Mengenal Apa itu Starlink dan Cara Kerjanya

Apa itu Starlink? Starlink merupakan salah satu proyek pengembangan konstelasi satelit yang sedang dijalankan oleh perusahaan Amerika Serikat bernama SpaceX. Proyek ini berguna untuk menghadirkan sistem komunikasi internet berbasis satelit.

Baca juga: Narzo 50 dan Narzo 50 Pro, Perbandingan Spesifikasi

Di mana mempunyai performa tinggi serta dengan harga yang terjangkau. Sementara itu, jaringan konstelasi Starlink direncanakan berada dalam 3 ketinggian orbit yang berbeda. 

Sejarah Apa Itu Starlink

Mengenal Apa itu Starlink dan Cara Kerjanya_Sejarah Apa Itu Starlink
Mengenal Apa itu Starlink dan Cara Kerjanya_Sejarah Apa Itu Starlink

Pada fase yang pertama, SpaceX sudah meluncurkan 1584 satelit menuju orbit setinggi 550 km diatas permukaan Bumi. Orbit ini mempunyai inklinasi sebesar 55° serta 40 bidang orbit yang berbeda dengan masing-masing bidang memiliki 66 satelit. 

Kemudian SpaceX mulai mengisi dua ketinggian orbit lainnya. Bahkan, akan mengisi 7518 satelit menuju orbit setinggi 340 km dan 2841 satelit untuk ketinggian 1200 km

Pada fase pertama memerlukan 24 peluncuran dengan 60 satelit pada tiap peluncuran. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai jangkauan global, namun hanya membutuhkan 6 peluncuran untuk dapat menyajikan internet di Amerika Utara. 

SpaceX ini sudah berencana melakukan satu hingga lima peluncuran Starlink hingga akhir tahun 2019. Sementara itu, pusat pengembangan satelit Starlink yang berada di Redmond, sebagai tempat penelitian, pengembangan, dalam proyek satelit internet Starlink.

Apabila Anda mengikuti peluncuran SpaceX, pasti pernah mendengar tentang apa itu Starlink? Starlink telah menggunakan roket SpaceX Falcon 9 untuk meluncurkan sistem satelit besar-besaran ke orbit Bumi.

Hal ini digunakan sebagai tempat untuk mereka terhubung dan menyediakan internet. Tidak sama dengan internet satelit tradisional, bagaimanapun, Starlink menjanjikan berbagai macam inovasi menarik.

Salah satunya layanan latensi yang jauh lebih rendah ketimbang yang tersedia dari penyedia satelit di masa lalu,. Sementara itu, akan melayani sejumlah kecil pelanggan melalui program beta.

Bahkan, tidak hanya pelanggan yang memperhatikannya. Namun, penyedia pesaing seperti Amazon, Hughesnet, OneWeb, dan lainnya mulai memberikan tekanan lebih pada Komisi Komunikasi Federal (FCC) dan peraturannya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah Starlink memperoleh terlalu banyak keuntungan. Hal ini tentunya sangat menarik, berikut ini menjelaskan apa itu Starlink? Selanjutnya, seberapa besar bandwidth, dan siapa yang direncanakan SpaceX untuk menggunakan layanannya untuk terhubung ke internet.

Fakta Menarik Tentang Starlink

Apa itu Starlink? Starlink adalah salah satu konstelasi satelit yang menyediakan akses internet tingkat broadband. Melalui layanan baru ini, tujuan SpaceX yaitu menghadirkan koneksi internet broadband yang tinggi dan latency rendah.

Misalnya wilayah yang kurang internet seperti daerah pedesaan, yang secara teoritis menawarkan tarif lebih kompetitif di daerah perkotaan. Pelanggan yang nantinya terhubung bisa menerima satelit relatif kecil dan dipasang di rumah. Ada beberapa fakta lain yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini fakta tentang Starlink yang wajib diketahui.

