Mengenal Festival Games Terbesar, Tokyo Game Show

Salah satu festival games terbesar di dunia adalah Tokyo Game Show atau biasa disingkat TGS, merupakan salah satu festival tahunan dan paling ditunggu-tunggu oleh para gamers di seluruh dunia. Karena biasanya terdapat acara, event dan pengumuman menarik disini.

Festival tersebut diadakan setahun sekali dan selalu diadakan bertempat di Makuhari Messe, Perfektur Chiba, Jepang. Acara ini menjadi salah satu surganya bagi para pemain permainan video di seluruh dunia, banyak para gamers selalu menunggu digelarnya acara TGS.

Baca juga: 6 Berita Teknologi Terbaru dan Terpopuler tentang Komputer

TGS sendiri selalu ramai dikunjungi oleh orang dari seluruh manca negara, bukan hanya warga lokal Jepang saja yang berkunjung. Karena didalam festival games tersebut didirikan banyak stand game dari sebagian developer tingkat dunia yang terkenal seperti Konami.

Pada tahun 2019 sendiri dilaporkan lebih dari 260.000 pengunjung rela untuk mendatangi pagelaran acara tersebut. Tingginya antusias dari fans membuktikan bahwa Tokyo game show merupakan salah satu event terbesar bagi penggemar game di seluruh penjuru dunia.

Dalam Tokyo game show sendiri terdapat lebih dari 600 stand yang diisi oleh bermacam developer game terkemuka dunia seperti bandai namco, capcom, konami, dan masih banyak lagi. Selain itu di festival games terbesar TGF juga terdapat sebagian developer lokal.

Berikut Ini Sejarah Terbentuknya TGS

 festival games terbesar
source: special

TGS sendiri pertama kali didirikan pada tahun 1996 oleh Computer Entertainment Supplier’s Association atau biasa disebut dengan CESA. CESA mendirikan festival ini dengan bekerja sama bersama Nikkei Business Publications pada tanggal 22 hingga 24 Agustus 1996.

Di tahun 1996, sebagai awal berdirinya festival games terbesar TGF sudah dapat menggaet sekitar 109.000 peserta pada tahun itu. Angka tersebut dapat dibilang cukup besar untuk tahun tersebut dan dapat dibilang acara ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Awal mulanya Tokyo game show diselenggarakan dua kali setahun yaitu di musim semi dan gugur, namun pada tahun 2002 acara TGF sudah berubah menjadi pagelaran festival tahunan yang hanya diselenggarakan sekali dalam setahun sekitar kuartal akhir tahun.

Festival games terbesar tersebut selanjurnya terus berjalan dengan lancar tiap tahunnya, hampir dari sebagian besar stand di acara tersebut diikuti oleh bermacam macam developer permainan video terkenal. Namun juga terdapat sebagian developer lokal didalamnya.

Sebagian developer lokal tersebut bukan hanya berasal dari Jepang saja, terdapat juga developer dari manca negara juga ikut berpartisipasi disini. Developer game berasal dari Indonesia juga pernah berpartisipasi disini seperti anantarupa studios dan cakra studios.

Exhibition Area di Festival Games Terbesar TGS

 festival games terbesar
source: special

Pada tahun 2022, festival permainan video TGF berlangsung selama 4 hari mulai dari 15 hingga 18 September 2022. Selama berjalannya acara festival games dunia tersebut terdiri dari banyak area exhibition dan dinikmati oleh beberapa kalangan didalamnya.

Umumnya di dua hari pertama pagelaran ini berfokus pada industri maupun bisnis developer game yang ingin mengeluarkan pengumuman mengenai perkembangan proyek mereka, seperti bermacam game terbaru yang akan diterbitkan pada tahun berikutnya.

Sementara itu waktu hari ketiga dan keempat akan dikhususkan bagi beberapa acara untuk publik dan dibagi menjadi beberapa exhibition area. Total ada sekitar sebelas area yang ada di festival games terbesar Tokyo game show yang dapat disaksikan langsung oleh umum.

Beberapa area tersebut didalamnya menyangkut daerah untuk bisnis developer game yang membahas mengenai bagaimana perkembangan proyeknya. Selain itu juga terdapat area yang membahas mengenai edukasi permainan video yang saat ini sedang dikembangkan.

Mulai dari tahun 2015, kesebelas exhibition area tersebut selalu ditampilkan selama pagelaran acara berlangsung kecuali pada tahun 2020 hingga 2021. Acara TGF di kedua tahun tersebut festival games terbesar diselenggarakan online karena adanya pandemi covid.

  • General Exhibition

Merupakan daerah pertunjukan umum, bagian daerah tersebut dapat juga disebut sebagai jantungnya Tokyo game show. Hal tersebut perlu kalian ketahui karena bagian ini memiliki porsi ruangan paling luas dibandingkan exhibition area lainnya.

Beberapa perusahaan besar seperti square enix, bandai namco, dan konami sering melakukan pertunjukan demo dari game terbarunya pada festival games terbesar tersebut dilaksanakan. Dan mereka sering melaksanakannya di general exhibition area karena luasnya tempat.

Selain itu beberapa produk terkait permainan video yang sedang dalam tahap perkembangan dan sudah dinantikan oleh beberapa fansnya sering ditampilkan bertempat di bagian ini. Para developer saling bersaing untuk menggaet hati pengunjung untuk membeli produknya itu.

