Hal tersebut bisa diukur dalam bang tubuh, berupa sentimeter, jarak yang ditempuh, hal ini akan diukur pada setiap langkah. 

Kedua, running power, pada fitur ini akan memanfaatkan metric seperti osilasi vertical, kemiringan, kecepatan dan juga kondisi angin lokal untuk bisa menghitung jumlah daya yang digunakan pada tanah saat berlari. Saat kalian ingin mengetahui berapa banyak tenaga yang dikeluarkan permenit. 

Ketiga, GCT atau ground contact time yang merupakan jumlah waktu dalam setiap langkah pada tanah saat berlari. Hal tersebut akan diukur dalam waktu milidetik. Keempat, irama, jumlah langkah yang diambil per menit, menghitung langkah dari kaki serta meriks lari akan menjadi performa kalian. 

Keunggulan Garmin Forerunner 

garmin forerunner

Saat ini, aktivitas olahraga lari menjadi bagian dalam hidup banyak orang. Apalagi aktivitas yang satu ini juga didukung oleh berbagai perangkat seperti smartwatch yang akan mampu memberikan kenyaman dan menciptakan goals yang sesuai dengan kebutuhan. 

  • Tampil dengan Desain Menarik 

Keunggulan Garmin Forerunner pertama ada pada tampilan atau desain yang menarik dan juga elegan. Smartwatch yang sangat cocok untuk pemula ini diberikan tampilan sangat mulus dan ringan sehingga sangat nyaman saat digunakan, dan tidak merasa berat. Jadi, bisa menjadi bahan pertimbangan. 

Dimensi yang ditawarkan sebesar 42 x 42 x 11,6 mm dengan berat 37 gram. Smartwatch ini sangat cocok digunakan untuk tangan dengan diameter mulai dari 128 mm hingga 197 mm. Sehingga para penggunanya bisa merasa cocok dan nyaman, tersedia pilihan warna yang bisa dipilih, hitam, biru dan putih. 

  • Dukungan Layar dengan Teknologi Tinggi 

Pada bagian layarnya juga menjadi keunggulan tersendiri bagi banyak orang. Smartwatch ini hadir dengan diameter 42 mm dan tampil bulat klasik. Untuk bagian layarnya berdiameter 26,3 mm serta mempunyai resolusi 208 x 208 piksel. Layarnya memiliki transflective memory in pixel. 

Hal tersebut membuat jam tangan ini sangat cocok digunakan pada luar ruangan atau dibawah sinar matahari, namun masih bisa terlihat dengan jelas. Performa displaynya cukup baik dengan tampilan yang mempesona dan juga tajam, terdapat tombol yang bisa digunakan untuk memanfaatkan fitur.

  • Konektivitas  

Keunggulan Garmin Forerunner berikutnya terletak pada bagian konektivitas serta baterainya. Produk ini akan bisa dihubungkan dengan ponsel menggunakan Bluetooth. Konektivitas tersebut bisa digunakan dalam sebuah aplikasi Garmin yang dibuat khusus untuk menghubungkan berbagai fitur unggulan. 

Setiap para penggunanya dapat mengakses serta mengubah berbagai pengaturan melalui aplikasi tersebut. Terdapat juga notifikasi yang akan masuk dengan otomatis, kalian juga dapat mengakses kalender, perkiraan cuaca, sehingga mengontrol musik dengan mudah dan tanpa ribet.

  • Performa 

Pada performa Garmin Forerunner sudah tidak perlu diragukan lagi. Terdapat banyak fitur unggulan di dalamnya, dimana fiturnya cukup user friendly dan juga kekinian sehingga cukup modern untuk digunakan. Semua fitur yang ada didalamnya dalam digunakan dengan maksimal. 

Pada performa bisa disesuaikan dengan penggunaan dan kebutuhan kalian. Jam tangan yang satu ini dapat merekam peringatan, jumlah kalori, perhitungan langkah, dan juga jarak tempuh. Sehingga bisa melihat goals untuk penurunan berat badan, maupun menyeimbangkan kebutuhan fisik. 

  • Ketahanan Baterai 

Ketahanan baterainya juga cukup terjamin. Pada berbagai jenis yang dikeluarkan bisa bertahan hingga 20 jam dengan menggunakan sensor GPS yang aktif, jika menggunakan mode biasa maka bisa bertahan dalam 14 hari. Tidak perlu khawatir jika baterai habis secara tiba-tiba, karena bisa sangat awet. 

Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk kalian para pemula yang baru akan membeli dan mencoba menggunakan smartwatch. Perlu dipertimbangkan menurut budget dan juga kebutuhan masing-masing orang, sebab harga yang ditawarkan oleh jam ini terbilang cukup mahal.

Baca juga : Apa Itu Garmin Smartwatch? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Fitur dan juga keunggulan yang sudah dijelaskan wajib untuk dipelajari dan dipahami terlebih dahulu, agar tidak keliru ketika membelinya. Setiap barang memiliki keunggulannya masing-masing begitu juga dengan Garmin Forerunner yang sangat disarankan untuk digunakan, karena baik untuk kenyamanan dan keefektivitasannya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button