Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate

Website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate ada banyak sekali pilihan, meskipun mesin terjemahan ini masih tetap menjadi andalan. Jadi, jika kalian sudah jenuh dengan mesin terjemahan ini, maka bisa menggunakan alternatif lainnya.

Baca juga: Daftar Mobile Game Berpendapatan Tertinggi

Sebab, meskipun Google Translate menjadi perangkat lunak terbaik saat ini, namun keakuratannya perlu dipertanyakan. Mungkin jika kalian menerjemahkan per kata hasilnya akan akurat 100%, namun berbeda halnya jika menerjemahkan per kalimat atau paragraf.

Oleh sebab itulah akhirnya banyak muncul website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate. Kalian dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke Inggris atau sebaliknya.

Setiap website maupun aplikasi tentu saja memiliki fitur, kekurangan, serta kelebihannya masing-masing. Oleh sebab itulah, kalian bisa memilih salah satunya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Apakah Google Translate Akurat?

Sebenarnya, salah satu alasan banyaknya muncul website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate adalah keakuratan terjemahannya. Umumnya, akurasi terjemahan dari Google hanya 65% sampai 75% saja tergantung materi yang diterjemahkan.

Akurasi bisa menjadi 100% jika kalian menerjemahkan kata per kata terutama pada kata benda (nomina). Contohnya sendiri seperti mobil = car, pohon = tree, buku = book, dan kata-kata benda lainnya.

Berbeda halnya jika kalian menerjemahkan kata sifat (adjektiva) maka keakuratan akan berkurang menjadi 75%. Hal ini karena kata sifat bisa berubah menjadi kata benda tergantung dengan konteksnya.

Misalnya terjemahan ‘rich’ dalam bahasa Inggris memiliki arti kaya di bahasa Indonesia. Di mesin terjemahan, sifat ‘rich’ berubah menjadi kata benda ketika ditambahkan ‘the’. Sehingga ‘the rich’ pada bahasa Inggris memiliki makna ‘orang kaya’.

Website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate dapat dijadikan sebagai alternatif lain terutama jika menerjemahkan kata kerja. Bagi penerjemah bahasa saja, perlu kehati-hatian dalam memilih kata kerja apalagi jika hanya mengandalkan mesin terjemahan.

Misalnya saja, dalam bahasa Inggris kata ‘belajar’ memiliki 2 versi yang sama baik dan benar yaitu ‘learn’ dan ‘study’. Meski demikian, akurat atau tidaknya terjemahan adalah penggunaan kedua versi tersebut ke kalimat yang benar.

Walaupun tidak akurat 100%, namun tidak dapat dipungkiri jika Google Translate memiliki banyak kelebihan sehingga menjadi pilihan terbaik penggunanya. Salah satu kelebihannya adalah banyaknya pilihan bahasa yang dapat dijadikan sasaran.

Cara Memilih Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris selain Google Translate

Meskipun ada banyak sekali pilihan website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate, namun kalian harus mempertimbangkan ketika akan memilih salah satunya. Ini karena tidak semua aplikasi maupun website recommended digunakan.

Ada hal-hal tertentu yang penting untuk diperhatikan, pertama dan yang paling penting adalah mengenai kelengkapan fiturnya. Ini karena fitur yang dimiliki oleh setiap aplikasi maupun website sangat beragam.

Beberapa di antaranya memiliki fitur audio to teks, sehingga kamu bisa menerjemahkan lewat suara. Ada juga yang menawarkan fitur berupa penerjemahan menggunakan teks yang berbentuk gambar ataupun foto.

Pertimbangan memilih website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate selanjutnya adalah mengenai biayanya. Memang cukup banyak yang gratis, namun ada juga yang perlu berlangganan untuk dapat menggunakan semua fiturnya.

Hasil terjemahan juga menjadi pertimbangan yang tidak boleh ketinggalan. Apalagi setiap aplikasi maupun website biasanya memiliki hasil terjemahan yang berbeda-beda, mulai dari yang jelek hingga sangat bagus.

Perlu kalian ketahui jika umumnya mesin terjemahan tidak bisa menerjemahkan kata-kata yang tidak baku. Meskipun kalian bisa mendapatkan terjemahan dalam waktu singkat, namun hasilnya belum tentu akurat dan mengenali konteks.

Website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate juga kebanyakan menerjemahkan kalimat secara literal. Sehingga jika kamu memasukkan kiasan ataupun idiom, maka terjemahannya mungkin akan melenceng.

Mesin terjemahan baik Google Translate, aplikasi, maupun website sebaiknya digunakan untuk kepentingan pribadi saja. Jika ingin menerjemahkan hal-hal penting seperti jurnal, skripsi, atau lainnya yang akan dipublikasikan, maka baiknya diterjemahkan oleh ahlinya.

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris selain Google Translate

Meskipun mesin terjemahan tetap banyak dijadikan pilihan utama, namun kalian tetap bisa mencoba website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate. Berikut adalah beberapa aplikasi terjemahan terbaik dan yang paling banyak digunakan.

1. Yandex Translate

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_1. Yandex Translate
Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_1. Yandex Translate

Yandex Translate menjadi salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia. Bukan hanya itu saja, terdapat 92 bahasa lainnya yang juga bisa kalian terjemahkan menggunakan situs ini.

