Beralih dari iPhone ke Android, Pemindah Data

Beralih dari iPhone ke Android, pemindah data saat ini menjadi hal mudah karena penggunaan aplikasi transfer data. Meski sama-sama menjadi perangkat populer, namun keduanya memiliki ekosistem dukungan berbeda.

Baca juga : Daftar HP Android Paling Kencang 2023

Kedua perangkat tersebut mempunyai fitur hampir sama, akan tetapi pada sisi antarmuka, pengoperasian hingga tampilannya terpaut cukup jauh sehingga menimbulkan banyak pertanyaan.

Apalagi pada dasarnya, iPhone dan Android tidak memiliki dukungan mengirim data yang bisa menghubungkannya secara langsung. Untungnya, sudah banyak perusahaan teknologi sadar akan hal ini.

Mengenal Apa Itu Perangkat Android

Mengenal Apa Itu Perangkat Android

Android ialah sistem operasi dengan basis kernel Linux sudah banyak digunakan di smartphone dan juga tablet. Perusahaan membuat teknologi tersebut untuk mendukung kinerja perangkat elektronik melalui touch, swipe, dan tap.

Pada sistem operasi untuk beralih dari iPhone ke Android, pemindah data pada perangkat elektronik yang mengelola setiap sumber daya. Misalnya manajemen penyimpanan, antarmuka pengguna, Apk dan sebagainya.

Pembuat serta pengembang perangkat lunak ini bebas untuk mengubah, memakai, dan mendistribusikan produk. Termasuk pengembang aplikasi telah membuat Android, jutaan platform tersedia untuk diunduh dari Google Play Store.

Android sejak awal dikembangkan guna mendukung operasi kamera digital agar terhubung langsung ke jaringan internet. Karena pangsa pasarnya yang tidak terlalu besar, maka perangkat ini kemudian dikembangkan untuk perangkat mobile.

Saat itu adanya Symbian dan Windows Mobile telah menjadi pemeran utamanya. Sejarah perkembangan perangkat tersebut ketika Chris White, Rich Miner, Andy Rubin, dan Nick Sears mendirikan Android, Inc tahun 2003 

Sebuah perusahaan besar California, Palo Alto kemudian diusulkan oleh Google pada 17 Agustus 2005. Beralih dari iPhone ke Android, pemindah data menghilang di bawah Google.

HTC Dream diluncurkan pada 22 Oktober 2008, sebagai ponsel komersial berbasis Android pertama. Dua tahun kemudian, dengan bantuan HTC dikeluarkan smartphone seri Nexus One oleh Google selama pembuatannya.

Hingga akhirnya lahirlah berbagai merek dari berbagai OEM seperti Asus, Samsung, LG dan sebagainya. Selain itu, perangkat tersebut mulai berkembang pesat, menenggelamkan para pesaing.

Perbedaan Antara iPhone dan Android

Banyak orang sering berdebat terkait perbedaan Android dan iPhone, hal ini tidak ada akhirnya karena keduanya memiliki kelebihan tersendiri. Berikut beberapa penjelasan terkait perbedaannya.

  • iPhone Jarang Crash Dibandingkan Android

Menurut sebagian besar pengguna iPhone, aplikasi di HP tersebut sangat jarang macet, crash, dan rusak. Beralih dari iPhone ke Android, pemindah data, meski ini adalah versi terbaru dan aplikasinya juga up to date.

Namun banyak pengguna yang menganggap aplikasi crash adalah hal yang biasa. Ini karena aplikasi macet di Android tidak biasa seperti di iPhone.

  • Tampilan di iPhone Tidak Bisa Diatur Bebas

Jika kalian adalah pengguna Android, tentunya memiliki tampilan yang dipersonalisasi. Dan jika beralih ke iPhone, maka akan merasa sangat berbeda karena iPhone begitu membatasi personalisasi tampilannya.

  • App Store lebih terorganisir daripada Google Play Store

Google Play Store untuk Android telah melakukan peningkatan guna mempermudah navigasi serta membuat perubahan signifikan selama setahun terakhir.

Namun, beralih dari iPhone ke Android, pemindah data dibandingkan dengan App Store milik Apple, ini mungkin lebih unggul. Karena di App Store, pengguna bisa melihat beberapa genre lagu.

Namun manfaat tersebut tidak terlalu jauh, karena Google Play Store sekarang lebih mudah dinavigasi karena navigasi yang sudah ditingkatkan.

  • iPhone Memiliki Lebih Banyak Aplikasi Berbayar

Aplikasi smartphone adalah hal penting dalam penggunaan smartphone agar lebih bermanfaat. Jika kalian membandingkan App Store dengan Google Play Store, maka akan menemukan banyak Apk berbayar di App Store.

Karena pengguna Apple lebih rela menghabiskan uang mereka untuk aplikasi daripada pengguna Google. Namun, iklan yang mengganggu jarang muncul di sebagian besar aplikasi iOS. 

  • Apk Android Lebih Baik daripada iPhone

Beralih dari iPhone ke Android, pemindah data banyak user iPhone merasa performa aplikasi stock HP tersebut kurang. Seperti aplikasi Apple Maps, Safari, dan Mail yang tidak sebagus Google Chrome.

Apk standar yang disediakan Google di cenderung lebih baik dan cukup canggih. Karena itu, banyak user iPhone masih bergantung pada platform Google tersebut di atas dibandingkan dengan ditawarkan oleh Apple.

