Pentingnya Mengaktifkan Find My Device dan Fitur-fiturnya

Saat ini find my device dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk melacak handphone yang hilang. Para pengguna bisa mencari perangkat seluler, dengan menggunakan fitur tersebut.

Baca juga: Keunggulan dan Fitur dari Brainly yang Wajib Diketahui

Namun, pengguna sayangnya sering melupakan fitur tersebut karena jarang terpakai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena bisa saja perangkat tiba-tiba sirna dari tempat semestinya.

Pentingnya Mengaktifkan Find My Device

Pentingnya Mengaktifkan Find My Device dan Fitur-fiturnya _Pentingnya Mengaktifkan Find My Device
Pentingnya Mengaktifkan Find My Device dan Fitur-fiturnya_Pentingnya Mengaktifkan Find My Device

Fitur find my device ini, dirancang pengguna agar bisa mengetahui lokasi dari peranti elektronik yang dicari. Ada beberapa perusahaan yang sudah menanamkan sistem ekolokasi yang bisa memindai posisi geografis gadget secara nyata.

Hasil dari pemindaian lokasi ini akan muncul pada layanan peta terkait. Selanjutnya, para pengguna bisa menemukan gadget yang hilang dengan memakai GPS (Global Positioning System) dari perangkat lain.

Hal ini karena memiliki akurasi yang terkadang melebihi belasan meter (tergantung dari kualitas sinyal internet). Sementara itu, untuk fitur pelacak perangkat biasanya membawa fitur khusus yang dapat membuat gadget berdering keras sehingga memudahkan pencarian.

Hanya dengan membuat perangkat berdering ketika sudah berada di sekitar lokasi. Sehingga pengguna tentu bisa memperoleh posisi yang hanya dengan mengikuti sumber suaranya. 

Bahkan, fitur menariknya juga tercatat menawarkan opsi pencarian secara daring. Jadi masih dapat bekerja saat perangkat tidak terhubung oleh jaringan internet.

Berikut Fitur-fitur Find My Device

Platform ini memiliki berbagai macam fitur yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini sudah ada beberapa fitur yang bisa diketahui.

  • Mampu Mengunci Perangkat

Fitur dari pelacak perangkat ini tidak hanya dilengkapi dengan dukungan yang membuat pengguna menemukan gadget kesayangannya. Namun, juga ada beberapa opsi tambahan untuk mengamankan data.

Melalui fiturnya, pengguna bisa mengunci perangkat dengan menggunakan PIN. Selain itu, juga bisa menggunakan pola, dan kata sandi meskipun belum pernah mengaktifkan sistem keamanan.

Agar seseorang bisa lebih mudah dalam mengembalikan perangkat saat menemukannya. Maka fitur ini umumnya memiliki opsi tambahan yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk menambahkan pesan atau nomor telepon pada layar kunci.

Selain bisa melindungi data pengguna dari tangan yang tidak bertanggung jawab, ternyata juga bisa mengatur layar kunci dan dapat membuat perangkat terus menyala. Jadi proses pencarian tetap bisa dilakukan dengan mudah.

  • Dapat Menghapus Data dari Jarak Jauh

Sebagai salah satu alternatif bila perangkat benar-benar tidak dapat ditemukan. Fitur find my device ini sering kali mendapatkan dukungan yang akan mengizinkan pengguna menghapus data di dalamnya dalam jarak jauh secara permanen.

Dengan begini, orang yang menemukan perangkat tidak akan bisa mengakses dan menggunakan data pribadi. Salah satunya seperti percakapan aplikasi foto, pesan, video, sampai dokumen penting.

Apabila menggunakan dukungan tersebut, fitur pelacak ini akan mengunci perangkat melalui akun tertentu dari layanan. Jadi pengguna perlu memasukkan kata sandi pada saat berhasil mendapatkannya kembali di hari selanjutnya..

Namun sayangnya, dukungan hapus data jarak jauh ini terkadang tidak mendukung kartu memori eksternal. Jadi perlu menonaktifkan fitur pelacak dari perangkat sesudah prosesnya selesai.

Umumnya, fitur pelacak tersedia beragam di pasaran. Bahkan, Google secara secara resmi memiliki Google Find My Device yang dijadikan sebagai sistem operasi Android dan beberapa perusahaan teknologi lainnya seperti Xiaomi, Apple, Samsung.

Cara Mengaktifkan Find My Device

Pentingnya Mengaktifkan Find My Device dan Fitur-fiturnya _Cara Mengaktifkan Find My Device
Pentingnya Mengaktifkan Find My Device dan Fitur-fiturnya_Cara Mengaktifkan Find My Device

Untuk mengaktifkan perangkat pelacak ini sangatlah mudah. Berikut ini sudah ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti.

  1. Pertama, bukalah Settings terlebih dahulu. Kemudian, akan diarahkan ke menu Google (Google Settings) Ubah akun hanya dengan mengetuk nama pengguna bila dibutuhkan.
  2. Selanjutnya, gulir sampai ke bawah dan pilihlah opsi Security. Berikutnya, langsung masuk ke bagian find my device. Anda harus benar-benar memastikan tombol geser berada di posisi On.

Sebenarnya, Google akan mengaktifkan fitur pelacak ini secara otomatis ketika pengguna sudah menambahkan akun ke dalam perangkat. Namun, bila Anda perlu mengeceknya, maka bisa mengikuti beberapa langkah di atas.

Umumnya, fitur pelacak yang berasal Google ini sudah tersedia secara mendasar pada semua perangkat yang berbasis Android atau Wear OS. Sehingga pengguna tidak perlu repot memasang aplikasi atau layanan untuk memanfaatkannya.

