Mengenal Mobil Terbang eVTOL X2 Buatan China

Mobil terbang eVTOL X2 pertama kalinya melakukan penerbangan publik di Dubai, Uni Emirat Arab. Mobil yang dirancang oleh produsen kendaraan listrik China Xpeng ini berhasil terbang pada 10 Oktober 2022.

Baca juga: Fitur Terbaru Google Maps dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Xpeng merancang kBaca juga: endaraan ini dengan dua tempat duduk, dimana mobil ini akan terbang ke udara secara vertikal dan juga mendarat secara vertikal. Alat transportasi ini juga dilengkapi dengan delapan baling-baling.

Baling-baling pada mobil terbang eVTOL X2 tersebut dipasang pada dua bagian sudut kendaraan. Saat penerbangan perdananya, mobil ini berhasil melakukan test drive selama 90 menit di wilayah udara Dubai.

Hal tersebut menjadi langkah awal keberhasilan yang penting. Xpeng bahkan menggambarkan bahwa keberhasilan tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk mobil terbang generasi berikutnya.

Xpeng sendiri telah merencanakan secara bertahap untuk menjual kendaraan tersebut ke pasar Internasional. Maka, pada penerbangan pertamanya, Xpeng memilih Dubai karena kota tersebut merupakan kota paling inovatif di dunia.

Mobil terbang eVTOL X2 ini dilengkapi dengan sistem pengendali perbangan pintar hingga kemampuan terbang secara otomatis. Generasi terbaru dari mobil terbang yang dikembangkan oleh Xpeng ini memang patut untuk dinantikan.

Lalu perusahaan seperti apakah Xpeng itu? Berikut ini pembahasan mengenai Xpeng sebagai perusahaan produsen kendaraan listrik di China yang mampu menghasilkan mobil terbang generasi terbaru.

Mengenal Xpeng Sebagai Penemu Mobil Terbang eVTOL X2

Mobil Terbang eVTOL X2
source: special

Xpeng dikenal juga sebagai perusahaan pesaing Tesla milik Elon Musk. Perusahaan ini berfokus pada pembuatan kendaraan listrik yang sangat menjanjikan bagi masa depan karena ramah lingkungan.

Perusahaan ini berusaha untuk mengganti penggunaan alat transportasi konvensional berbahan bakar minyak. Xpeng atau dikenal juga dengan Xiaopeng Motors ini juga sedang mengejar ketertinggalannya dari Barat.

Xpeng berdiri pada tahun 2014 dan menjadi perusahaan rintisan yang memiliki peluang luar biasa dalam persaingan kendaraan listrik. Perusahaan ini memulai debutnya dengan mobil SUV XPeng G3 pada tahun 2018.

Melalui debutnya tersebut, Xpeng berhasil menjadi sorotan karena mampu mendongkrak penjualan pada tingkat yang luar biasa. Dengan kemampuannya, perusahaan bahkan semakin berkembang pada arah positif.

Hal tersebut terbukti dari kesuksesan Xpeng dalam memproduksi mobil terbang eVTOL X2. Xpeng menghadirkan X2 yang mampu menghasilkan non karbondioksida serta dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan kota dataran rendah.

Dengan kecepatan penerbangan maksimum 130 km/jam, Xpeng berhasil menampilkan mobil terbang sesungguhnya. Alat transportasi ciptaan perusahaan Xpeng ini bisa memberikan pengalaman baru bagi kehidupan sehari-hari.

Kemudian, dalam rencana yang dibuat, Xpeng akan merilis produk tersebut secara massal pada tahun 2024 dengan harga retail senilai US$ 157.000. Model mobil terbang buatan Xpeng ini patut untuk Kalian nantikan.

Dengan model hybrid, alat transportasi tersebut tidak hanya dapat digunakan di udara saja, namun pengguna juga bisa mengendarainya di darat. Hal tersebut akan membuat perjalanan semakin efektif dan efisien.

