Cara Mengatasi Hotspot Tidak Tersambung dengan Mudah

Untuk cara mengatasi hotspot tidak tersambung dapat dilakukan dengan mudah oleh kalian, apalagi untuk pemula. Perangkat handphone Android saat ini sudah mempunyai fitur untuk menghubungkan jaringan internet dengan mudah ke pengguna lainnya. 

Baca juga : Hubungkan HP Android ke Laptop Windows 10: Simak Infonya

Hal tersebut juga dapat terjadi pada pengguna iPhone, laptop dan komputer. Namun, seringkali hotspot yang dinyalakan tidak dapat tersambung ke pengguna lainnya. Hal ini diakibatkan oleh beberapa keadaan. Maka dari itu, cari tahu penyebab jaringan tanpa terhubung terlebih dulu.

Cara mengatasi hotspot tidak tersambung bisa dilakukan pada handphone Android, iPhone, laptop dan juga komputer kalian. Hal tersebut juga dapat dilakukan secara gratis tanpa berbayar. Jadi, tidak perlu khawatir karena tidak harus mengeluarkan biaya untuk ini. 

Hotspot merupakan jaringan internet yang dihubungkan melalui sumbernya. Jaringan tersebut bisa sangat membantu, ketika seseorang sedang kehabisan kuota, dan mempunyai urusan urgent yang harus menghubungkannya dengan jaringan internet yang stabil. 

Maka dari itu, kalian harus mempelajari dan memahami cara mengatasi hotspot tidak tersambung. Agar saat hal ini terjadi, tidak lagi bingung dan langsung mendapati jalan keluarnya. Perlu menjadi perhatian, bahwa pengaturan pada setiap HP berbeda.

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Tersambung 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pengecekkan tersebut. Pastikan memahaminya dengan benar agar tidak keliru dalam penerapannya. Mengingat, jika keliru maka pengaturan bisa saja rusak dan berdampak pada fitur handphone lainnya. Berikut merupakan beberapa caranya:

  • Sambungkan Hotspot Melalui Bluetooth 

Cara mengatasi hotspot tidak tersambung pertama adalah sambungkan jaringan tersebut melalui Bluetooth. Saat ini, belum banyak yang mengetahui mengenai fungsi Bluetooth yang bisa menjadi sambungan Wi-Fi tanpa nirkabel. Caranya cukup mudah yaitu aktifkan Bluetooth

Pada perangkat yang akan dihubungkan internet, dan juga perangkat kalian. Lanjut dengan membuka pengaturan dan memilih menu penambahan dan hotspot. Lalu centang pada opsi penambahan Bluetooth. Kemudian, pilih nama Wi-Fi dan centang melalui akses internetnya. Maka akan tersambung. 

  • Ubah Kata Sandi dan Nama Hotspot 

Cara mengatasi hotspot tidak tersambung berikutnya adalah dengan mengubah nama serta kata sandinya. Biasanya para pengguna jaringan di dalam perangkat sudah terlalu banyak, hal tersebut mengakibatkan perangkat jaringan sulit untuk terhubung dengan yang baru. 

Maka dari itu, bisa dilakukan ganti nama dan kata sandi terlebih dahulu. Penyebab lainnya bisa karena perangkat lain menggunakan area sinyal yang sudah ada dengan kata sandi yang lama. Cara mengganti nama serta password bisa dilakukan langsung pada pengaturan setiap handphone

  • Lakukan Restart pada Perangkat yang Digunakan

Cara mengatasi hotspot tidak tersambung selanjutnya adalah melakukan restart. Seringkali ponsel mengalami gangguan atau error saat mengaktifkan jaringan tambahan yang berfungsi untuk membagikannya pada perangkat lain di area sekitar. Maka dari itu, restart bisa menjadi pilihan.

Tidak perlu khawatir dengan perangkat error, karena hal tersebut sering terjadi. Namun, jika hal tersebut terjadi dalam waktu dekat yang berulang kali, kalian wajib memeriksakan handphone pada tempat service agar bisa dicek keamanan dan masalah yang ada didalamnya. Restart HP agar jaringan hotspot bisa digunakan lagi. 

  • Jalankan Troubleshoot 

Khusus pengguna laptop yang ingin menyambungkan jaringan melalui ponsel, namun tidak bisa. Kalian dapat mencoba untuk menjalankan troubleshoot. Cara mengatasi hotspot tidak tersambung cukup mudah, buka pengaturan pada laptop, kemudian tekan tombol Windows yang ada dan pilih menu “update and security”

Lalu pilih “troubleshoot” yang ada pada sebelah kiri. Lanjut dengan memilih “internet connections troubleshooter” lalu klik tombol menu “run this troubleshooter”. Kemudian simpan perubahan tersebut pada pengaturan. Lakukan restart pada laptop, dan bisa mencoba untuk menghubungkan kembali.

  • Periksa Jaringan dan Kuota 

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah jaringan mengalami masalah. Hal tersebut seringkali diakibatkan oleh daerah yang tidak mendukung penggunaan jaringan tersebut. Jika hal ini terjadi, maka otomatis hotspot yang disambungkan tidak dapat digunakan dengan baik. 

Cara mengatasi hotspot tidak tersambung lainnya bisa dengan mengecek kuota. Biasanya, kuota yang habis mengalami jaringan tidak dapat tersambung dengan baik ke perangkat lainnya. Jika kuota habis, lakukan pengisian terlebih dahulu untuk dapat menyambungkan jaringan kepada perangkat lain. 

