Cara Pakai Google Translate dan Kelebihan

Cara pakai google translate saat ini sangat mudah dan menjadi salah satu layanan terjemahan bahasa online paling populer. Anda tidak hanya bisa mengakses Google Translate dari perangkat apapun di web, namun juga bisa menggunakan aplikasi Android dan iOS.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik untuk Mengamankan Informasi

Hal ini karena menggunakan situs web untuk menerjemahkan terkadang bermanfaat. Namun, juga menggunakan aplikasi jauh lebih mudah dan cepat.

Beberapa Cara Pakai Google Translate

Cara Pakai Google Translate dan Kelebihan_Beberapa Cara Pakai Google Translate
Cara Pakai Google Translate dan Kelebihan_Beberapa Cara Pakai Google Translate

Saat ini Google Translate sudah membuka dunia baru dengan segala kepraktisannya. Sebelum adanya Google Translate, para wisatawan masih menggunakan kamus bahasa untuk dapat mengatasi kendala bahasa di daerah yang sedang dikunjunginya. 

Namun, melalui adanya Google Translate, Anda bisa menerjemahkan kata apapun dengan satu sentuhan tombol atau jepretan kamera. Sayangnya, banyak sekali manfaat lain Google Translate yang masih luput dari para penggunanya.

Salah satunya, sebagai penerjemah bahasa, Google Translate juga dapat memeriksa ejaan kata yang muncul akibat salah ketik. Selain itu, sebaiknya Anda tahu cara pakai google translate.

Ada beberapa beberapa cara memakai Google Translate dengan cepat dan efisien. Berikut ini sudah ada cara yang bisa Anda lakukan.

  • Terjemahkan Dokumen Word 

Apabila Anda mempunyai dokumen Word dalam bahasa asing dan perlu menerjemahkannya ke bahasa lain. Anda bisa langsung menggunakan Google Translator Toolkit. 

Cara pakai google translate sangat mudah. Anda hanya perlu unggah dokumen Word, kemudian tunggu proses penerjemahannya hingga selesai. Pastikanlah semua koneksi internet sudah stabil.

  • Melakukan Terjemahan Dengan Suara

Kemudian, install aplikasi Google Translate di ponsel cerdas Anda. Setelah semua terbuka, bisa langsung ketuk tombol mikrofon.

Lalu pilih bahasa dan bahasa yang ingin Anda terjemahkan. Kemudian, bisa langsung tekan kembali tombol mikrofon dan mulailah berbicara.

  • Terjemahkan Situs Web

Apabila ada situs web asing yang harus Anda terjemahkan, cukup dengan ketik URL di kotak terjemahan. Cara pakai google translate, Anda pilih bahasa yang akan diterjemahkan, dan akan memunculkan browser internal untuk dilihat. 

Selama Anda tetap berada di dalam browser itu, maka dapat membuatnya. Jadi apapun bahasa yang di bisa langsung digunakan.

  • Gunakan Google Chrome untuk menerjemahkan situs web

Apabila Anda pengguna Google Chrome, maka Google Translate secara otomatis sudah ada di dalam browser. Cara pakai google translate bisa mengunjungi situs web bahasa asing, maka Google Chrome bisa menerjemahkan situs web secara penuh.

  • Aplikasi Google Translate di Smartphone 

Saat Anda bepergian, pastinya tidak selalu mempunyai Wi-Fi atau koneksi internet ke ponsel. Untungnya, aplikasi Google Translate memungkinkan Anda untuk menginstal 103 bahasa berbeda ke ponsel untuk bisa menerjemahkan. 

Jadi, ketika Anda sedang offline, bisa tetap menerjemahkan bahasa dengan ujung jari sendiri. Cara pakai google translate bisa dilakukan dengan mudah dan lancar hanya dalam beberapa menit.

  • Efek Suara Beatbox 

Google Terjemahan bisa lebih mudah dimanipulasi ke dalam suara beatbox. Anda hanya perlu mengatur terjemahan dari Bahasa Jerman ke Bahasa Jerman. Selanjutnya, bisa langsung klik ikon ‘Dengar’ dan mulai mendengarkan.

  • Menyimpan Terjemahan Ke Dalam Buku frasa

Anda hanya perlu menyimpan beberapa terjemahan ke dalam buku frasa. Hal ini karena akan terlalu bosan jika Anda terus mengetik hal yang sama sepanjang waktu.

Untung saja, ada cara untuk menyimpan kalimat-kalimat yang sering diterjemahkan. Cara pakai google translate, bisa langsung klik ikon ‘Bintang’ di bawahnya. 

Selanjutnya, bisa klik bintang di dalam lingkaran di sudut kanan atas situs web. Hal ini digunakan untuk membuka buku penyimpanan frasa kamu.

  • Menerjemahkan kata dengan kamera smartphone

Pada aplikasi Google Translate, ada ikon foto dengan menggunakan kamera ponsel cerdas. Hal ini dilakukan untuk memindai dan menerjemahkan kata-kata. 

Jadi, bila Anda perlu menerjemahkan tanda atau sesuatu di buku. Anda bisa langsung dengan mudah menerjemahkannya tanpa mengetik semuanya.

Berikut Ini Kelebihan Google Translate

Cara Pakai Google Translate dan Kelebihan_Berikut Ini Kelebihan Google Translate
Cara Pakai Google Translate dan Kelebihan_Berikut Ini Kelebihan Google Translate

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki Google Translate. Berikut ini sudah ada beberapa kelebihan Google Translate:

  • Menyediakan Banyak Bahasa

Google Translate mempunyai banyak pilihan bahasa yang dapat www to digunakan penggunanya. Bahkan, juga telah menyediakan beberapa bahasa daerah seperti Jawa dan Sunda. 