  • App Store Lebih Baik daripada Google Play Store

Apple umumnya dianggap memiliki standar tinggi dalam hal aplikasi yang dibuat oleh App Store. Karena pengembang platform App Store harus membuat aplikasi memenuhi kriteria kegunaan dan mempunyai karakteristik tertentu.

  • IOS Sulit Transfer File ke Komputer Windows

Jika kalian pengguna Mac, beralih dari iPhone ke Android, pemindah data dari iPhone bukanlah masalah besar. Namun, jika pengguna PC Windows, mentransfer data dari iPhone menjadi urusan yang cukup sulit.

Tidak seperti perangkat ini, pengguna cukup mencolokkan kabel USB di komputer. Jika ingin mentransfer musik, video, atau file media lainnya ke iPhone, maka harus mengunduh dan menginstall iTunes terlebih dahulu.

Beralih dari iPhone ke Android, Pemindah Data Menggunakan Aplikasi

Mengirim beberapa file atau data dari iPhone bisa dipindahkan dengan sangat mudah hanya menggunakan beberapa aplikasi pendukung, berikut diantaranya:

  • Menggunakan Google Drive

Google telah mempermudah transfer data iOS ke perangkat Android dengan meluncurkan aplikasi bernama Google Drive. Google Drive merupakan salah satu cara terbaik guna mengirim data.

Dengan Google Drive, kalian bisa dengan mudah mengalihkan data dari iOS ke Android dalam hitungan menit. Google Drive menawarkan ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis kepada penggunanya.

Beralih dari iPhone ke Android, pemindah data pada mesin pencari juga sangat efektif dan akan memberi hasil ketika mencari di kotak pencarian. Pengguna mudah mengirim dokumen kepada orang lain.

Bisa mengundang orang lain dengan cepat, dan anggota juga bisa mengedit serta melihat file apas aja. Fitur terbaik dari Google Drive adalah keamanan.

Data yang pengguna simpan di dalamnya akan aman dan terlindung dari malware atau virus. Hal ini juga mendukung file umum seperti gambar, teks, arsip, audio, dan video.

Ini mendukung file Adobe seperti Photoshop, PDF, Autodesk AutoCAD, dan banyak lainnya. Mendukung berbagai file Microsoft seperti Word, Excel, PowerPoint dan XML.

  • Menggunakan ShareIt

ShareIt adalah alat transfer file iOS yang sangat bagus. Ini digunakan oleh banyak orang guna beralih dari iPhone ke Android, pemindah data atau mengirim berbagai jenis file.

Ini telah memperoleh popularitas luar biasa hanya karena kecepatan transfernya cukup tinggi. ShareIt mempunyai fitur luar biasa yang membuat Apk tersebut sangat berguna dan serbaguna.

Memiliki banyak fitur unggulan seperti media player. Aplikasi ini menyertakan pemutar media yang tinggi untuk membantu pengguna mengelola serta menikmati lagu favorit kalian.

Offline, pengguna tidak membutuhkan akses internet untuk mengirim data menggunakan aplikasi ShareIt. Mampu mentransfer file dengan kecepatan 20 Mbps yaitu lebih cepat dari bluetooth.

  • Menggunakan Samsung Smart Switch

Samsung Smart Switch juga menjadi salah satu alat untuk beralih dari iPhone ke Android, pemindah data transfer nirkabel terbaik. Ini adalah aplikasi gratis sudah tersedia di Google Play Store.

Pengguna juga bisa mentransfer data dari perangkat iOS lama ke perangkat Android melalui aplikasi tersebut. Cross-Platform fitur khusus yang mampu mengirim data dari berbagai platform seluler.

Terdapat kabel USB memungkinkan kalian untuk dengan mudah mentransfer berbagai jenis file antara dua perangkat. Jenis data yang didukung seperti gambar, kontak, pesan, dokumen, log panggilan, musik, kalender, dan banyak lainnya.

  • Transfer File

Dengan aplikasi Transfer File, beralih dari iPhone ke Android, pemindah data kalian bisa dengan mudah dan cepat dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ini kompatibel dengan banyak sistem.

Bisa melakukan transfer hingga 17 jenis data termasuk foto, pesan, kontak, aplikasi, musik, catatan, video, dan lainnya. Bergerak secara aman tanpa mengatur ulang perangkat atau menghapus data asli. Mendukung 8000 lebih perangkat seluler yang beroperasi pada sistem Android, iOS, dan Windows.

  • DropBox

DropBox ialah layanan penyimpanan cloud. Kalian bisa beralih dari iPhone ke Android, pemindah data atau media penting di DropBox ini dan kemudian mengaksesnya dari mana saja.

Karena itu, DropBox juga dianggap sebagai alat transfer iPhone ke Android. Fitur bagikan, setelah menyimpan file, pengguna bahkan bisa membagikan file media sudah disimpan oleh orang lain.

Kalian juga dapat berbagi file kecil dan besar. Fitur Undang ini juga menawarkan opsi undangan untuk bergabung yang mudah antara anggota tim kalian.

Pada fitur konektivitas ini juga bisa mengintegrasikan akun Dropbox dengan aplikasi lain seperti Gmail. Dropbox mendukung jenis file seperti gambar, video, dokumen, presentasi, audio, teks, tautan, dan arsip.

Baca juga : Cara Menghapus Tanda di Google Maps Pasti Berhasil!

DropBox ini memberikan ruang penyimpanan secara gratis sebesar 2 GB. Beralih dari iPhone ke Android, pemindah data menggunakan aplikasi ini akan mempermudah kalian.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button