Review Vivo iQOO Z8 Keluaran Terbaru

Ada yang baru, Vivo iQOO Z8 merupakan smartphone mid end di tahun 2023. Para penggemar gadget di dalam negeri perlu sabar menunggu sampai akhir bulan Desember 2023 agar dapat menggunakannya secara resmi.

Baca Juga : Spesifikasi Lengkap dari Vivo V27 5G dan Harganya

Di China sendiri peluncurannya memang lebih awal yaitu bulan Agustus 2023 sehingga spesifikasinya sudah dapat kita ketahui. Pada pembahasan ini kita akan kupas bersama bagaimana potensinya sebagai salah satu smartphone mid end.

Apakah perlu masuk dalam wishlist atau sebaiknya perlu menanti keluaran atau device lainnya. Apabila kalian memang ingin selalu update gadget dan fanatik dengan brand Vivo ini bisa jadi salah satu referensi.

Tidak perlu buang waktu lagi, sudah saatnya kita kuliti sampai habis spesifikasinya. Sehingga para penggemar gadget semakin mudah menentukan apakah device ini memang worth it menjadi opsi upgrade atau tidak.

4 Detail Eksternal Vivo iQOO Z8

Kita mulai dulu dari detail eksternal untuk mengetahui bagaimana feel dari perangkat. Sebagai sebuah handheld device jelas kalian ingin tahu apakah perangkat ini nyaman untuk penggunaan harian atau tidak.

Display

Pertama mari kita bedah dulu seperti apa spesifikasi display dari perangkatnya untuk menilai kenyamanannya. Perangkat ini memiliki dimensi display 6.7 inci sehingga cukup lega apabila akan kalian gunakan untuk kebutuhan entertainment.

Kemudian Vivo iQOO Z8 menggunakan jenis layar IPS LCD dengan refresh rate 120hz agar kenyamanan mata terjaga. Setelan refresh rate tersebut juga dapat kalian turunkan apabila ingin menghemat daya baterai.

Resolusinya sendiri berukuran 1080 x 2388 pixel dengan kerapatan kurang lebih 395 DPI. Spesifikasi tersebut akan memberikan ketajaman warna dan layarnya tetap dapat kita lihat secara jelas bahkan ketika berada di luar ruangan.

Sensor eksternal

Untuk sensor eksternal sendiri tidak terlalu banyak fancy technology tersemat bagi pengguna. User hanya akan mendapatkan side fingerprint yang sekaligus berfungsi sebagai tombol pengunci layar.

Warna

Sampai detik penulisan artikel ini keluaran china hanya memiliki tiga varian warna yaitu hitam, biru, dan oranye. Namun kita tidak dapat memastikan apakah warna keluaran Indonesia nanti sama atau tidak.

Sim

Agar penggunaan Vivo iQOO Z8 semakin fleksibel user nanti bisa menggunakan dual nano sim secara bersamaan. Sehingga kalian dapat mengaktifkan dua nomor sekaligus tanpa perlu mematikan salah satu.

Berdasarkan detail eksternal tadi tentu kalian sudah dapat mengira bagaimana sensasi ketika nanti menyentuhnya. Gadget mid end ini memang lebih cenderung pada utility sehingga meningkatkan produktivitas penggunanya.

4 Dapur Pacu Vivo iQOO Z8

Bagi para gadget mania biasanya ulasan paling penting ada di sektor dapur pacu perangkatnya. Langsung saja berikut ini adalah spesifikasi dapur pacu dari smartphone keluaran terbaru Vivo tersebut.

Chipset

Chipset yang tertanam pada Vivo iQOO Z8 menggunakan Mediatek Dimensity 8200 4 nm. Kemampuan chipset ini memang tidak terlalu gahar apabila user menggunakannya bermain game namun untuk multitasking masih cukup fleksibel.

Apabila kita bandingkan dengan chipset ternama mungkin kemampuannya tidak jauh berbeda dengan Qualcom snapdragon seri 6xx. Sebagai smartphone mid end keluaran tahun 2023 tentu performa tersebut tidak terlalu menakjubkan.

CPU

Demi menutup keterbatasan kemampuan chipset, android menggunakan CPU octa core Cortex A78. CPU untuk kategori Android mid end harga murah memang cukup banyak penggemarnya.

Kemampuan pemrosesan tergolong tahan banting dan cocok terhadap device dengan aktivitas tinggi. Oleh sebab itu ketika penggunaannya untuk gadget utilitas jelas akan memberikan dukungan lebih optimal.

GPU

Guna mengoptimalkan performa Vivo iQOO Z8 pihak pabrikan menyematkan GPU Mali G610-M6. Kemampuannya sudah cukup lumayan terutama saat kita mencari Android untuk kebutuhan utilitas harian.

RAM

Tidak kalah penting nantinya device akan rilis menggunakan dua pilihan yaitu RAM 8 Gb dan 12 Gb. Dengan ukuran RAM sebesar itu jelas berbagai aktivitas mulai pekerjaan sampai gaming sudah cukup lumayan.

Berdasarkan spesifikasi dapur pacunya dapat kita simpulkan bahwa ini bukan termasuk smartphone gaming. Untuk ukuran mid end masih ada cukup banyak opsi lainnya jika fokusnya hanya bermain game saja.

3 Kelengkapan Utilitas Vivo iQOO Z8

Sekarang mari membedah apa saja kelengkapan utilitas yang akan kita dapatkan dari smartphone tersebut. Berikut ini adalah beberapa kelengkapan utilitas device sebagai referensi sebelum membeli.