Manfaat Penggunaan Mobil Terbang eVTOL X2 dalam Kehidupan Sehari-hari

Mobil Terbang eVTOL X2
source: special

Tidak banyak orang menyangka bahwa mobil terbang benar-benar bisa diproduksi. Mobil terbang sendiri sebenarnya merupakan alat transportasi yang mengusung gabungan dari konsep drone serta pesawat mini.

Hal tersebut membuat alat transportasi seperti mobil terbang eVTOL X2 bisa melayang pada ketinggian beberapa meter di atas permukaan tanah. Namun lebih rendah dibandingkan saat menaiki pesawat komersial pada umumnya.

Jika dibandingkan dengan kendaraan transportasi darat pada umumnya, mobil terbang memberikan sejumlah keuntungan baik bagi manusia maupun untuk lingkungan hidup karena tidak menggunakan bahan bakar penyebab polusi.

Meskipun harga alat transportasi tersebut cenderung lebih mahal, namun manfaat yang didapatkan juga sebanding dengan pengeluaran. Jika Kalian tertarik menggunakan kendaraan terbang, maka beberapa keuntungan berikut bisa didapatkan.

  • Mengurangi Emisi dan Polusi Suara

Kendaraan seperti mobil terbang eVTOL X2 bisa membantu mengurangi emisi di lingkungan. Seperti yang Kita ketahui bahwa kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang emisi dan zat pembuangan beracun.

Polusi sisa pembakaran dari kendaraan bermotor menjadi alasan mengapa mobil terbang menjadi solusi terbaik untuk mengurangi emisi. Hal tersebut dikarenakan prototype mobil terbang didesain berbahan bakar listrik.

Perusahaan produksi kendaraan berbahan listrik Xpeng sebagai pembuat mobil terbang juga menggunakan teknologi yang mutakhir. Xpeng mencoba menerapkan teknologi Electric Vehicle pada kendaraan yang diproduksinya.

Electric Vehicle sendiri merupakan alternatif pengelolaan energi berkelanjutan, dimana teknologi ini memanfaatkan aliran listrik 100% melalui penggunaan baterai elektrik yang perlu diisi ulang jika habis.

Dengan begitu, dapat diartikan bahwa daya baterai pada kendaraan dapat diisi menggunakan metode yang lebih berkelanjutan, diantaranya menggunakan pembangkit listrik tenaga matahari maupun tenaga angin.

Penggunaan bahan bakar listrik akan membantu mengurangi emisi di dunia. Kemudian kendaraan terbang juga tidak akan menghasilkan emisi berbahaya bagi manusia maupun lingkungan hidup.

Selain mengurangi emisi, teknologi pengelolaan bahan bakar kendaraan menggunakan listrik juga mampu mengurangi polusi suara. Kendaraan konvensional seringkali mengalami masalah yang membuat mesin menjadi bising.

Berbeda dengan mobil bertenaga listrik, kendaraan seperti ini tidak akan mengeluarkan suara bising. Suara yang ditimbulkan tidak akan mengganggu telinga pengendara sehingga akan membuat perjalanan lebih nyaman.

  • Mengurangi Ketergantungan Bahan Bakar

Mobil terbang eVTOL X2 yang menggunakan listrik akan membantu lingkungan untuk tidak bergantung dengan bahan bakar minyak. Sebagai sumber daya yang penting untuk kehidupan, cadangan minyak menjadi penting untuk diperhatikan.

Karena semakin langkanya minyak, maka harga bahan bakar akan menjadi semakin mahal. Hal ini terbukti dari naiknya harga bahan bakar minyak dan membuat pemilik kendaraan sulit untuk membelinya.

Pada tahap ini, kendaraan listrik menjadi solusi tepat bagi permasalah tersebut. Listrik memberikan daya tanpa perlu menghabiskan sumber daya alam, sehingga kelangkaan minyak dapat teratasi dengan baik.

Listrik merupakan opsi terbaik karena energi tersebut bisa membuat kendaraan berjalan bahkan hingga ratusan kilometer. Selain itu daya listrik cenderung lebih murah dibandingkan menggunakan BBM untuk menempuh jarak yang sama.

