Kelebihan, Kekurangan, Fitur Baru Pinterest dan Cara Gunakan

Fitur baru pinterest sebagai salah-satu platform media sosial semakin menarik bagi penggunanya. Dalam aplikasi ini, Anda bisa membuat berbagai koleksi foto. Ini bisa diakses melalui perangkat ponsel atau PC.

Baca juga: Cara Live Streaming di Youtube di PC dan Android

Anda bisa menemukan berbagai foto dari pengguna lainnya. Beberapa istilah yang umum digunakan seperti pin merupakan konten berbentuk visual yang dibagikan di dalamnya. Ada juga pinning sebagai langkah untuk share upload dan menambah konten ke dalam Pinterest.

Istilah lainnya adalah Repin digunakan saat Anda akan membagikan postingan milik pengguna lain. Pinboard adalah area yang diatur oleh pengguna sebagai gabungan antara pin dan repin kemudian ditampilkan berdasarkan rema. Lalu untuk penggunanya dinamakan pinner.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Pinterest

Kelebihan, Kekurangan, Fitur Baru Pinterest dan Cara Gunakan_Berikut Kelebihan dan Kekurangan Pinterest
Kelebihan, Kekurangan, Fitur Baru Pinterest dan Cara Gunakan_Berikut Kelebihan dan Kekurangan Pinterest

Sebagai platform media sosial yang cukup populer, tentu memiliki berbagai kelebihan sehingga menjadikannya memiliki pengguna besar. namun, tentu dibalik kelebihan aka nada kekurangan yang tidak bisa dipungkiri.

  • Kelebihan

Beberapa kelebihan berikut akan Anda dapatkan pada saat menggunakan salah-satu platform media sosial ini. Terlebih jika terus ada fitur baru pinterest yang semakin membuatnya menarik.

  • Sebagai Sumber Inspirasi

Anda bisa menjadikan aplikasi ini sebagai sumber inspirasi dengan berbagai konten visual yang bisa ditemukan di dalamnya. Beberapa produk dari pengguna lainnya seperti DIY, desain berbagai produk hingga hasil edit foto dan masih banyak lainnya.

  • Dapat Dijadikan Sebagai Tempat Promosi

Dengan banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini, dapat Anda jadikan kesempatan untuk promosi berbagai produk. Memiliki engagement cukup besar, sehingga kemungkinan besar produk Anda untuk dilirik calon pelanggan semakin besar pula.

  • Bisa untuk Menaikkan Traffic Website

Platform ini juga banyak digunakan karena kemudahan dalam menggunakannya. Salah-satunya bisa Anda gunakan untuk menambah traffic di dalam website. Jika dibandingkan dengan tweet, satu pin lebih mudah 100 kali untuk disebarkan. Terlebih jika terdapat fitur baru pinterest.

Pin ini memiliki keunggulan yakni dapat menghasilkan rata-rata hingga dua kunjungan website dan juga menghasilkan enam pageview. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk mempromosikan suatu website.

  • Up To Date

Dengan menggunakan aplikasi fitur baru pinterest ini, Anda akan semakin up to date dengan tren terkini yang sedang hype di kalangan pengguna media sosial. Banyak orang yang membagikan berbagai tren produk, desain dan konten digital lainnya.

Dengan ini akan sangat membantu Anda untuk membaca pasar yang sedang diminati. Terlebih jika Anda bergerak dalam bisnis. Tentu dengan mengetahui tren terbaru akan membantu untuk menentukan produk yang sedang dibutuhkan di masyarakat.

  • Kekurangan

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan menggunakan Pinterest ini. Berikut adalah beberapa kekurangan yang di dalamnya. Sebuah aplikasi tidak mungkin tercipta tanpa kekurangan karena belum ada aplikasi yang hadir benar-benar sempurna meski ada beberapa penambahan fitur baru pinterest.

  • Kurangnya Interaksi

Jika pada umumnya media sosial mengedepankan interaksi sesama penggunaannya, hal ini tidak terjadi demikian dalam Pinterest. Pengguna lain mungkin tidak akan mudah memberikan suka atau komentar ke postingan yang ada.

  • Terdapat Banyak Spam

Anda tentu tidak nyaman pada saat mengakses suatu situs terdapat banyak spam di dalamnya. Sayangnya dalam aplikasi satu ini, masih banyak didapati hal demikian. Meski telah dilakukan berbagai usaha dari pengembang, namun sepertinya hal ini masih belum bisa teratasi.

Berikut Beberapa Fitur Baru Pinterest

Kelebihan, Kekurangan, Fitur Baru Pinterest dan Cara Gunakan_Berikut Beberapa Fitur Baru Pinterest
Kelebihan, Kekurangan, Fitur Baru Pinterest dan Cara GunakanBerikut Beberapa Fitur Baru Pinterest

Setelah Anda mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan Pinterest, informasi selanjutnya adalah fitur baru yang dihadirkan oleh platform media sosial ini. Apa saja fitur baru pinterest? berikut adalah daftarnya.

1. Search dan Filter

Fitur baru pinterest pertama adalah search dan filter. Search sama dengan namanya bisa digunakan untuk mencari berbagai konten di dalamnya. Selanjutnya, filter digunakan untuk menyaring atau menyortir konten yang hendak dilihat.

2. Visual Search

Visual search juga bisa digunakan untuk pencarian. Perbedaannya pada fitur sebelumnya adalah Anda bisa mencari berbagai produk melalui foto. Jadi, jika Anda penasaran dengan nama sebuah produk tetapi hanya memiliki fotonya ini adalah solusi.

