Mengenal Apa Itu Pcare Bpjs Kesehatan Berikut

Pernahkah Anda mendengar tentang Pcare BPJS Kesehatan? Ya Pcare merupakan sebuah aplikasi khusus yang disediakan pemerintah agar memudahkan masyarakat ketika melakukan akses ke fasilitas pengobatan tingkat pertama.

Baca juga: Informasi Durasi Reels Instagram, Fitur dan Cara Gunakan

Di dalam aplikasi ini, para peserta yang sudah terdata bisa melakukan pendaftaran untuk berobat. Bukan hanya itu saja tetapi juga bisa mendapatkan layanan perawatan di laboratorium dan masih banyak lagi. 

Bahkan hingga saat ini salah satu fitur unggulan juga sudah bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan vaksinasi covid 19.

Apa Itu Pcare BPJS Kesehatan

Asuransi dari pemerintah ini telah menyediakan berbagai layanan agar bisa mempermudah masyarakat Indonesia dalam memperoleh berbagai manfaat pemeliharaan kesehatan. Melansir dari situs Indonesia.go.id, disebutkan bahwa ini merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan berbagai fasilitas kesehatan tingkat pertama. 

Beberapa fasilitas yang ada pada Pcare bpjs kesehatan yaitu seperti kunjungan ke puskesmas, klinik, atau laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan. Para pemegang premi bisa memanfaatkannya agar bisa mengajukan pengobatan atau sekedar mendaftarkan diri sebagai pasien di faskes tingkat pertama yang dituju.

Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya antara lain yaitu memuat berbagai informasi tagihan, tata cara mendaftarkan para peserta secara mandiri ataupun instansi, pencarian fasilitas kesehatan terdekat yang ingin didapatkan.

Aplikasi ini juga bisa memberikan kemudahan lainnya seperti alur pendaftaran yang lebih praktis, data pasien mudah terintegrasi, proses diagnosa pasien lebih cepat, serta membantu dalam proses rujukan menjadi lebih mudah.

Pada tahun 2021, pemerintah telah secara resmi meluncurkan software Pcare untuk BPJS kesehatan dengan fitur vaksinasi mobile untuk memudahkan serta mempercepat proses melakukan vaksin covid 19. Saat ini aplikasi pemerintah tersebut hanya bisa diunduh oleh para pengguna perangkat android di Google Play Store.

Tetapi, tenang saja karena berbagai layanan tersebut masih bisa diakses melalui website. Akses terbaru untuk menikmati layanan bisa dilakukan melalui laman Pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id. sementara untuk layanan vaksinasi juga bisa diakses melalui situs Pcare.bpjs.kesehatan.go.id.

Cara daftar Pcare BPJS Kesehatan

Mengenal Apa Itu Pcare Bpjs Kesehatan Berikut_Cara daftar Pcare BPJS Kesehatan
Mengenal Apa Itu Pcare Bpjs Kesehatan Berikut_Cara daftar Pcare BPJS Kesehatan

Bagi Anda yang sudah memiliki data terdaftar pada asuransi pemerintah ini. Tetapi bingung untuk melakukan pendaftaran. 

Serta mendapatkan berbagai informasi layanan menarik maka bisa langsung menyaksikan cara dibawah ini.  Berikut cara melakukan daftar Pcare BPJS kesehatan :

  1. Kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat
  2. Ajukan pendaftaran pada aplikasi tersebut
  3. Ikuti arahan dari petugas ketika pembuatan username dan password
  4. Kunjungi situs https:Pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim atau login dengan menggunakan username dan password yang sudah terdaftar.

