Pekerjaan yang dapat Digantikan AI dan Tidak di Masa Depan

Zaman semakin modern dan ada beberapa pekerjaan yang dapat digantikan AI di masa mendatang. Jadi, nantinya pekerjaan tersebut tidak lagi membutuhkan staff atau bantuan manusia untuk menyelesaikan suatu urusan.

Baca juga : Mengenal Mobil Terbang eVTOL X2 Buatan China

Ini akan memberikan dampak, baik positif maupun negatif. Positifnya berupa pekerjaan lebih cepat selesai tanpa harus mengeluarkan biaya untuk gaji karyawan. Sementara negatifnya, akan ada banyak pengangguran karena tidak tersedia lowongan pekerjaan.

Memangnya, apa saja pekerjaan yang akan digantikan oleh kecerdasan buatan atau AI? Simak artikel ini hingga akhir karena kita juga menyajikan penjelasan terkait pekerjaan yang tidak akan digantikan oleh AI

Informasi Sekilas Tentang Apa itu AI?

Informasi Sekilas Tentang Apa itu AI?
Informasi Sekilas Tentang Apa itu AI?

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer luas dan berkaitan dengan pembuatan mesin pintar yang bisa mengerjakan tugas-tugas manusia. Oleh karena itu, ada beberapa pekerjaan yang dapat digantikan AI di masa depan.

Adapun pengertian menurut IBM (International Business Machines Corporation) yang menyatakan bahwa kecerdasan buatan (AI) memanfaatkan komputer dan mesin untuk meniru cara manusia memecahkan masalah hingga membuat keputusan.

Contoh AI mulai dari pengembangan mobil self-driving hingga asisten pintar seperti Siri dan Alexa. AI sendiri sudah menjadi bagian yang terus berkembang di kehidupan sehari-hari. Akibatnya, banyak perusahaan di berbagai bidang mulai berinvestasi dalam teknologi ini.

Pekerjaan yang Dapat Digantikan AI di Masa Depan

Pekerjaan yang Dapat Digantikan AI di Masa Depan
Pekerjaan yang Dapat Digantikan AI di Masa Depan

AI adalah teknologi yang sengaja dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Bagi perusahaan, penggunaan AI untuk menggantikan suatu pekerjaan akan sangat menguntungkan. 

Beberapa di antaranya, seperti biaya yang lebih terjangkau karena tidak perlu membuat anggaran gaji pegawai, hasil kerja lebih bagus, bisa beroperasi tanpa jam kerja, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, berikut kita sajikan daftar pekerjaan yang bisa digantikan AI di masa depan dan jika itu profesi kalian, maka segeralah persiapkan diri untuk mendapatkan skil mumpuni. Berikut adalah daftar yang wajib kalian simak, antara lain:

  • Analis Riset Pasar

Perlu diketahui bahwa seorang analis riset pasar mengambil peran yang sangat penting dalam pengembangan suatu bisnis berupa konten, pesanan, hingga produk. 

Namun, AI dan survei otomatis bisa mengumpulkan informasi tersebut dengan sangat mudah. Misalnya, GrowthBot yang bisa membantu melakukan riset pasar pada suatu bisnis hingga pesaing terdekat hanya dengan perintah Slack sederhana.

  • Korektor

Pekerjaan yang dapat digantikan AI berikutnya adalah seorang korektor. Sudah ada banyak pengembangan aplikasi atau perangkat lunak yang bisa membantu pekerjaan korektor. 

Suatu situs blog bisa menggunakan teknologi tersebut untuk memeriksa kesalahan tata bahasa, mendeteksi plagiarisme, hingga memperbaiki struktur kalimat.

  • Kurir

Pekerjaan kurir sudah bisa digantikan oleh drone atau robot yang akan bekerja lebih cepat dan efisien. 

Pada dunia pengiriman dan logistik adapun beberapa pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh AI, seperti sistem data dan informasi, sorting center, tracking atau pelacakan, dan manajemen rute serta jadwal pengiriman.

  • Penjaga Keamanan

Evolusi teknologi sudah memperkenalkan banyak perubahan besar, termasuk dalam hal keamanan. Mereka dibuat dengan sistem bisa mengenali wajah hingga memberikan peringatan agar suatu wilayah menjadi tetap aman. 

Oleh sebab itu, satpam atau petugas keamanan masuk ke dalam daftar pekerjaan yang dapat digantikan AI.