3. Organisir Board

Jika Anda ingin mengatur tampilan board, maka ini perlu organisir board. Sehingga tampilannya benar bisa diatur sesuai keinginan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih untuk mengatur dengan tampilan A to Z atau berdasar abjad.

Bisa juga diatur dengan pengaturan last saved atau berdasarkan waktu pembuatan. Terakhir bisa dengan drag and drop dengan cara memindahkan atau menggeser konten dengan cara manual.

4. Group Board

Board merupakan suatu tempat di dalam Pinterest yang berguna untuk menyimpan berbagai foto dari unggahan orang lain. Fitur baru pinterest menghadirkan group board yang memungkinkan Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk membuat board yang lebih menarik.

5. Browser Button

Selanjutnya ada browser button yang bisa digunakan untuk menyimpan pin dari konten disukai. Jika ingin memudahkan dalam menemukan konten, bisa dengan memadukannya dengan visual search.

6. Idea Pin

Sebelum menjadi idea pin, September 2020 lalu versi beta dari fitur ini diluncurkan dengan nama story pin. Meski memiliki kemiripan dengan fitur stories di media sosial lainnya, nyatanya ada perbedaan. Karena dalam idea pin lebih memfokuskan pada apa yang sedang dikerjakan penggunanya. Misalnya pada saat mencoba sebuah produk atau ide baru.

Untuk menggunakannya mirip dengan video TikTok dan tampilan Idea Pin tidak akan menghilang dalam waktu 24 jam seperti media sosial pada umumnya. Anda bisa menambahkan audio ke dalam video yang diunggah dan ada fitur tag untuk menandai pengguna lainnya.

Cara Menggunakan Pinterest Berikut Ini

Cara Menggunakan Pinterest Berikut IniCara Menggunakan Pinterest Berikut Ini
Cara Menggunakan Pinterest Berikut Ini_Cara Menggunakan Pinterest Berikut Ini

Setelah informasi mengenai beberapa fitur baru Pinterest selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan platform satu ini. mulai dari cara daftarnya, cara menggunakan hingga cara untuk mengunduh video dalam aplikasi ini.

  • Cara Daftar

Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk melakukan pendaftaran dalam Pinterest.

  1. Menyiapkan akun google yang aktif digunakan, jika belum ada silahkan untuk membuatnya terlebih dahulu.
  2. Kunjungi situs Pinterest lalu klik pada layar tulisan sign up untuk pendaftaran.
  3. Selain klik ikon sign up cara lainnya adalah dengan login menggunakan akun Google. Caranya dengan mengklik ikon continue with Google.
  4. Setelah itu, klik akun Google yang tampil di layar. Bisa juga login menggunakan akun facebook. Menggunakan du acara ini artinya akan mempercepat proses pendaftaran dan akun telah siap untuk digunakan.
  • Cara Menggunakan

Setelah Anda berhasil melakukan login dan telah mendapatkan akun pada Pinterest. Selanjutnya adalah cara yang bisa diikuti untuk menggunakannya dan mengakses berbagai fitur baru pinterest di dalamnya.

  1. Setelah Anda login, silahkan menuju ke menu profile
  2. Jika ingin menambahkan postingan dapat mengklik tombol tambah (+) untuk membuat sebuah pin baru.
  3. Akan terdapat berbagai tampilan unggahan. Terdapat judul, deskripsi dan sebagainya dari pinboard yang hendak dibuat.
  4. Untuk mengunggahnya bisa klik bagian unggahan atau menggunakan cara drag and drop di bagian tersebut.
  5. Buatlah judul untuk unggahan yang akan Anda posting.
  6. Lalu klik simpan sebagai langkah untuk menerbitkan pinboard.
  7. Dan selesai, Anda sudah berhasil mengunggah postingan untuk membuat berbagi koleksi menarik konten visual di dalam pinterest ini.
  • Cara Download Video

Tidak hanya digunakan untuk mengunggah dan mengunduh berbagai konten ga,bar dengan berbagai format. Namun, Anda juga bisa mengunggah berbagai video berdurasi pendek. Tetapi, meski telah hadir dengan berbagai fitur baru pinterest untuk fitur download belum tersedia.

Jika Anda ingin mengambil video secara untuk disimpan ke galeri agar dapat ditonton secara offline, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan sebagai berikut.

  • Pinterest Video Downloader

Pertama bisa menggunakan Pinterest video downloader. Pertama silahkan pilih video untuk diunduh. Lalu, gulir layar ke bawah untuk menemukan tombol share. Setelah itu klik tombol share ini dan pilih copy link.

Setelah mengkopi link dari video yang akan didownload, selanjutnya masuk ke websitenya dan paste untuk melakukan unduhan. Kemudian, ikuti perintah di dalamnya kemudian unduh dan video akan tersimpan ke galeri secara otomatis.

  • Catch.tube

Kedua, Anda bisa menggunakan catch,tube untuk melakukan download video. Sebenarnya aplikasi ini umum digunakan untuk mendownload berbagai video dari YouTube, Facebook dan sebagainya. Caranya hampir sama dengan platform sebelumnya yakni dengan mengkopi link video yang akan didownload.

Baca juga: Kelebihan, Cara Download Lagu di Aplikasi Joox dan Daftar

Pinterest merupakan sebuah platform media sosial untuk berbagi foto dan konten visual lainnya. Meski tidak memiliki interaksi aktif antara pengguna, namun ini dapat Anda jadikan sebagai sarana untuk promosi bisnis. Terlebih dengan hadirnya berbagai fitur baru pinterest menjadikannya semakin menarik.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button