Cara Pakai Aplikasi Pcare Bpjs Kesehatan dengan Mudah

Setelah Anda melakukan pendaftaran, maka bisa langsung menggunakannya untuk kebutuhan mendesak agar bisa menikmati berbagai fasilitas layanan tersebut. Tetapi jika Anda memang belum mengetahui atau familiar tentang menggunakannya. Tenang saja, Anda bisa melihat bagaimana cara menggunakannya dibawah ini :

  • Cara Login 

Ketika sudah memiliki username dan password setelah melakukan pendaftaran, maka Anda tinggal melakukan login pada situs website tersebut. Setelah berhasil melakukan login, maka Anda bakal masuk ke halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan yang berisi indeks pasien

Sekedar informasi, jika Anda mengalami lupa username dan password, maka bisa langsung melakukan request kata sandi pada kolom yang sudah disediakan. Atau bisa langsung menghubungi kantor pusat terdekat.

Secara umum Pcare BPJS Kesehatan akan memproses berbagai data secara digital yang awalnya pada proses antrian administrasi fasilitas kesehatan akan memakan waktu lama. Maka dengan hadirnya software satu ini waktu akan bisa dipangkas menjadi lebih singkat.

  • Cara Daftar Layanan Fasilitas Kesehatan

Setelah melakukan login pada halaman utama, maka Anda akan diberikan uda pilihan yaitu pendaftaran dan pelayanan. Bila Anda ingin berobat, maka pilih menu pendaftaran, kemudian bisa mengisikan nomor keanggotaan dan klik menu cari.

Jika pasien yang ingin berobat sudah terdaftar pada fasilitas kesehatan tingkat pertama, maka identitas Anda akan muncul. Selanjutnya bisa melakukan pengisian pada bagian yang kosong dengan jenis kunjungan, keluhan, hasil pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan lain-lain lalu tekan simpan.

Kembali ke entri data dan pilih menu pelayanan di Pcare BPJS kesehatan. Pada bagian ini Anda akan diminta untuk mengisi kolom kosong seperti contohnya terapi dan diagnosis. Jika sudah melakukan pengisian maka bisa langsung menyimpannya dengan klik menu simpan.

Didalam menu ini juga Anda bisa melihat data pasien yang mengunjungi faskes sama dengan Anda. Seperti jumlah dan jenis kunjungan, jenis kegiatan, daftar 10 penyakit tersering, dan masih banyak lagi.

Cara Klaim Melalui Pcare BPJS Kesehatan E-Claim

Mengenal Apa Itu Pcare Bpjs Kesehatan Berikut_Cara Klaim Melalui Pcare BPJS Kesehatan E-Claim
Mengenal Apa Itu Pcare Bpjs Kesehatan Berikut_Cara Klaim Melalui Pcare BPJS Kesehatan E-Claim

Untuk melakukan prosedur e-claim bisa dengan mudah hanya mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Masuk ke https://Pcare.bpjs-kesehatan.go.id.
  2. Masukkan user passwords ketika login
  3. Setelah melakukan login, maka masukan tanggal untuk data pasien dibagian entry
  4. Pilih rawat inap
  5. Isi bagian pemeriksaan fisik dan tekanan darah, kemudian klik simpan.
  6. Setelah selesai, maka masuk bagian entry kemudian cari nomor kartu pasien pada kolom yang ada.
  7. Setelah data muncul, maka Anda bisa memilih tanggal pulang.
  8. Isi bagian diagnosa serta tenaga medis, kemudian statusnya sembuh. Lalu pilih menu simpan.
  9. Isi bagian Entry Tindakan
  10. Klik daftar bagian, lalu klik bulannya
  11. Setelah itu, klik lihat data dan klik pembuatan FPK, kemudian pilih bulan serta cari total tagihan.
  12. Setelah selesai membuat FPK, maka kemudian pilih menu untuk mencetak 
  13. Setelah hasil klinis tersebut keluar, maka selanjutnya silahkan melapor ke BPJS Kesehatan.

Cara Pakai Fitur Vaksin Pada Aplikasi Pcare

Salah satu fitur menarik dari software pemerintah ini adalah terdapat menu atau fitur vaksin. Fitur ini memungkinkan Anda agar bisa mendapatkan vaksinasi covid-19 dengan bantuan dan lebih mudah. Untuk mendukung kelancaran pada program vaksinasi, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya di Indonesia.