  • Game Device Center

Selain itu juga terdapat bagian daerah yang khusus hanya membahas mengenai perangkat untuk bermain permainan video kalian. Beberapa peralatan seperti mouse gaming hingga headphone sekalipun dipaparkan pada daerah ini dan banyak stand menampilkannya.

Beberapa perusahaan terkenal seperti MSI dan Asus sudah sering tampil di festival games terbesar di daerah ini untuk menunjukkan performa terbarunya pada perangkat games yang sedang dikembangkannya untuk dipasarkan pada tahun berikutnya. 

Beberapa laptop gaming maupun hardware aksesoris juga sering ditampilkan pada bagian ini, sehingga sering dianggap sebagai surganya aksesoris untuk bermain game. Berbagai perlengkapan terkait konsol gaming seperti kontroler juga dapat ditemukan di sini.

  • Merchandise Sales

Pada acara festival games di Jepang ini juga terdapat bagian yang khusus untuk menjual merchandise. Beberapa merchandise dari game terkenal sering diburu oleh fans dari penjuru dunia pada bagian ini mulai dari poster hingga action figure-nya.

Beberapa developer terkenal seperti konami sering menampilkan beberapa merchandise dari gamenya pada bagian ini. Seperti beberapa action figure maupun standee acrylic sering diburu oleh fans sebagai pajangan maupun koleksi di rumahnya.

Pada bagian ini memang didesain untuk menampilkan beberapa merchandise terkait dunia gaming. Oleh karena itu banyak fans memburu official merchandise pada festival games terbesar tersebut dan biasanya juga terdapat diskon khusus yang jarang ditemukan.

  • Personal Computing

Area ini merupakan surganya bagi penggemar maupun gamer yang sering memainkan permainannya melalui Personal Computer (PC) masing-masing. Didalamnya diisi oleh beberapa produsen komputer terkenal di dunia mulai dari Sony dan Toshiba.

Banyak produsen menawarkan produk komputer gaming terbarunya pada festival games terbesar di Jepang ini untuk memanjakan keinginan gamer. Kebanyakan produsen bahkan memberikan diskon yang cukup tinggi sehingga sangat menguntungkan untuk membelinya.

Alhasil gamer PC pun sering menganggap area ini menjadi surganya perangkat untuk memainkan permainan melalui komputer. Beberapa laptop dan notebook khusus gaming juga sering dipamerkan pada beberapa booth di area personal computing ini.

  • Sesi Anak-Anak

Selain menampilkan game khusus remaja maupun dewasa, pada pagelaran festival games terbesar juga menampilkan permainan video yang dikhususkan untuk anak-anak. Beberapa perusahaan seperti Taito dan Sega sering mengisi daerah ini untuk menampilkan produknya.

Banyak juga beberapa developer dari luar negeri yang juga menampilkan dan mempresentasikan permainan videonya yang dikhususkan untuk mendidik generasi lebih muda sehingga mulai mencintai industri game.

Pada bagian ini juga sering diberikan beberapa demo untuk permainan yang dikhususkan pada golongan yang lebih muda. Seperti beberapa permainan family friendly sering ditampilkan pada area di festival games tersebut.

  • Smart Phone Area

Terdapat juga sektor yang khusus membahas beberapa permainan yang dikhususkan untuk smartphone. Beberapa permainan yang akan dirilis pada media handphone sering ditampilkan pada area ini, salah satunya adalah beberapa game dari Bandai Namco.

Sebelum meluncurkan permainan video barunya, developer ini selalu melakukan presentasi di festival games terbesar tersebut. hal tersebut disebabkan pada area ini memang dikhususkan untuk beberapa game yang dirilis untuk smartphone dan tablet.

Beberapa permainan video terkenal seperti Grandblue Fantasy juga pernah menampilkan mengenai event yang akan dialami player lainnya pada beberapa bulan berikutnya di bagian ini, oleh karena itu beberapa pemain merasakan antusias tersendiri pada bagian ini.

  • Cosplay Zone

Tokyo game shows sendiri selalu mengundang banyak cosplayer untuk berpartisipasi pada acara festival games terbesar itu. Hal ini disebabkan cosplay sendiri sudah menjadi salah satu budaya asal Jepang yang sudah mendunia dan terkenal oleh beberapa kalangan.

Baca juga: Cara Hasilkan Uang dari Dunia Games, Ternyata Mudah Banget

Cure, organisasi cosplay terbesar Jepang juga sering mengadakan perlombaan dan acara terbesar pada TGS yaitu Cosplay Collection Night. Acara ini diikuti oleh beberapa fans yang berpakaian ala karakter game favoritnya dilengkapi beberapa aksesorisnya.

Beberapa negara lain juga berpartisipasi pada acara cosplay ini seperti Spanyol, Filipina, Indonesia, Turki, Amerika, Singapura, dan Korea Selatan. Bahkan cosplayer dari Indonesia sudah pernah memenangkan perlombaan cosplay pada acara TGS ini.

Tingginya partisipan baik dari pihak pengunjung maupun perusahaan yang mendirikan booth pada acara tersebut berpartisipasi untuk membuat TGS makin meriah tiap tahunnya. Jika ada rezeki berlebih tidak ada salahnya untuk berkunjung ke festival games terbesar ini di Jepang.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button