  • Mempersingkat Perjalanan

Mobil terbang eVTOL X2 merupakan salah satu kendaraan terbaik untuk membantu pengendara mempersingkat waktu perjalanan. Salah satu tantangan menggunakan kendaraan pribadi adalah kemacetan.

Dalam kondisi kemacetan tersebut, berkendara menggunakan motor maupun mobil akan jauh lebih lambat dibandingkan berjalan kaki. Oleh sebab itu, mobil terbang hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dengan kendaraan ini, pengendara tidak perlu melaju di darat dimana kemacetan berada. Cara terbaik mempersingkat perjalanan adalah dengan terbang di udara dan berpindah lokasi dalam waktu yang jauh lebih cepat.

  • Menjangkau Lokasi Lebih Luas

Mobil terbang eVTOL X2 memiliki kemampuan untuk menjangkau area yang lebih luas dibandingkan kendaraan konvensional lainnya. Daerah terpencil sekalipun bisa dikunjungi menggunakan bantuan kendaraan tersebut.

Daerah dengan infrastruktur jalan maupun transportasi umum yang layak akan lebih mudah dijangkau melalui jalur penerbangan. Di masa depan, hal tersebut diprediksi mampu mengubah cara manusia memilih tempat tinggal.

Jika saat ini banyak manusia bertempat tinggal di kawasan yang berpusat di sekitar industri hingga sarana transportasi, maka di masa depan manusia bisa tinggal jauh dari perkantoran dan sarana transportasi.

Mobil Terbang eVTOL X2
source: special
  • Mengurangi Tingkat Kemacetan

Manfaat selanjutnya dari penggunaan mobil terbang eVTOL X2 berkaitan erat dengan manfaat kedua yaitu mempersingkat waktu perjalanan. Saat berkendara, selain waktu lebih singkat, pengendara juga membantu mengurangi tingkat kemacetan.

Angka kemacetan di setiap tahunnya pasti selalu bertambah, mengingat banyak orang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Apabila menggunakan mobil yang memakai jalur udara, maka otomatis akan berdampak pada lalu lintas darat.

Dengan menjalankan kendaraan menggunakan jalur udara, maka pengendara juga akan lebih fleksibel dalam mencari jalur, sehingga tidak perlu menggunakan jalan beraspal hingga membayar untuk melewati jalan tol.

  • Menekan Risiko Kecelakaan

Ketika mengendarai mobil terbang eVTOL X2, pengguna tidak memerlukan pengaturan lalu lintas karena kendaraan tidak mungkin berhenti sejenak. Dengan proses bepergian yang semakin mudah ini, pengendara lebih bebas dari hambatan.

Jika di area darat, pengendara akan sering menemui bahu jalan yang digunakan untuk tempat parkir. Dengan adanya hambatan tersebut, banyak pengendara kesulitan mengendarai kendaraan mereka.

Pada akhirnya hal tersebut bisa menyebabkan berbagai bentuk kecelakaan baik ringan maupun besar. Dengan berkendara di udara, kecil kemungkinan pengendara bisa bertemu dengan hambatan seperti di darat.

Meskipun ada pengemudi lain di udara, pengguna kendaraan mobil terbang eVTOL X2 bisa mengatur ketinggiannya, sehingga hal seperti bertabrakan dengan pengemudi lain bisa dihindari dengan baik.

Baca juga: 6 Berita Teknologi Terbaru dan Terpopuler tentang Komputer

Dengan menyadari banyaknya manfaat dari penggunaan kendaraan terbang untuk bepergian, hal tersebut membuat masyarakat harus segera menyadari kelebihan produk, dimana rutinitas sehari-hari akan semakin mudah dilakukan.

Dengan kendaraan yang canggih, pengendara bisa bepergian dengan lebih nyaman dan minim hambatan. Kendaraan seperti mobil terbang eVTOL X2 akan mempermudah hidup pengendara di masa depan.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button