Sensor internal

Sensor internal akan mendapatkan beberapa dukungan seperti accelerometer, gyro, proximity, dan kompas. Sehingga perangkat dapat kalian gunakan secara akurat menggunakan peta satelit tanpa konsumsi data.

COMMS

Ada beberapa comms utility tersemat dalam Vivo iQOO Z8 untuk kalian ketahui. Berikut ini detailnya sehingga kalian dapat menjadikannya pertimbangan apakah sudah lengkap sesuai standar atau belum.

Dengan kelengkapan comms tersebut tentu saja penggunaan perangkatnya nanti akan jadi jauh lebih fleksibel. Ini adalah standar yang tidak boleh kalian anggap sebelah mata agar dapat menemukan device paling tepat.

Baterai

Smartphone Vivo iQOO Z8 menggunakan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh tersemat. Baterainya juga sudah lengkap dengan fitur fast charging sehingga tidak perlu menunggu lama sampai terisi penuh.

Dengan kapasitas tersebut kita dapat menggunakan device dalam jangka waktu cukup panjang. Pada kondisi aktif device mampu bertahan secara efektif sampai 12 jam, sedangkan untuk main game ketahanannya 3 jam.

Melihat kelengkapan utilitas tersebut semakin mendukung bahwa perangkat ini paling cocok untuk kebutuhan harian. Penggunaan minus gaming, sudah sangat gahar dan memiliki kapabilitas multitasking optimal.

Kamera Vivo iQOO Z8 dan Fiturnya

Karena ini adalah adalah smartphone mid end yang masuk dalam kategori utilitas jelas kamera sangat penting. Berikut ini adalah spesifikasi kameranya sehingga calon pengguna bisa tahu bagaimana kualitasnya.

Kamera Utama

Dual kamera utama Vivo iQOO Z8 memiliki kekuatan 64 MP dan 2 MP untuk memberikan tangkapan gambar bagus. Kamera tersebut tentu saja dapat kalian gunakan menangkap momen berharga dalam kehidupan sehari-hari.

Fitur kameranya sudah cukup lengkap seperti dual LED, dual tone, flash, HDR, dan panorama. Otomatis tangkapan gambar bisa cukup bagus meskipun kameranya hanya dua biji saja.

Apabila kita gunakan untuk melakukan tangkapan video, smartphone ini sudah cukup bagus. Karena bisa mendapatkan 30 FPS 4K, dan juga 30 FPS 1080, ini jelas cukup guna mengabadikan momen maupun kebutuhan posting sosial media.

Kamera Selfie

Perlu kita akui bahwa kamera selfie VIvo iQOO Z8 cukup memberikan kejutan bagi para pengguna. Karena kita akan mendapatkan kamera dengan kekuatan 16 MP sehingga hasil tangkapan gambarnya jernih.

Kemudian fiturnya juga lumayan karena sudah bisa menangkap video 30 FPS pada resolusi 1080. Ini jelas memberikan user kenyamanan terutama saat melakukan panggilan video dengan kolega.

Berdasarkan fitur kameranya tadi device memang cukup cocok bagi pecinta selfie. Kemudian guna berburu pemandangan di alam lepas juga tidak terlalu buruk karena resolusi kamera belakangnya bagus.

Apakah Vivo iQOO Z8 Layak Sebagai Pilihan

Apabila kalian sudah membaca semua ulasan spesifikasi tadi tentu dapat mengetahui bagaimana garis besar perangkatnya. Sebagai sebuah perangkat mid end kita memang tidak bisa berharap banyak jika memaksanya menjalankan aplikasi berat seperti gaming.

Otomatis bagi para pengguna yang fokus penggunaannya adalah gaming jelas kurang recommended. Lebih baik mencari pabrikan atau seri lainnya yang menggunakan chipset dan GPU lebih gahar.

Karena ketika bermain game android modern kita tidak hanya fokus pada besaran RAM saja. Kapabilitas chipset dan GPU berperan lebih krusial agar nantinya ketika bermain performa bisa stabil tanpa adanya stuttering.

Apabila kita gunakan untuk kebutuhan utilitas mulai dari browsing, selfie, dan bermain sosial media jelas sudah overkill. Dengan besaran RAM 12 GB multitasking sudah tidak perlu kalian ragukan lagi kapabilitasnya.

Kita bisa membuka cukup banyak aplikasi di latar belakang tanpa perlu khawatir nantinya device mengalami stuttering. Bahkan untuk kebutuhan streaming, device tersebut masih sangat cocok.

Sehingga bagi para pengguna yang fokusnya adalah utilitas, seri ini jelas bisa jadi opsi paling ideal. Statusnya sebagai smartphone mid end tentu membuatnya tidak terlalu mahal saat beredar di pasaran.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Vivo selalu mengeluarkan smartphone dengan kualitas kamera luar biasa. Jadi spesifikasinya tidak meragukan lagi apabila penggunaannya adalah untuk hunting foto.

Baca Juga : Keluaran Terbaru Vivo V27e Sangat Cocok Sesuai Kebutuhan

Sebagai kategori smartphone range harga cukup terjangkau jelas ini worth it untuk sarana berburu foto. Selama kita tidak memaksanya menjalankan APK terlalu demanding maka Vivo iQOO Z8 jelas bisa jadi pilihan ideal para pengguna gadget.

Exit mobile version