  • Fitur Automatic

Selain itu, terdapat fitur automatic yang bisa memprediksi bahasa dari kalimat yang tidak diketahui. Jadi akan lebih memudahkan untuk melakukan penerjemahan.

  • Dapat Menerjemahkan Melalui Link

Sebuah dokumen yang ada di internet bisa langsung diterjemahkan dengan mudah dengan cara menggunakan link pada blog yang ingin diterjemahkan. Cara pakai google translate tidak perlu repot mengetik setiap kata, cukup dengan copas link dari artikel yang ingin diterjemahkan dari Google Chrome.

  • Support Suara atau Audio

Apabila Anda malas untuk mengeja kata di Google Translate, maka bisa mengaktifkan mode pengeja. Bahkan, bisa dengan mengklik gambar speaker suara yang ada di kolom bawah google translate. 

  • Memudahkan Pengguna 

Maka, secara otomatis teks yang ditulis bisa saja terdengar ejaan dari speaker Google Translate. Cara pakai google translate ini juga akan memudahkan pengguna yang ingin sekali belajar cara pengucapan bahasa asing benar.

  • Memiliki Banyak Fitur

Keunggulan yang dimiliki Google Translate, yakni memiliki banyak fitur seperti penggunaan mode offline, penerjemah suara, camera translator, transcribe, serta fitur lainnya. Di mana sangat berguna dan berbeda dari penerjemah lainnya.

7 Fitur Google Translate yang Canggih

Cara Pakai Google Translate dan Kelebihan_7 Fitur Google Translate yang Canggih
Cara Pakai Google Translate dan Kelebihan_7 Fitur Google Translate yang Canggih

Fitur Google Translate sebenarnya tidak sekadar menerjemahkan manual yang bisa langsung diketik ulang. Namun, juga bisa digunakan dengan cara-cara canggih. 

Google Translate adalah salah satu aplikasi penerjemah yang paling sering digunakan karena menyediakan banyak pilihan bahasa. Selain itu, bisa langsung diakses menggunakan Google Translate ini berguna untuk berbagai perangkat.

Perlu Anda tahu bahwa fitur dari Google Translate tidak hanya sekadar menerjemahkan manual yang harus diketik ulang. Namun, juga dapat digunakan dengan Cara pakai google translate seperti berikut.

  • Typing to Translate

Type to Translate merupakan salah satu fitur dasar dari Google Translate. Pengguna bisa langsung menerjemahkan kata atau kalimat dengan cara mengetik.

Pastikan bahwa aksara yang telah diketik sesuai dengan ketersediaan bahasa di Google Translate. Setidaknya, sampai saat ini ada 103 bahasa yang dapat diterjemahkan lewat fitur ini.

  • Speak to Translate

Sama seperti dengan namanya, Speak to Translate ini termasuk fitur terjemah yang dapat dilakukan melalui suara untuk diterjemahkan ke dalam teks.

Anda hanya perlu mengucapkan kata atau kalimat secara langsung atau dari orang lain. Sementara itu, untuk sistem aplikasi akan mengalihbahasakannya dengan cepat. Namun, pastikan bahwa suara yang masuk sudah jelas.

  • Camera Translation

Fitur Google Translate berikutnya, sebenarnya tidak kalah canggih. Dimana sangat mengandalkan kamera untuk media terjemah dan dapat dikatakan sangat mudah.

Agar bisa menikmati fitur kamera translation, maka pengguna tinggal mengarahkan kamera ke objek yang akan diterjemahkan. Sistemnya juga secara otomatis akan menerjemahkan sesuai bahasa pilihan Anda.

  • Write to Translate

Write to Translate ini termasuk salah satu fitur penerjemah suatu aksara khusus. Misalnya saja seperti alfabet latin yang mungkin tidak tersedia di keyboard perangkat Anda.

Cara untuk menggunakannya bisa menggunakan pensil layar sentuh atau jari-jari Anda yang biasanya menuliskan ke layar untuk diterjemahkan.

  • Tap to Translate

Tap to Translate akan dinilai lebih praktis karena pengguna tidak perlu lagi membuka aplikasi Google Translate. Cara pakai google translate hanya untuk sekedar terjemahkan kalimat atau tulisan.

Anda hanya perlu mengaktifkan mode Tap to Translate di menu setelah Google Translate. Berikutnya, bisa langsung tinggal tap tulisan yang perlu di terjemah secara otomatis.

  • Transcribe

Transcribe Google Translate biasanya dapat digunakan untuk terjemah obrolan secara langsung. Bahasa yang akan tersedia diantaranya Rusia, Inggris, jerman, Perancis, Portugis,Thailand, serta Spanyol,

Kelebihan dari fitur Transcribe ini bisa langsung melakukan terjemah dalam durasi panjang. Cara pakai google translate, hasilnya juga akan langsung ditampilkan di layar.

  • Offline Translate

Perlu diketahui bahwa terjemah tulisan tanpa internet pastinya dapat dilakukan. Hal ini karena sistemnya memiliki fitur Offline Translate. Sebelumnya Anda harus tahu terlebih dahulu, untuk unduh bahasa yang diperlukan.

Jika sudah mengunduh bahasa tersebut, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus internet dan hasilnya tetap akurat. Jadi semua kecanggihan fitur Google Translate ini bisa langsung dinikmati melalui berbagai perangkat. Baik itu, dari ponsel pintar, smart tv sampai PC.

Baca juga: Tips Bikin Video Outdoor dan Teknik-teknik Pengambilan Gambar

Jadi cara menggunakan google translate ini jauh lebih mudah. Cara pakai google translate bisa dilakukan dengan baik, jika Anda paham langkahnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button