  • Penjual Periklanan

Sebagian besar iklan sudah beralih dari media cetak dan TV ke lanskap web maupun media sosial. Oleh karena itu, orang tidak perlu lagi mengelola penjualan tersebut untuk marketer yang ingin membeli ruang iklan. 

Ada banyak platform media sosial yang bisa memudahkan orang untuk membeli ruang iklan melalui antarmuka program aplikasi gratis dan itu bisa menghasilkan uang lebih mudah dibandingkan cara konvensional.

  • Petugas Pembukuan

Semakin modern, sudah ada banyak pembukuan yang terjadi secara otomatis. Terdapat beberapa perangkat lunak yang membantu untuk melakukan pekerjaan itu, seperti QuickBooks, FreshBooks, dan Microsoft Office. 

Pastinya penggunaan software tersebut menjadi jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan menggaji seseorang. Oleh karena itu, tidak heran jika ini mempunyai probabilitas atau peluang tinggi sebagai pekerjaan yang dapat digantikan AI.

  • Resepsionis

AI bisa menggantikan banyak tugas yang seringkali dilakukan oleh resepsionis termasuk telepon hingga sistem penjadwalan. Kini juga sudah ada banyak hotel tamunya bisa check in sendiri tanpa bantuan staff.

  • Sales Retail

Ketika mengunjungi mal, dealer mobil, atau toko furniture, kalian mungkin tidak lagi dibantu oleh tenaga penjualan dari awal hingga akhir. Perusahaan mendemokratisasi pengalaman berbelanja menggunakan berbagai macam fitur, misalnya checkout sendiri.

Selain itu, pembeli modern jauh lebih paham internet dan cenderung melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian. 

Jadi, sales retail dengan tugas untuk menjelaskan dan mempromosikan suatu produk menjadi pekerjaan yang dapat digantikan AI di masa mendatang.

  • Sopir

Pada beberapa tahun kemudian kemungkinan ada pengenalan mobil self driving dan kendaraan yang sepenuhnya bisa mengemudikan dirinya sendiri tanpa menggunakan bantuan manusia. Oleh karena itu, sektor transportasi akan segera sepenuhnya otomatis.

  •  Telemarketer

Jika kalian belum tahu, telemarketer adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan teknik pemasaran berupa memberikan informasi atau menawarkan produk dan jasa melalui telepon.

Mereka tidak membutuhkan kecerdasan sosial atau emosional yang tinggi. Tingkat konversi pada penjualan telepon langsung juga biasanya kurang dari 10%, sehingga itu menjadi alasan mengapa pekerjaan ini berpeluang untuk diotomatisasi.

Pekerjaan yang Tidak Dapat Digantikan AI di Masa Depan

Pekerjaan yang Tidak Dapat Digantikan AI di Masa Depan
Pekerjaan yang Tidak Dapat Digantikan AI di Masa Depan

Setelah mengetahui pekerjaan yang dapat digantikan AI di masa depan, kini kalian juga wajib tahu bahwa ada jenis pekerjaan yang aman dari otomatisasi. Pekerjaan di bawah ini akan terus membutuhkan manusia untuk menyelesaikan suatu urusan. Berikut ini adalah daftar yang perlu kalian tahu, antara lain:

  • Editor

Sudah ada banyak tools yang bisa menjalankan pekerjaan ini. Namun, itu hanya bertugas untuk membantu dan tidak bisa menggantikannya secara penuh. Beberapa tools atau AI yang dimaksud bisa melakukan pengoreksian otomatis.

Walaupun demikian, tugas seorang editor adalah untuk meninjau kiriman penulis dalam hal kejelasan, akurasi, kelengkapan, dan orisinalitas. Oleh karena itu, peran editor harus dilakukan manusia agar bisa dipahami oleh manusia juga dalam hal emosional.

  • Desainer Grafis

Kemungkinan AI hanya bisa mengambil pekerjaan kecil yang biasa dilakukan oleh seorang desainer grafis. Ada banyak pihak yang mengatakan bahwa ini menjadi salah satu pekerjaan yang dapat digantikan AI karena ada banyaknya tools desain otomatis.

Padahal pekerjaan sebagai desainer grafis membutuhkan kemampuan bersifat artistik dan teknik yang ideal untuk dilakukan oleh manusia. Hasil pekerjaannya juga harus orisinal dan dibuat sesuai dengan keinginan klien.

