Mungkinkah Sinyal WiFi Bisa Dipakai Melihat Orang untuk Melacak?

Belakangan beredar kabar bahwa sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang. Hal ini sejalan dengan adanya peneliti yang sedang mencoba mengembangkan WiFi untuk fungsi lebih canggih. Beberapa peneliti dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania, Amerika Serikat mencoba menggunakan sinyal WiFi untuk melihat orang di balik tembok. 

Baca juga : Ketahui Ciri-Ciri Link Phishing di Tahun 2023 dan Cara Menghindarinya

Meskipun demikian, hal ini masih belum dipastikan kebenarannya. Penelitian masih terus dilakukan dan belum menemukan hasil. Mengingat sebagian besar alat komunikasi elektronik memerlukan jaringan internet.

Apakah Sinyal WiFi Bisa Dipakai Melihat Orang di Balik Tembok?

Apakah Sinyal WiFi Bisa Dipakai Melihat Orang di Balik Tembok?
Apakah Sinyal WiFi Bisa Dipakai Melihat Orang di Balik Tembok?

Kehidupan saat ini sudah tidak bisa dilepaskan dari jaringan yang satu ini. Jaringan WIFi menjadi salah satu pilihan selain kuota dan pulsa untuk menghubungkan ke internet.

Jaringan pendukung internet ini adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan perangkat untuk bertukar data. 

WiFi sendiri adalah kependekan dari “Wireless Fidelity”. Teknologi yang merupakan evolusi dari penyebaran internet melalui kabel ini secara umum menggunakan kata sandi jika diamankan.

Sistem kerja jaringan ini termasuk sederhana. Dengan menggunakan kata sandi, koneksi internet akan mudah terhubung dengan perangkat yang digunakan. Apakah sinyal tersebut dapat digunakan untuk melacak keberadaan orang lain?

Hingga saat ini studi kasus meneliti hal tersebut masih belum menemukan titik terang. Sehingga untuk melacak masih perlu pengembangan lebih lanjut. Dimungkinkan bahwa fitur pelacakan melalui sinyal jaringan internet ini merupakan perkembangan baru.

Meskipun hingga kini fitur sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang masih belum tersedia, namun kita bisa mengetahui mengetahui siapa yang dapat dan sedang mengakses WiFi kita. Fitur ini sudah tersedia sejak lama.

Fitur tersebut hadir sebagai pengamanan berlapis dari pengguna agar tidak adanya kebocoran jaringan. Bahkan cara ini juga bisa memproteksi data yang dimiliki oleh kita sebagai pengguna dari jaringan internet tersebut.

Bagaimana Cara Sinyal WiFi Bisa Dipakai Melihat Orang yang Sedang Menggunakan Jaringan Kita?

Dengan pertumbuhan hotspot WiFi, orang lain dapat masuk dengan koneksi WiFi tanpa izin. Ini tidak hanya memperlambat koneksi internet kita, tetapi juga dapat mencuri informasi pribadi dari komputer, laptop, atau ponsel yang dimiliki.

Bahkan tidak menutup kemungkinan pelaku menanam virus di koneksi WiFi pengguna. Jadi, kita harus lebih waspada lagi dalam penggunaan jaringan internet yang ada di rumah. Untuk itu, ikuti beberapa cara untuk mengecek apakah koneksi kita dibobol sebagai berikut.

  • Menggunakan Pengecekan Melalui CMD

Untuk koneksi Indihome prompt (CMD) adalah antarmuka pengguna atau user interface menjadi salah satu fitur dari perangkat sistem operasi Windows. Cara kerja dari CMD adalah menerima perintah berupa teks dari komputer.

Untuk menemukan pengguna koneksi dapat menggunakan CMD sebagai cara menggunakan sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang yang membobol koneksi kita. Caranya adalah tekan Windows + R atau ketik “CMD” di menu Windows untuk komputer Windows 10. 

Selanjutnya, masukkan NetView. Ketik arp -a. Dari sini, kita bisa melihat daftar pengguna WiFi ditampilkan. Pastikan bahwa kalian mengecek apakah ada perangkat-perangkat yang mencurigakan selain pemakaian pribadi.

  • Melacak Penggunaan Jaringan Melalui Aplikasi TP-Link. 

Bagi pengguna router TP-Link, cara ini sangat direkomendasikan. Perangkat tersebut memiliki fungsi untuk mengirimkan sinyal WiFi untuk terhubung ke perangkat lain. Teknologi ini merupakan salah satu redistribusi menggunakan kabel.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kit dapat memantau pengguna jaringan dengan aplikasi Tether. Kita bisa mengakses aplikasi Tether melalui Google Play Store atau App Store Buka aplikasi Tether. Pilih ikon router yang terdeteksi dan login dengan menggunakan username sesuai dengan perangkat.

Pilih menu “Klien” saat status ditampilkan. Dari cara ini, kita bisa melihat perangkat yang terhubung. Dari sini, kita bisa melihat sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang yang menggunakan koneksi kita. Segera putus jaringan dari perangkat-perangkat mencurigakan.

  •  Mengecek dengan Modem ZTE 

Modem ZTE merupakan salah satu perangkat yang biasa digunakan pengguna Indihome WiFi. Kata sandi akan diperlukan untuk login dan terhubung ke internet.

Untuk mengetahui perangkat mana yang terhubung, kalian bisa membuka halaman IP 192.168.1.1 / 192.168.100.1 atau masukkan alamat IP yang diberikan karyawan Telekom saat memasang modem. Masuk dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang sesuai.

