Langkah Mudah Cek Imei Hp iPhone

Saat ini cek IMEI Hp iPhone dapat dilakukan melalui beberapa cara. Saat ini setiap perangkat sudah dilengkapi dengan nomor yang bisa digunakan sebagai identitas. IMEI berperan penting ketika ponsel iPhone Anda hilang. Jika Anda merupakan pengguna iPhone, Anda bisa memblokir nomor IMEI tersebut melalui operator. Dengan ini pengguna tidak bisa menggunakan nomor operator lain. Alhasil ponsel tidak bisa digunakan sekalipun perangkat tidak terkunci.

Baca juga: 11 Rekomendasi HP Android Terbaik

Hal ini tentunya sangat membantu pemilik perangkat untuk melindungi ponsel dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun tetap, sebagai pengguna, diharapkan Anda tetap berhati-hati sekalipun saat ini sudah banyak teknologi yang membantu Anda melakukan pelacakan perangkat manakala tiba-tiba hilang. 

Lebih luas lagi, IMEI dalam perangkat iPhone yang tidak terdaftar dapat sewaktu-waktu diblokir. Hal ini tentu sangat merugikan pengguna yang tidak paham cara cek IMEI iPhone. Tulisan ini akan mengulas beberapa hal berkaitan dengan IMEI, termasuk fungsi, cara cek hingga cara melacak ponsel berbekal IMEI. 

Mengenal IMEI dan Fungsinya

Langkah Mudah Cek Imei Hp iPhone_Mengenal IMEI dan Fungsinya
Langkah Mudah Cek Imei Hp iPhone_Mengenal IMEI dan Fungsinya

Penjelasan singkatnya International Mobile Equipment Identity atau yang kerap disebut dengan IMEI ini merupakan nomor khusus yang digunakan sebagai identitas sebuah ponsel. IMEI terdiri atas 14 digit nomor yang mana ada tambahan digit ke 15 yang digunakan sebagai verifikasi ulang dari semua digit. Sekilas kadang kita tidak menganggap penting keberadaan digit-digit tersebut. 

Digit dalam IMEI tersebut memiliki fungsi tertentu. Salah satunya untuk mengetahui informasi yang terdapat dalam ponsel tersebut. Informasinya mencakup asal ponsel, pabrikan hingga model atau seri ponsel tersebut.

Bisa dikatakan IMEI merupakan ID resmi dalam sebuah ponsel. Nomor IMEI nantinya digunakan oleh jaringan GSM untuk mendeteksi jenis perangkat yang tersambung dengan jaringan tersebut.

Dengan demikian IMEI bukan hanya digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler, melainkan juga bisa digunakan untuk memblokir perangkat manakala hilang. Saat ini IMEI juga digunakan sebagai langkah mencegah masyarakat supaya tidak membeli perangkat secara ilegal. 

Kebijakan ini memberikan dampak untuk pengguna ponsel black market karena tidak bisa mendapatkan akses jaringan seluler di Indonesia.

Struktur pada Nomor IMEI

Nomor IMEI sebanyak 15 digit ini dibuat oleh salah satu lembaga internasional bernama GSMA. Global system for mobile communications associations  atau yang disebut dengan GSMA itu membuat aturan dasar berupa struktur nomor IMEI kepada semua pabrik pembuat ponsel.

Saat ini terdapat struktur nomor IMEI yaitu berupa beberapa kode seperti berikut:

  • AA : Merupakan dua digit awal yang mengidentifikasi badan pelaporan,ini menunjukkan pabrik yang sudah disetujui oleh GSMA untuk bisa mengalokasikan TAC atau kode alokasi tipe. 
  • BBBBB : Merupakan sisa dari TAC.
  • CCCCCC : Urutan atas seri ponsel.
  • D : Merupakan kode verifikasi yang mana digunakan untuk memeriksa kembali semua digit yang ada sebelumnya.

Pastikan IMEI iPhone Sudah Terdaftar

Hal yang penting diwaspadai apabila IMEI iPhone tidak terdaftar salah satunya pada perlindungan data diri. Sekalipun saat ini teknologi terus mengalami perkembangan, sayangnya hal tersebut tidak beriringan dengan sadarnya masyarakat perihal perlindungan data diri. Padahal, IMEI tersebut dihadirkan untuk memberikan perlindungan mengenai data diri. 

Mengingat saat ini banyak sekali kasus kebocoran data serta diperjualbelikannya data pribadi. Data tersebut memberikan perlindungan dari berbagai tindak kejahatan, seperti pelecehan seksual hingga kejahatan-kejahatan lainnya.

Saatnya Atasi Pencurian iPhone

Saat Anda memiliki iPhone dengan nomor IMEI yang resmi, maka saat terjadi pencurian ponsel dapat dengan mudah teratasi. Saat IMEI yang tidak terdaftar dicuri akan menghambat saat pelaporan data kepada pihak operator. Sangat berbeda ketika nomor IMEI pada perangkat resmi digunakan.

Apabila terjadi masalah, maka dengan mudah bisa diatasi serta dilacak. Selain itu pihak provider dengan segera akan melakukan pemblokiran perangkat pada iPhone yang dicuri tersebut. Alhasil, oknum yang melakukan pencurian juga akan kesulitan menggunakan iPhone nantinya.

Selain itu, IMEI juga memberikan perlindungan yang sangat penting dalam iPhone, mencakup nomor rekening, kartu kredit serta pin mobile banking tetap aman.

