Penyebab Harga Bitcoin Menurun dan Faktor yang Menentukan

Untuk para trader dan investor, sebaiknya tahu dulu apa penyebab harga Bitcoin menurun dan faktor apa lagi yang secara tiba-tiba dapat membuatnya naik. Volatilitas nilai BTC akan membuat aspek kripto bergerak di area yang luas, dan ini juga yang perlu Anda ketahui!

Baca juga: Sekali Usap, Vanish Mode Instagram Aktif, Privasi Anda Aman

Trading Bitcoin merupakan salah satu yang paling ekstrem, sekaligus yang paling banyak beri keuntungan. Bagi trader, bonus adalah segalanya di sini, dan bonus itu didapat langsung dari permainan yang mereka jalankan. Setiap kali profit, itu adalah uang bonus hasil trading.

Tetapi yang membuat banyak orang penasaran adalah mengenai harga Bitcoin itu sendiri. Ada momen dimana Bitcoin naik drastis, sedangkan tiba-tiba koin kripto ini bisa menunjukkan bar berwarna merah. Dari sini dapat kami katakan ke Anda kalau banyak aspek penentunya.

Setiap koin BTC juga memiliki pergerakan yang sama. Investor dan spekulator hanya bisa memberikan prediksi mereka, dan ini tidak tentu benar karena trading Bitcoin bukan satu hal yang simpel. Dalam banyak kasus, ketika menjalankan trading, harus tahu esensi koinnya.

Pahami dulu Mengenai Esensi Harga Bitcoin Menurun dan Naik

Penyebab Harga Bitcoin Menurun dan Faktor yang Menentukan_Pahami dulu Mengenai Esensi Harga Bitcoin Menurun dan Naik
Penyebab Harga Bitcoin Menurun dan Faktor yang Menentukan_Pahami dulu Mengenai Esensi Harga Bitcoin Menurun dan Naik

Semua orang sudah tahu kalau Bitcoin adalah sebuah koin yang sangat global. Sehingga kalau mengatakan penyebab harga Bitcoin menurun karena ekonomi dan kebijakan di satu negara saja, itu salah. Bukan seperti mata uang pada umumnya yang tergantung satu kapital.

Selain itu, di market 24/7 ini juga Anda bisa melihat pergerakan naik turunnya. Ada juga yang mengatakan kalau karena ini dapat diakses secara global, menyebabkan jadwal operasional koin BTC ini tidak terbatas. Tetapi justru karena ini juga market menjadi sangat volatile.

Maka dari itu, sedari awal pencarian Bitcoin, harus didasari dulu oleh regulasi, lokasi, biaya, kepercayaan, dan likuiditas dari koin itu sendiri. Pemahaman mengenai bagaimana trading Bitcoin yang benar juga akan mempengaruhi perspektif penyebab harga Bitcoin menurun.

Sejak akun trading Anda sudah diverifikasi, maka sudah menjadi saatnya Anda untuk analisis dan memahami pergerakan BTC yang lebih jauh. Risiko trading memang besar, tetapi ini juga karena Anda memilih koin yang populer. Jadi, trading dengan bijak agar kapital aman!

Faktor-Faktor Penentu yang Menjadi Penyebab Harga Bitcoin Menurun dan Terkadang Meningkat

Ketika melihat pergerakan naik turun dari koin BTC, sebagian besar trader pasti akan bertanya tentang mengapa bisa. Apa sebenarnya yang menentukan semua pergerakan itu. Dan jika ini yang masih ditanyakan, ingat saja tentang pergerakan mata uang global pada umumnya.

Tetapi yang lebih unik lagi adalah, kripto ini tidak terpengaruhi oleh inflasi. Sementara jika di dunia trading Bitcoin dan kripto lainnya, penyebab harga Bitcoin menurun didasari faktor tertentu. Dan ini adalah sejumlah faktor yang membuat harga Bitcoin bisa naik dan turun:

  • Supply atau Persediaan

Supply aset ini memegang peran yang vital dalam penentuan harga. Jika satu aset memiliki persediaan yang banyak, maka harganya juga akan semakin rendah. Saat ini, stok Bitcoin ada sekitar 21 juta, dan tidak banyak yang diproduksi setiap tahun.

  • Demand atau Permintaan

Selain Supply, permintaan akan aset tertentu juga bakal berhubungan. Jika supply sedikit tetapi demand sedikit, maka harganya juga tidak akan meningkat. Penyebab harga Bitcoin menurun adalah ketika supply banyak sementara demand sedikit.

  • Cost of Production atau Biaya Produksi

Jika cost of production atau biaya produksi sedang menurun, maka harga BTC itu sendiri juga akan turun. Terkadang biaya produksi akan meningkat pesat, seperti yang terjadi pada Mei 2020. Sehingga ini juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan.

  • Jumlah Kompetitor

Persaingan di pasar kripto juga akan membuat naik turunnya harga koin. Jika sedang tidak ada persaingan, maka harga Bitcoin bisa saja terus meningkat. Sementara itu, kompetitor mulai memberikan tekanan ke BTC, harganya bisa lebih tidak stabil lagi.

  • Regulasi

Regulasi pemerintah terhadap kripto akan mempengaruhi harganya juga. Jika policy atau kebijakan membuat kripto negatif, maka ini merupakan salah satu penyebab harga Bitcoin menurun. Jika sebaliknya, harga kripto juga akan bergerak ke atas.

  • Pemberitaan

Pemberitaan atau hype kripto memang ada di puncak. Setiap hari, ada saja yang membicarakan soal koin Bitcoin dan lainnya. Dan ini justru yang membuat harga koin ini bergerak naik, tetapi akan menurun seiring pemberitaan yang semakin jarang.