  • Ketua Pelaksana

Bidang kepemimpinan bisa dikatakan tidak mungkin diotomisasi karena itu akan cukup sulit untuk mengajarkannya kepada teknologi. Adapun beberapa tugas yang dikerjakan oleh ketua pelaksana, yaitu:

  • Memimpin anggotanya.
  • Melakukan koordinasi dengan setiap anggota.
  • Membuat strategi yang luas.
  • Mewakili misi dan tujuan perusahaan.
  • Memotivasi tim. 
  • Melakukan evaluasi kepanitiaan.
  • Manajer Humas

Seorang manajer humas sangatlah mengandalkan jaringan hubungan dan kontak untuk mendapatkan penempatan pers hingga buzz untuk perusahaan yang mereka wakili. Ini menjadikan peran sebagai manajer humas benar-benar aman dari AI. 

Pekerjaan sebagai manajer humas juga harus meningkatkan kesadaran terkait masalah atau misi yang pasti membutuhkan sentuhan manusia khusus untuk mengumpulkan dana hingga mengajak orang agar berpartisipasi dalam suatu kampanye.

Maka dari itu, manajer humas tidak termasuk ke dalam daftar pekerjaan yang dapat digantikan AI.

  • Manajer Pemasaran

Pekerjaan sebagai manajer pemasaran bertugas untuk menginterpretasikan data, memantau tren, mengawasi kampanye, hingga membuat konten. 

Oleh karenanya, perusahaan membutuhkan orang yang gesit dalam beradaptasi untuk menanggapi perubahan dan umpan balik dari seluruh perusahaan maupun pelanggan. Ini menjadikan AI tidak mungkin bisa menggantikan pekerjaan mereka.

  • Manajer Penjualan

Seorang manajer penjualan bekerja dengan kecerdasan emosional tingkat tinggi untuk bisa mencapai kuota atau target setiap bulan, membangun jaringan, berkolaborasi dengan pelanggan, serta memotivasi atau mendorong tim penjualan yang lebih besar. 

Manajer penjualan juga akan menganalisis data dan menginterpretasikan tren sehingga harus bisa beradaptasi dengan situasi baru. Maka dari itu, mereka aman dari daftar pekerjaan yang dapat digantikan AI di masa depan. 

  • Manajer Sumber Daya Manusia

Departemen Sumber Daya Manusia perusahaan kemungkinan besar akan selalu membutuhkan manusia sebagai pemimpin. Mereka bekerja untuk mengelola konflik antarpribadi dengan bantuan keterampilan non-kognitif dan penalaran. 

  • Penulis

Seorang penulis harus membuat dan menghasilkan tulisan yang asli. AI memang bisa melakukan beberapa hal ini, termasuk memberikan saran judul, petunjuk penulisan, hingga pesan media sosial otomatis.

Walaupun demikian, untuk posting blog, penulisan buku, film, dan drama kemungkinan besar akan selalu ditulis oleh manusia hingga masa mendatang, sehingga tidak akan menjadi pekerjaan yang dapat digantikan AI.

  • Pengembang Perangkat Lunak

Rekayasa dan pengembangan perangkat lunak memang cukup sulit untuk dilakukan oleh manusia. Itu akan menghabiskan banyak waktu dan butuh keterampilan khusus untuk bisa membuat aplikasi, perangkat lunak, dan situs web.

Ini menjadi cukup sulit jika pengembang harus membuat AI atau teknologi sempurna untuk menggantikan pekerjaan mereka.

  •  Perencana Acara

Perencanaan acara menjadi bidang yang akan terus berkembang. Seorang perencana harus berkoordinasi dan bernegosiasi dengan vendor, kontraktor, maupun pekerja lepas untuk mensukseskan suatu acara. 

Jadi, keterampilan organisasi dan orang-orang yang terlibat akan menjadikan peran ini hampir mustahil untuk diotomatisasi.

AI adalah kecerdasan buatan atau teknologi yang dibuat untuk memudahkan suatu pekerjaan. Adapun banyak jenis pekerjaan yang diprediksi akan digantikan oleh AI karena hasil kerja mereka yang lebih canggih, bisa bekerja lama, dan hemat anggaran perusahaan.

Baca juga : Elon Musk Tantang CEO Twitter yang Membuat Rame Jagat Media

Setelah membaca tentang daftar pekerjaan yang dapat digantikan AI maupun yang tidak, kini kalian harus segera mempersiapkannya!

 

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button