Meskipun begitu, para pengguna tetap perlu mengaktifkan sebuah layanan pelacak perangkat lain. Hal ini sangat berguna sebagai pengaman tambahan bisa perusahaan pengembangnya mempunyai dukungan.

  1. Pertama, Anda bisa buka halaman Settings. Selanjutnya, gulir ke bawah dan klik menu Lock screen and security (Biometrics and security). 
  2. Lalu Anda bisa mencari dan pilih opsi Find My Mobile. Selanjutnya, aktifkan tombol geser atau pin klik Add Account jika dibutuhkan.
  3. Berikutnya, langsung login dengan akun Samsung yang Anda miliki atau buat baru dengan mengetuk Create Account jika belum memilikinya. Jika sudah berhasil masuk ke akun, pastikanlah opsi seperti Google location services, Remote control, Send last location, maupun Offline finding dalam posisi aktif.

Fitur Samsung find my device ini merupakan salah satu layanan pelacak perangkat yang ampuh. Hal ini karena memiliki opsi pelacak daring sehingga pengguna dapat melakukan pencarian meski perangkat terkendala permasalahan jaringan.

Cara Mengaktifkan di Apple dan Microsoft Find My 

Tidak kalah dengan Samsung, Xiaomi saat ini tengah populer pada sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Ini karena telah dibekali dengan fitur pelacak perangkat melalui antarmuka dari sistem operasi Android khususnya bernama MIUI buatannya.

  • Apple Find My

Umumnya, Apple find my device ini telah banyak sekali mendukung fitur pelacak untuk laptop berbasis MacOS. Jadi para pengguna bisa langsung sedikit lebih tenang pada saat tiba-tiba menghilang dari tempat yang sudah seharusnya.

  1. Pertama, Anda bisa langsung klik logo Apple di bagian atas layar. Kemudian, bisa langsung masuk ke System Preferences.
  2. Berikutnya, bisa langsung buka pengaturan Security & Privacy. Lalu arahkan langsung ke tab Privacy.
  3. Apabila logo gembok yang berada di pojok kiri bawah halaman menunjukkan ikon terkunci. Berikutnya, bisa langsung klik lalu masukkan nama dan kata sandi administrator. 
  4. Jika sudah selesai setelah itu, pilihlah Location Services. Kemudian, bisa langsung centang Enable Location Services dan Find My.
  5. Berikutnya, bisa langsung klik Done dan kembali ke halaman utama pengaturan. Lalu buka bagian Apple ID dan pilihlah iCloud. Selanjutnya, bisa langsung cari dan centang Find My Mac.
  6. Berikutnya, bisa langsung ketuk opsi Find My Mac lalu pilih menu Options. Kemudian, bisa memastikan opsi Find My Mac dan Find My network dalam posisi On. Kemudian, klik Done untuk menyimpan pengaturan.

Beberapa langkah yang ada di atas bisa mengatur layanan find my device hanya berlaku untuk sistem operasi yang lebih baru. Apabila Anda menggunakan versi yang lebih lawas dari iOS 12 atau MacOS Mojave, maka Anda harus sedikit menyesuaikannya.

  • Microsoft Find My Device

Bagi Anda yang belum tahu, tidak hanya laptop berbasis Mac OS yang mempunyai dukungan pelacak perangkat. Hal ini karena Microsoft telah menawarkan fitur serupa di sistem operasi Windows 10.

  1. Pertama, bisa langsung klik tombol Windows dan buka Settings. Berikutnya, masuk langsung ke halaman Update & Security.
  2. Kemudian, bisa klik tab Find my device dan ketuk tombol Change. Tidak lupa untuk mengaktifkan pilihan berupa Save my device’s location periodically.

Anda bisa langsung mengaktifkan fitur pelacak dengan beberapa cara yang ada di atas. Jadi harus bisa sesuai perangkat yang digunakan tentu bisa menjadi langkah preventif (pencegahan). 

Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih mudah menemukannya kembali pada saat hilang. Bahkan, bila fitur tersebut sudah aktif, Anda hanya perlu mengakses laman web dari layanan terkait. Hal ini berguna untuk memindai lokasi perangkat atau hanya menggunakan opsi-opsi lain yang didukungnya.

Cara Menggunakan Google Find My Device

Pentingnya Mengaktifkan Find My Device dan Fitur-fiturnya_Cara Menggunakan Google Find My Device
Pentingnya Mengaktifkan Find My Device dan Fitur-fiturnya_Cara Menggunakan Google Find My Device

Cara menggunakannya ini bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini sudah ada beberapa langkahnya seperti di bawah ini.

  1. Pertama, bisa langsung mengunjungi halaman resminya dengan peramban. Kemudian, bisa langsung masuk menggunakan akun Google yang telah terhubung dengan perangkat.
  2. Berikutnya, pilihlah perangkat yang hilang bila sudah lebih dari satu di dalam daftar. Selanjutnya, pada lokasi perangkat bisa saja ditampilkan dalam peta yang tersedia.
  3. Kemudian, Anda bisa menggunakan opsi Secure device untuk mengunci perangkat. Lalu cari juga perangkat di lokasi yang ditampilkan.
  4. Berikutnya, bisa langsung mengaktifkan opsi Play sound untuk membuat perangkat berdering agar lebih mudah pencarian di lokasi. Selanjutnya, bisa langsung pilih Erase device nila benar-benar tidak ketemu.

Baca juga: Cara Membuat Google Forms Lewat HP Mudah dan Cepat

Salah satu kelemahan dari perangkat Google ini, memerlukan koneksi internet agar bisa bekerja. Apabila tidak, lokasi yang ditampilkan hanya berupa data terakhir pada saat perangkat find my device dalam kondisi daring.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button