  • Versi terbaru

Terminal satelit ini memang sudah versi terbaru yang disetujui oleh FCC pada November 2021. Bahkan, bisa langsung dipasang di mana saja dengan pemandangan langit yang begitu jelas. 

Bahkan, beberapa orang menemukan bahwa pemasangan tinggi, mulai dari tiang atau di atap rumah mereka, memberikan layanan terbaik. Jadi Anda bisa menemukan lokasi terbaik untuk peralatan dengan menggunakan aplikasi Starlink, tersedia untuk Android dan iOS.)

  • Lebih dari 2000 satelit

Apa itu Starlink? Sudah diumumkan langsung oleh CEO SpaceX Elon Musk pada tahun 2015. Sejak itu, program ini sudah meluncurkan sekitar 2.000 satelit, dan lebih banyak lagi yang direncanakan. 

Namun, pada akhirnya Musk menginginkan beberapa ribu satelit di orbit Bumi rendah. Hal ini dilakukan untuk berkomunikasi dengan semua radio darat Starlink.

  • Ketersediaan 

Sebelum Anda mengunjungi komputer untuk melakukan pemesan Starlink, maka harus tahu bahwa itu tidak tersedia di mana-mana. Perusahaan masih bekerja untuk menemukan satelit yang cukup agar dapat menyediakannya dalam cakupan global.

Kini apa itu Starlink telah menawarkan layanan Beta Better Than Nothing. Di mana bisa dipilih untuk mengingatkan pelanggan saat meluncurkan satelit dan akan ada pemadaman. 

Pengujian dari beta ini sudah tersedia untuk pelanggan yang berada di Amerika Serikat, Britania Raya, kanada, Selandia Baru, Australia, Jerman, Portugal. Selain itu, ada Denmark, Austria, Perancis, Belanda, Cabai, Irlandia,Belgia, dan Swiss.

Namun, tidak berarti apa itu Starlink tersedia di semua negara tersebut. Starlink memiliki batas area layanannya ke area tertentu. Jadi Anda harus bisa memasukkan alamat untuk dapat memastikan Starlink bisa melayani atau tidak. Apabila Anda tertarik, maka bisa langsung mendaftar untuk daftar pre-order mereka.

Biaya dan Cara Kerja Starlink

Mengenal Apa itu Starlink dan Cara Kerjanya_Biaya dan Cara Kerja Starlink
Mengenal Apa itu Starlink dan Cara Kerjanya_Biaya dan Cara Kerja Starlink

Sampai saat ini harga beta tersebut, diberlakukan untuk pelanggan yang memenuhi syarat. Jadi Anda bisa mendapatkan layanan Starlink Internet seharga $99 per bulan. 

Selain itu, ada juga biaya peralatan satu kali di muka sekitar $499. Peralatan ini termasuk salah satu soket untuk parabola, parabola dan router WLAN terintegrasi.

Hal ini memang terlihat mahal, namun sangat kompetitif ketimbang dengan penyedia satelit tradisional. Apa itu Starlink untuk kecepatan jauh lebih cepat dibandingkan lainnya.

Apabila Anda sudah pernah menggunakan internet satelit, pasti sudah paham dengan bagaimana lag atau buffering bisa terjadi. Hal ini terjadi ketika bermain game atau konferensi video sehingga menjadi sulit. 

Namun, untuk mengatasi masalah tersebut, satelit SpaceX Starlink sudah beroperasi pada orbit yang lebih rendah dari satelit sebelumnya. Jadi sudah menghasilkan kecepatan yang lebih cepat dan latensi lebih baik

Walaupun, konsistensinya terbilang masih tidak sebaik kabel internet. Dikarenakan satelit jauh lebih dekat ke Bumi, bahkan juga tidak mempunyai cakupan wilayah yang besar. 

Hal ini yang menjadi alasan mengapa perusahaan harus mengeluarkan banyak satelit yang lebih kecil. Agar satelit bisa berkomunikasi, perusahaan harus membangun gateway di seluruh dunia untuk membantu pertukaran sinyal.