Setelah itu, buka menu Jaringan. Klik “WLAN” dan pilih “Associate Checklist”. Akan terlihat daftar perangkat yang sedang terhubung pilih “Status”. Blokir untuk menghapus perangkat tidak diinginkan. 

  •  Mengecek Pengguna WiFi Indihome di Modem Huawei

Bagi kalian pengguna modem Huawei, terdapat cara mengetahui siapa yang menggunakan jaringan WiFi. Kalian bisa membuka browser dengan memasukkan alamat 192.168.1.1. 

Lalu, masuk dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi administrator dan klik “Status”. Pada tampilan tersebut, kalian ada melihat berbagai perangkat yang terkoneksi dengan jaringan yang kalian miliki. Cara inilah menggunakan sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang lain.

  • Menggunakan Perangkat Lunak Advanced IP Scanner

Perangkat lunak Advanced IP Scanner adalah aplikasi yang berguna untuk melacak perangkat yang terhubung ke jaringan kita. Tidak hanya aplikasi ini juga memiliki banyak fitur canggih lainnya. 

Cara mengetahui informasi perangkat yang terhubung ke jaringan kita adalah dengan membuka perangkat lunak Advanced IP Scanner. Koneksikan komputer dengan jaringan WiFi yang ada. Lalu, klik “Pindai” di sudut kiri atas. Setelah itu, kalian bisa melihat daftar perangkat IP yang menggunakan koneksi internet kalian. 

Bagaimana Cara Terhindar dari Pembobolan Setelah Mendeteksi Sinyal WiFi Bisa Dipakai Melihat Orang Lain?

Bagaimana Cara Terhindar dari Pembobolan Setelah Mendeteksi Sinyal WiFi Bisa Dipakai Melihat Orang Lain?
Bagaimana Cara Terhindar dari Pembobolan Setelah Mendeteksi Sinyal WiFi Bisa Dipakai Melihat Orang Lain?

Pada prinsipnya, pencuri sinyal dapat meretas jaringan WLAN kalian jika mereka mengetahui bahwa sistem yang digunakan terlalu lemah. Oleh karena itu, jangan remehkan kasus ketika peretas memasuki jaringan WiFi. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah pencuri jaringan.

  •  Membuka Halaman Pengaturan Router

Setelah mengetahui bahwa sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang, kalian bisa mencegah Kembali masuknya pembobol dengan menu pengaturan pada router. Silahkan buka halaman pengaturan WiFi terlebih dahulu agar pencuri tidak dapat meretasnya.

Halaman ini akan membantu kalian dalam mengatur router nirkabel untuk jaringan nirkabel. Setiap perusahaan penyedia jaringan WiFi memiliki cara yang berbeda. Misalnya, dengan WiFi merek TP-Link, kalian hanya perlu memasukkan urutan angka ini “192.168.1.1 atau “TplinkWiFi.net”.

Setelah masuk halaman tersebut, masukkan nama pengguna dan kata sandi. Cek beberapa perangkat yang mencurigakan dan putus koneksi tersebut. Bahkan beberapa fitur memberikan menu blok pengguna.

  •  Mengaplikasikan Kata Sandi Unik

Bagaimana cara mencegah peretas WiFi setelah sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang? Setelah masuk ke halaman utama, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah kata sandi WiFi. Cara mencegah koneksi kalian terputus dapat mencegah orang lain menggunakan router.

Gabungkan kata sandi dengan angka dan huruf agar tidak mudah terdeteksi. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Kata sandi unik umumnya akan lebih sulit untuk diretas oleh peretas. 

  •  Kita Bisa Menggunakan Teknologi Password Paling Terbaru, yaitu WPA2

Cara selanjutnya setelah mengetahui adanya sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang dan untuk mencegah pencuri membobol jaringan adalah dengan menggunakan beberapa metode enkripsi.

Beberapa metode enkripsi bisa digunakan untuk pengaturan nirkabel. Beberapa di antaranya adalah WPA, WEP, dan WPA2. Namun, enkripsi paling aman adalah WPA2.Oleh karena itu, banyak perusahaan jaringan WiFi menyarankan penggunaan enkripsi WPA2 saat mengatur kata sandi.

Jenis enkripsi WPA2 sangat sulit untuk dipecahkan oleh orang luar. Ada cara untuk meretas sistem jaringan, tetapi meretas membutuhkan waktu lama dan mungkin tidak berhasil. WPS adalah cara alternatif untuk terhubung ke jaringan WiFi tanpa kata sandi.

Sekuat apapun password yang kita gunakan, tetap saja bisa diretas jika fungsi WPS masih aktif. Ada juga beberapa software yang bisa membaca PIN WPS. Mulai sekarang, menonaktifkan fitur WPS untuk menjaga tingkat keamanan nirkabel rumah, meskipun WPS relatif mudah digunakan. 

  •  Mengubah Nama SSID Jaringan

SSID adalah nama jaringan sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang yang digunakan. Mengubah nama SSID adalah cara alternatif untuk mencegah peretasan internet. Sebaiknya ketahui nama jaringan kita sendiri dan lihat apakah ada orang lain yang terhubung ke jaringan kita.

Jika ternyata sinyal WiFi bisa dipakai untuk melihat orang, maka sudah waktunya untuk mengubah nama tersebut. Pastikan seluruhnya sudah aman dan putus segala koneksi.

Baca juga : IDE Terbaik untuk Back-End, Mudah Belajar Jadi Profesional

Dari berbagai informasi yang ada, tentunya menggunakan koneksi internet menjadi hal yang sangat penting. Bahkan teknologi sinyal WiFi bisa dipakai melihat orang masih terus berkembang. Namun, ada baiknya untuk juga mencegah adanya pembobolan koneksi pribadi kita.

 

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button