Jenis Hotspot yang Wajib Diketahui 

Bukan hanya mengenal cara mengatasi hotspot tidak tersambung saja. Kalian juga harus mengetahui jenis-jenis pada jaringan tersebut. Hal ini bertujuan agar lebih mempermudah ketika terjadi masalah hotspot yang tersambung atau tidak. Berikut beberapa jenisnya:

  • Paid Hotspot 

Jenis pertama adalah paid hotspot, yang dimana merupakan layanan jaringan yang dapat digunakan ketika para penggunanya membayar sejumlah uang untuk melakukan login terlebih dahulu kemudian akan mendapatkan username serta passwordnya. Keuntungan dari jenis ini jaringan lebih cepat. 

Biasanya, beberapa caffe dan restaurant menggunakan sistem paid hotspot. Dimana, kalian harus membeli makanan atau minumannya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan username dan pass yang bisa diisi saat melakukan login ke website maupun aplikasi yang disediakan. 

  • Hotspot Berbayar ke Operator Wi-Fi 

Jenis yang satu ini menjelaskan bahwa terdapat sambungan Wi-Fi yang menjadi sumber dari hotspot tersebut. Biasanya orang yang memiliki Wi-Fi sudah membayarkan kepada penyedia jasa layanan Wi-Fi. Jadi, setiap orang tinggal menggunakannya dengan mudah dan praktis. 

Pemilik sumber Wi-Fi tersebut akan memberitahu username dan password, sehingga sangat mudah untuk terhubung. Untuk kecepatan jaringannya sendiri, dipengaruhi oleh besarnya mbps dan banyaknya perangkat yang menggunakan Wi-Fi tersebut dalam satu waktu tertentu. 

  • Free Hotspot 

Lanjut dengan free hotspot yang biasanya terdapat pada berbagai fasilitas umum. Contohnya seperti stasiun, lokasi wisata, mall, dan lainnya. Seperti namanya, Wi-Fi ini bebas digunakan oleh siapa saja, asalkan masih berada di dalam jangkauan lokasi tersebut. 

Biasanya, free hotspot tidak menggunakan password, sehingga sangat mudah untuk dihubungkan pada ponsel maupun laptop dan komputer. Namun, perlu diketahui, karena banyak penggunanya, seringkali kekuatan jaringan yang diberikan tidak terlalu besar, sehingga harus mencari tempat yang dekat dengan jaringannya. 

Fungsi Hotspot yang Harus Dipahami 

Untuk para pemula yang ingin menyambungkan Wi-Fi ke ponsel, laptop maupun komputer juga harus mengenai fungsi utama dari jaringan tersebut. Hotspot dapat berfungsi sebagai pengirim jaringan agar penggunanya dapat merasakan koneksi internet. 

Jika Wi-Fi tidak bisa dihubungkan, maka kalian harus memahami cara mengatasi hotspot tidak tersambung yang sudah dijelaskan di atas. Semua ponsel maupun laptop bisa menggunakan cara tersebut. Jangan cepat-cepat membawanya ke tukang service untuk mengeluarkan banyak uang. Berikut beberapa fungsi lainnya yang wajib diketahui:

  1. Tidak menggunakan nirkabel untuk membuat penggunanya kesulitan dalam mengakses.
  2. Jangkauan paling kurang dari seratus meter.
  3. Dapat menggunakan hotspot melalui koneksi internet seperti browser, mengirim email, download film, chattingan dan lainnya. 
  4. Dapat digunakan dimana saja, siapa saja dan kapan saja asalkan Wi-Fi tetap tersedia. 

Dengan berbagai fungsi yang sudah disebutkan, sudah kita ketahui bahwa hotspot juga memiliki peran penting bagi kehidupan. Maka dari itu, tidak heran jika cara mengatasi hotspot tidak tersambung juga harus dipahami dengan benar, agar ketika terjadi tidak bingung. 

Tips Menggunakan Jaringan agar Tetap Aman 

Terdapat beberapa tips yang sangat berguna untuk kalian yang sedang mempelajari cara mengatasi hotspot tidak tersambung. Hal ini akan bertujuan agar ponsel terhindar dari virus dan tetap bisa digunakan dengan mudah serta lancar tanpa kendala. 

  1. Jangan lakukan berbagai bentuk transaksi perbankan ataupun perdagangan secara online saat sedang menggunakan hotspot free atau bersifat public
  2. Matikan fitur berbagi file terlebih dahulu ketika ingin terhubung dengan Wi-Fi diluar sana. Hal ini akan sangat menjaga data lebih aman. 
  3. Perhatikan aturan wireless, agar yang menyambungkan Wi-Fi tidak terhubung secara otomatis saat berada di dekat kalian. 
  4. Pastikan untuk mengakses jaringan hotspot yang legal, agar tidak membahayakan ponsel sekaligus berbagai data yang ada didalamnya. 

Baca juga : Informasi Spesifikasi Inbook X2 Gen 11 dan Harga Terbarunya

Beberapa tips diatas bisa diperhatikan dengan baik, dan juga menjadi bahan pertimbangan apalagi untuk kalian para pemula yang baru akan menggunakan Wi-Fi bentuk ini. Cara mengatasi hotspot tidak tersambung juga dapat dipelajari dan dipahami dengan baik. Jika terjadi masalah, bisa langsung dipraktekkan caranya agar mengetahui keberhasilannya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button