Dalam satu kali penerjemahan, jumlah kata yang bisa kalian masukkan juga cukup banyak yaitu mencapai 10.000 kata. Dengan jumlah kata yang sangat banyak itu, maka memungkinkan kalian menerjemahkan dokumen gratis secara online.

Salah satu rekomendasi website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate juga memiliki kelebihan lain, yaitu bisa menerjemahkan lewat gambar. Sehingga kalian tidak hanya bisa mengunggah dokumen saja untuk diterjemahkan, namun juga file gambar.

2. Bing Translator

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_2. Bing Translator
Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_2. Bing Translator

Bing Translator dapat dijadikan sebagai rekomendasi selanjutnya dengan banyak kelebihan yang ditawarkan. Salah satu kelebihannya adalah tampilan yang user friendly sebab sederhana dan minim iklan sehingga tidak mengganggu penggunanya.

Bing juga memiliki website penerjemahannya sendiri yaitu bing.com/translator yang fitur-fiturnya cukup mirip dengan Google Translate. Selain itu, kalian juga bisa memasukkan link, teks, audio, bahkan gambar untuk diterjemahkan.

Website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate yang satu ini juga terus memperbaiki kesalahan penerjemahannya. Sebab pengguna bisa memberikan saran ketika hasilnya ada yang kurang akurat

3. Translate.com

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_3. Translate.com
Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_3. Translate.com

Rekomendasi selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah website Translate.com dengan beragam kelebihannya. Jika tidak tahu bahasa apa yang akan digunakan, maka kalian bisa mengaturnya ke bahasa Indonesia dahulu dan mesin akan mencoba mendeteksi bahasanya.

Kelebihan website ini sendiri karena fiturnya cukup lengkap dan menjadi situs voice translation terbaik dalam menerjemahkan suara. Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa menerjemahkan gambar. Semuanya dapat diakses secara gratis.

4. iTranslate Translator

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_4. iTranslate Translator
Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_4. iTranslate Translator

iTranslate Translator jadi rekomendasi website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate selanjutnya sebab bisa menerjemahkan 100 bahasa lebih. Kalian bisa mengunduhnya baik di App Store maupun Google Play Store.

Tidak hanya dalam bentuk aplikasi saja, kalian juga bisa membukanya dalam bentuk website secara gratis. Selain dapat menerjemahkan teks, iTranslate Translator juga punya fitur voice translation dan juga camera translation.

Fitur lainnya adalah, aplikasi ini memiliki fitur offline sehingga bisa digunakan meskipun tidak terkoneksi internet. Terdapat juga dictionary (kamus) dan juga thesaurus sehingga kalian bisa lebih mudah ketika mencari padanan kata.

5. Sederet.com

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_5. Sederet.com
Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_5. Sederet.com

Jika sering menerjemahkan dokumen, Sederet.com merupakan website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate yang pasti sudah tidak asing lagi. Kalian bisa menggunakannya untuk menerjemahkan Inggris ke Indonesia atau sebaliknya.

Keakuratan dari website ini juga perlu diacungi jempol dibandingkan lainnya. Sebab selain terdapat fitur terjemahan secara umum, kalian juga bisa mendapatkan sinonim sehingga bisa memilih kata paling tepat.

6. Hai Translate

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_6. Hai Translate
Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_6. Hai Translate

Rekomendasi yang bisa kalian coba selanjutnya adalah Hai Translate. Selain bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia, kalian juga bisa menerjemahkan lebih dari 100 bahasa asing lainnya.

Bukan hanya itu saja, Hai Translate juga sudah dilengkapi dengan penerjemahan menggunakan teks, gambar, maupun suara. Kalian juga bisa menggunakannya secara offline sehingga tidak perlu khawatir ketika tidak ada sinyal ataupun koneksi internet.

7. Microsoft Translator

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_7. Microsoft Translator
Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_7. Microsoft Translator

Kalau kalian mencari website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate, maka Microsoft Translator tidak boleh ketinggalan. Mesin penerjemah ini sendiri memiliki dua versi yaitu business dan juga personal.

Microsoft Translator sendiri menjadi aplikasi yang kompatibel dengan berapa sistem operasi seperti Windows, iOS, maupun Android. Kalian bisa melakukan terjemahan menggunakan teks gambar, tangkapan layar, juga suara maupun teks tertulis.

Bahasa yang tersedia di Microsoft Translator ada lebih dari 60 pilihan. Kamu juga bisa mendownload hasil terjemahan dalam bentuk dokumen sehingga bisa dibaca lagi meskipun sedang dalam keadaan offline.

8. U Dictionary

Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_8. U Dictionary
Website dan Aplikasi Penerjemah Inggris Selain Google Translate_8. U Dictionary

U Dictionary merupakan aplikasi yang sudah tidak asing lagi. Terdapat dua versi yang tersedia yaitu gratis dan berbayar. Pada versi berbayarnya, kalian akan mendapatkan fitur lebih lengkap seta bebas dari gangguan iklan.

Baca juga: Steam Deck akan Hadir di Asia, Apakah Indonesia Termasuk?

Mesin penerjemah banyak dibutuhkan sehingga banyak website dan aplikasi terjemahan yang bermunculan. Website dan aplikasi penerjemah Inggris selain Google Translate bisa dijadikan alternatif lainnya dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button