Untuk itu, pastikan menggunakan IMEI yang terdaftar sehingga tidak menimbulkan permasalahan kedepannya nanti. Salah satu langkahnya dengan melakukan pembelian perangkat melalui gerai iPhone resmi, jangan melakukan pembelian melalui pasar gelap atau black market

Cara Mudah Cek IMEI Hp iPhone

Langkah Mudah Cek Imei Hp iPhone_Cara Mudah Cek IMEI Hp iPhone
Langkah Mudah Cek Imei Hp iPhone_Cara Mudah Cek IMEI Hp iPhone

Ketika sudah memahami pengertian hingga fungsi nomor IMEI untuk perangkat, kali ini saatnya melakukan pengecekan pada perangkat Anda. Saat ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan nomor IMEI pada perangkat iPhone. Dengan cara-cara ini diharapkan bisa membantu pengguna iPhone bisa dengan mudah melihat nomor IMEI kemudian melakukan pencatatan. Langsung saja, berikut diantaranya.

  • Langkah Cek Nomor IMEI melalui Phone Dialer

Phone dialer ini adalah fitur yang ada di dalam perangkat yang fungsinya untuk menghubungi banyak nomor. Dialer ini bisa digunakan untuk menghubungi nomer orang lain hingga kode USD dapat juga digunakan untuk kontak dengan penyedia layanan seluler.

Langkah mengetahui nomor IMEI dengan phone dialer ini bisa dikatakan sebagai langkah paling banyak serta siapapun bisa melakukannya. 

Anda bisa mengecek dengan membuka fitur phone dialer dalam perangkat Anda kemudian ketik kode *#06#. Jika sudah, lanjutkan dengan menekan tombol dial atau gambar telepon kemudian akan muncul nomor IMEI Anda. 

  • Cek IMEI iPhone Melalui Apple ID

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melihat IMEI ponsel melalui Apple ID. Caranya dengan mengunjungi situs https://appleid.apple.com/ dalam browser maupun PC atau HP. Jika sudah, silahkan isi email yang ada dalam Apple ID dalam iPhone. Klik Login, kemudian gulir sampai bawah hingga ketemu Perangkat/Device. Klik bagian perangkat maka nomor IMEI akan terlihat. Silahkan Anda catat nomor IMEI tersebut.

  • Langkah Cek IMEI HP iPhone Lewat Pengaturan

Apabila Anda merupakan pengguna iPhone, langkah untuk mengetahui nomor IMEI juga sangat mudah. Silahkan Anda buka menu Setting yang ada dalam perangkat, kemudian tekan menu General (Umum). 

Selanjutnya, Anda hanya butuh masuk ke dalam menu About atau tentang ponsel, maka disitu Anda akan menemukan digit nomor IMEI Anda. 

  • Langkah Cek IMEI via SIM Card Tray

Langkah mengetahui IMEI iPhone berikutnya bisa melalui SIM Card Tray. Cara ini bisa dilakukan pada perangkat iPhone seri 6S plus hingga 13 terbaru. Caranya, silahkan Anda cabut SIM Card Tray pada perangkat, nah disisi SIM Card Tray tersebut terdapat nomor IMEI.  Langsung saja catat nomor IMEI tersebut kemudian silahkan Anda simpan. 

  • Langkah Lain Cek IMEI

Apabila Anda tidak dapat membuka perangkat namun membutuhkan nomor IMEI, maka Anda bisa menemukan melalui hardware maupun perangkat yang ada dalam ponsel tersebut. 

Langsung saja, buka pada bagian belakang perangkat ponsel kemudian lepaskan baterainya. Nomor IMEI terdapat di bawah baterai ponsel Anda. Nah, untuk iPhone karena menggunakan baterai tanam maka bisa melakukan pelacakan nomor IMEI melalui box perangkat saat membeli. 

Lacak HP dengan Mudah Menggunakan IMEI

IMEI memberikan fitur terbaik yaitu bisa digunakan untuk melacak perangkat ponsel Anda. Langkah ini terbilang cukup rumit, tetapi tetap harus diupayakan, terlebih jika dalam ponsel tersimpan berbagai data penting. Langkahnya, Anda perlu memiliki salinan nomor IMEI dalam perangkat, kemudian dapatkan surat keterangan kehilangan dari kantor polisi. 

Setelah Anda mendapatkan surat kehilangan, lanjutkan dengan menghubungi atau mengunjungi langsung penyedia layanan seluler. 

Ketika surat kehilangan yang Anda bawa valid, maka petugas akan melacak serta memberikan keterangan mengenai keberadaan ponsel tersebut. Langkah ini bisa diterapkan selama dalam perangkat tersebut terdapat koneksi internet, GPS dan kartu SIM masih aktif. Namun jika sudah diganti, maka Anda sudah tidak bisa melakukan pengecekan.

Baca juga: Melihat Perkembangan Spesifikasi HP iPhone Dari Tahun Ke Tahun

Kesimpulan 

Itulah pembahasan terkait dengan cek IMEI HP iPhone. Bagaimana cukup menarik bukan? Ternyata nomor berseri yang ada di dalam perangkat kita ini memiliki fungsi serta manfaat yang sangat banyak untuk perangkat. Apabila Anda termasuk orang yang aktif menggunakan smartphone maka penting untuk melindungi data pribadi dari hal yang merugikan. Jangan lupa juga untuk terus melindungi data pribadi dari tindakan pencurian data.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button