Salah satu upayanya yaitu dengan menyediakan berbagai layanan vaksinasi melalui aplikasi Pcare BPJS kesehatan yaitu vaksin secara gratis dan cepat. Berkaitan dengan hal tersebut, maka bisa diartikan bahwa aplikasi ini memiliki beberapa fungsi penting. Di antaranya adalah membantu proses registrasi, mencatat status kesehatan penerima vaksin, serta membuat laporan hasil vaksinasi covid-19.

Software gratis ini juga sudah terintegrasi dengan sistem informasi satu data vaksinasi covid-19. Dengan menggunakannya maka semua proses pendaftaran, verifikasi, serta penetapan jadwal dan lokasi akan dengan mudah dilakukan oleh para calon penerima vaksin.

Kehadirannya maka banyak masyarakat mengharapkan bisa membuat proses berjalan lebih cepat efektif dan efisien. Selain itu juga diharapkan bisa membantu banyak hal dari berbagai pihak agar bisa memantau perkembangan vaksinasi secara realtime.

Fitur Menarik Lainnya Pada New Pcare BPJS Kesehatan

Mengenal Apa Itu Pcare Bpjs Kesehatan Berikut_Fitur Menarik Lainnya Pada New Pcare BPJS Kesehatan
Mengenal Apa Itu Pcare Bpjs Kesehatan Berikut_Fitur Menarik Lainnya Pada New Pcare BPJS Kesehatan

Software milik pemerintah ini sebenarnya sudah diperkenalkan kepada masyarakat sejak lama yaitu tahun 2014 lalu. Tetapi tentu saja terus harus diperbaharui sistemnya agar pengguna bisa merasa lebih nyaman,

Maka dari itu, mungkin akan terdapat beberapa fitur baru dan berbeda pada new Pcare BPJS ini. Berikut beberapa fitur yang saat ini tersedia di dalamnya :

  1. Pendaftaran pada pasien
  2. Penegakan diagnosis
  3. Terapi untuk pengobatan
  4. Pelayanan dalam laboratorium
  5. Manfaat asuransi pemerintah
  6. Infromasi mengenai iuran dan keanggotaan
  7. Prosedur ketika melakukan pendaftaran peserta secara mandiri atau instansi
  8. Halaman login
  9. Cek pembayaran mengenai pemeriksaan
  10. Pendaftaran untuk peserta baru
  11. Pencarian fasilitas kesehatan
  12. HFIS atau Health Facilities Information System asuransi

Mengapa Pcare BPJS Kesehatan Tidak Bisa Dibuka?

Tentu saja pada semua program terdapat sebuah kekurangan. Misalnya saja mengapa tiba-tiba tidak bisa terbuka secara otomatis. Dalam beberapa kasus pengguna tidak bisa membuka atau mengaksesnya. Dan apakah Anda pernah mengalaminya?

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa Pcare BPJS kesehatan tidak bisa dibuka atau diakses. Berikut beberapa penyebab paling umum tersebut :

  1. Terjadi gangguan atau error pada software tersebut
  2. Memiliki koneksi internet buruk
  3. Sudah melakukan login dengan banyak perangkat lain yaitu lebih dari 3 perangkat.
  4. Maintenance program yang dilakukan secara berkala.

Hal tersebutlah yang menyebabkan mengapa apk Pcare BPJS Kesehatan tidak bisa dibuka. Ketika Anda sudah mengalami kendala tersebut, maka berikut beberapa solusi untuk menanganinya :

  1. Pastikan koneksi internet Anda lancar atau bagus
  2. Tidak login lebih dari 3 perangkat yang dimiliki
  3. Menunggu sampai proses maintenance selesai dilakukan.

Baca juga: Channel Film Telegram Terbaik dan Mudah Ditemukan

Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mencari beberapa klinik yang menyediakan pembayaran melalui asuransi pemerintah satu ini. Setelah mengetahui apa itu Pcare BPJS Kesehatan, serta berbagai cara menggunakannya maka Anda bisa dengan mudah menikmati berbagai fasilitas yang terdapat di dalamnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button