Walaupun saat ini banyak yang bereksperimen dengan teknologi laser untuk mendukung komunikasi secara langsung, menghilangkan kebutuhan akan gateway. Namun, bagi pengguna apa itu Starlink berarti sudah memasang Starlink kit.

Jadi antena secara otomatis mencari dan terhubung ke satelit terdekat. Saat satelit akan mengorbit dalam rantai, setiap satelit nantinya menemukan yang berikutnya. Bahkan, harus bisa membuat koneksi tanpa batas bagi para pengguna.

Keunggulan Starlink Internet Cepat

Ternyata Starlink juga memiliki keunggulan yang tidak kalah canggih. Berikut ini sudah ada beberapa keunggulan starlink yang bisa Anda ketahui.

  • Kecepatan Install 50 dan 150 Mbps

Berdasar situs web Starlink, layanan ini bisa mempertahankan kecepatan install antara 50 dan 150 Mbps dan kecepatan unggah sekitar 10 Mbps. Hal ini seharusnya cukup cepat bagi rumah tangga untuk memperoleh sebagian besar dari apa yang mereka perintahkan. Adapun manfaat yang didapat dari adanya kecepatan pada starlink, ada di bawah ini.

  • Dapat digunakan bermain game, kerja jarak jauh, streaming, ataupun pembelajaran virtual. Apa itu Starlink bisa saja mengalami pemadaman dari waktu ke waktu. Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.
  • Bekerja untuk meningkatkan jumlah satelit yang dimiliki padat orbit cakupan. Biasanya, masalah terbesar ini untuk orang-orang yang ingin mendapatkan layanan konsisten sepanjang hari. 
  • Fase beta Starlink ini tentu saja dikenal “Lebih baik ketimbang tidak sama sekali”. Sementara itu, satelit Starlink merupakan satelit yang relatif kecil.
  • Berat 551 Pon

Untuk berat masing-masing hanya sekitar 551 pon. Namun, dengan semua yang sudah dilakukan, pasti masuk dalam kategori kecil tapi perkasa. Apa itu Starlink setiap satelit Starlink sudah digambarkan sebagai router nirkabel. 

Jadi bisa langsung terbang dan bertenaga surya. Namun, untuk terhubung ke terminal pengguna (sering dikenal sebagai stasiun bumi “kotak pizza”). Satelit ini mempunyai antena array bertahap di sisi yang menghadap ke bumi. 

  • Dilengkapi Pendorong Gas

Bahkan, sudah dilengkapi dengan pendorong gas krypton efek Hall. Tidak hanya digunakan untuk mempertahankan orbit, namun membantu luka bakar deorbit saat habis masa berlakunya.

Konfigurasi dari kereta yang memperkenalkan Starlink adalah karena orbit rendah yang mereka pertahankan. Satelit ini berada tepat di orbit yang lebih tinggi terlihat pada area lebih luas di darat. 

Bahkan, pada orbit yang lebih rendah, bidang ini jauh lebih kecil. Namun, apa itu Starlink sendiri sudah menulisnya dengan mempunyai lebih banyak satelit berturut-turut.

Hal ini berarti satelit bergerak bisa di luar jangkauan untuk satu pelanggan Starlink. Jadi pelanggan berikutnya ada di sana dan harus terhubung untuk bisa mendapatkan internet dengan mulus. 

Sebenarnya, masih belum cukup satelit di udara namun harus memastikan layanan sempurna, dan beberapa celah sementara diperkirakan akan terjadi pada saat peluncuran SpaceX dilanjutkan.

  • Satelit Orbit Rendah

Saterlink memang cocok menjadi satelit yang mengorbit rendah. Apalagi banyak orang yang melaporkan melihat konstelasi Starlink bergerak melintasi langit malam.

Baca juga: Aplikasi Pelacak Nomor HP untuk Terhindar dari Penipu

Jika Anda berminat memiliki Starlink ini harus menyiapkan budget yang besar. Sementara itu, perbanyak mencari informasi terkait apa itu Starlink agar tidak tumpang tindih.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button