Apa yang Menjadi Penyebab Harga Bitcoin Menurun?

Penyebab Harga Bitcoin Menurun dan Faktor yang Menentukan_Apa yang Menjadi Penyebab Harga Bitcoin Menurun?
Penyebab Harga Bitcoin Menurun dan Faktor yang Menentukan_Apa yang Menjadi Penyebab Harga Bitcoin Menurun?

Dan jika menganalisis pergerakan hari ini, harga Bitcoin lebih banyak mengarah ke bawah. Candle merah mendominasi hampir semua lini waktu atau time frame Bitcoin. Semua ini jelas memiliki alasannya, hingga nantinya kripto Bitcoin bisa menemukan titik baliknya lagi.

Untuk sementara waktu, protokol kripto yang mengarah ke bawah ini didasari oleh beberapa hal. Ini juga yang membuat minat orang untuk menjalankan trading menurun, karena takut harganya kembali tidak stabil. Penyebab harga Bitcoin menurun beberapa hari ini adalah:

  • Harganya Mendekati All-time High

Harga kripto sudah mendekati All-time High, atau setidaknya berada di resistance zone. Zona ini ibaratnya atap atau langit-langit rumah. Sehingga kalau sudah sampai di titik itu, nilainya akan memantul lagi ke bawah, sebelum nantinya baru naik.

  • Pemberitaan Buruk dari Media

Citra negatif Bitcoin juga semakin banyak dibicarakan menyusul banyak kritikan pada koin ini. Fans dan investor menilai kalau koin ini tidak banyak memberikan pengaruh di pasar. Banyak juga media yang mengkritik kinerja BTC karena crypto crash.

  • Pasar Koin Kripto Memang Sedang Tidak Stabil

Penyebab harga Bitcoin menurun juga dipengaruhi oleh kondisi global. Koin kripto, termasuk juga dengan Bitcoin, sedang bergerak tidak stabil. Ini yang menyebabkan 3 bulan ini masuk ke momen crypto crash atau kekacauan kripto hingga saat ini.

  • Ada Mining yang diberhentikan

Peristiwa crypto mining ban di China juga menjadi salah satu alasan mengapa Bitcoin tidak bergerak ke atas, malah turun ke bawah. Karena ada tempat produksi yang tidak berjalan, maka supply chain Bitcoin tidak stabil, dan ini yang membuatnya turun.

  • Isu Politik dan Legal yang Menyelimuti Lingkungan Kripto

Isu Politik dan Legal masuk ke faktor penyebab harga Bitcoin menurun terkait media dan pemberitaannya. Saat ini, jumlah uang yang besar ini tidak dapat dimanfaatkan pasar kripto dengan baik. Ditambah lagi dengan isu politik dan legal di dunia BTC.

  • Aksesibilitas yang Mulai Lebih Terbatas

Akses mendapatkan kripto juga sudah mulai lebih sulit. Ini dibuktikan dengan satu per satu platform trading yang menutup akses pembelian kripto dalam jumlah besar. Ini juga yang menyebabkan jumlah koin yang banyak tidak digunakan di pasar kripto.

  • Platform Blockchain yang Kehilangan Kestabilan

Kali ini ada kaitannya juga dengan blockchain atau platform penengah investor, broker dan juga pemilik kripto. Sementara ini, Blockchain mulai kehilangan kestabilannya dan ini menjadi pertanda buruk kalau akan muncul penyebab harga Bitcoin menurun.

  • DOGE, ETH, dan sejumlah kripto Mulai Ambil Alih

Persaingan juga menjadi faktor penentu harga koin kripto. Sementara ini, BTC sudah semakin tertekan dengan kehadiran koin lain seperti DOGE, ETH, hingga Altcoin. Dari sini juga, tekanan yang membuat harga turun tidak bisa dilawan oleh investor.

Langkah demi Langkah untuk Melakukan Trade di Pasar Bitcoin

Jangan lupa juga pelajari bagaimana caranya melakukan trading. Jangan hanya bisa melihat dan membaca penyebab harga Bitcoin menurun, tetapi harus bisa juga membaca pergerakan yang lebih baik. Pergerakan harga ini yang dinamakan trade position oleh para trader BTC.

Untuk trade position sendiri, ada sejumlah hal paling esensial untuk dipelajari mereka. Jangan hanya bergantung pada tools atau alat bantu trading. Tetapi ikuti seluruh langkah ini, dan jika masih belum mendapatkan hasil prediksi, bisa langsung melakukan akses dagang lain.

  1. Cari Platform Trading yang Paling Sesuai
  2. Pelajari dulu Pergerakan Harga Bitcoin
  3. Pilih Strategi dan Gaya Trading yang Paling Sesuai
  4. Tentukan Berapa Lama Waktu Anda Trading
  5. Buat Titik Stop atau Limit
  6. Ketahui Faktor penentu di pasar koin itu
  7. Lihat pergerakan harga koin kripto lain yang ada di pasar yang sama
  8. Beli Koin Bitcoin di Platform yang Paling dipercayakan
  9. Aktif dan Monitor Pergerakan Trading
  10. Jual di Harga yang Memuaskan
  11. Beli Lagi di Harga yang Masuk Akal

Baca juga: Keunggulan dari Samsung Galaxy Z Flip 4 yang Perlu Diketahui

Anda bisa dengan simpel melakukan kontrol penuh ke koin kripto jika diinginkan. Tetapi untuk trader, mereka akan melakukan analisis dulu untuk menebak pergerakan rate Bitcoin. Kalau belum tahu penyebab harga Bitcoin menurun, berarti sudah banyak yang Anda tertinggal.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button