Pahami Cara Daftar Nikah Online di KUA yang Benar di Tahun 2023

Untuk daftar nikah online di KUA, ada syarat-syarat yang perlu kalian penuhi terlebih dahulu. Hal ini sebenarnya bukan membuat semuanya lebih ribet, melainkan sebaliknya. Sistem online memudahkan pasangan yang menikah agar lebih efisien dalam hal administratif.

Baca juga : 8 Situs Anime Legal dengan Subtitle Bahasa Indonesia

Kantor Urusan Agama (KUA) sendiri juga telah menyediakan opsi daftar nikah secara online di KUA agar teknis administrasi lebih efektif. Para pengantin juga tidak perlu repot mondar-mandir sana-sini yang bikin boros bensin, tenaga, dan waktu. 

Mengurus pernikahan memang butuh tenaga lebih, dan kesabaran menjadi kunci utama yang patut kalian miliki bersama. Di bawah ini merupakan cara daftarnya.

Seperti Ini Cara Daftar Nikah Online di KUA

Seperti Ini Cara Daftar Nikah Online di KUA
Seperti Ini Cara Daftar Nikah Online di KUA

Layanan yang disediakan oleh Kemenag melalui KUA ini bernama Sistem Informasi Manajemen Menikah atau biasa disingkat Simkah. Laman cukup mudah ditemukan di mesin pencari karena kalian cukup mengetikkan kata kunci “Simkah” saja lalu klik tautan teratas.

Sarana digital semacam ini sebenarnya tidak lantas memudarkan nilai kesakralan menikah, justru memudahkan bagi sang pengantin. Mengurus administrasi pernikahan jadi lebih praktis dan efektif.

Bagi kalian yang ingin daftar nikah online di KUA, berikut ini adalah langkah demi langkah yang mesti kalian lalui. Pastikan kalian tidak melewatkan satu dokumen juga untuk diserahkan karena pernikahan ini berhubungan secara erat mengenai legalitas dalam payung hukum.

  • Buat Surat Rekomendasi Nikah 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan kalian dan pasangan mengantongi Surat Rekomendasi Nikah terlebih dahulu. Surat ini bisa kalian dapat dengan datang langsung ke KUA terdekat.

Nantinya, pada surat tersebut sudah terdapat nomor khusus yang wajib kalian catat. Hal ini karena nomor tersebut akan berguna buat kalian dan pasangan dalam input registrasi di laman Simkah kemudian.

  • Daftar Simkah

Sudah jelas bahwa untuk daftar nikah online di KUA, calon mempelai harus mendaftar dulu di laman Simkah. Di sana, kalian harus membuat akun pakai email yang masih aktif. Email ini tidak bisa diisi alamat surel sembarangan karena akan berisi kode OTP yang harus diverifikasi.

Setelah kalian berhasil memasukkan kode OTP tersebut, barulah akun Simkah kalian resmi jadi. Lalu, bagaimana selanjutnya ketika akun Simkah kita sudah jadi? 

Langkah selanjutnya, silakan lakukan registrasi pada laman Simkah. Di sana ada menu “Daftar Nikah” dan kalian hanya perlu menginputkan nomor daftar nikah yang ada pada Surat Rekomendasi yang kalian dapat dari KUA sebelumnya.

Berikutnya, kalian harus menentukan kapan dan di mana pernikahan akan dilaksanakan. Untuk tempatnya, ini lebih kepada alamat berlangsungnya akad. Bisa di KUA, gedung sewa, ataupun di kampung halaman sendiri.

Jangan lupa juga untuk menginputkan data diri kalian dan pasangan. Ini bukan saja identitas pribadi, melainkan juga orang tua maupun wali nikah yang akan menjadi saksi nikah pada hari H kemudian. Setelahnya, kalian perlu mengunggah dokumen-dokumen yang harus sudah kalian lengkapi sebelumnya. Untuk lebih detail mengenai dokumen apa saja yang diperlukan, akan dibahas lebih lanjut nanti.

Setelah memastikan semua dokumen yang diperlukan telah terunggah, sekarang masukkan nomor kontak kalian. Bisa nomor telepon maupun nomor WA, tapi pastikan nomor tersebut masih aktif.

Sesudahnya, kalian perlu mengunggah fotomu dan foto pasanganmu. Pastikan menggunakan format foto yang formal dan sesuai aturan. Jika sudah, sekarang kalian hanya perlu mencetak bukti pendaftaran pernikahan saja.

Dokumen Wajib dalam Administrasi Nikah

Dokumen Wajib dalam Administrasi Nikah
Dokumen Wajib dalam Administrasi Nikah

Sekarang, kita akan membahas dokumen daftar nikah online di KUA apa saja yang kalian perlukan agar kalian bisa melangsungkan pernikahan. Dokumen-dokumen ini nantinya akan kalian unggah pada laman Simkah, jadi pastikan tidak ada dokumen yang terlewatkan satupun.

  • Surat-Surat

Setidaknya, ada enam jenis surat yang mesti ada dalam dokumen administrasi pernikahan. Surat rekomendasi dari KUA yang sudah dipaparkan di atas sebetulnya juga bisa didapat lantaran adanya Surat Pengantar Nikah dari Kelurahan.

Selain itu, kalian juga perlu surat persetujuan mempelai dan surat izin orang tua apabila kalian masih berumur kurang dari 21 tahun. Surat terakhir tidak wajib apabila kalian sudah berumur lebih dari 21 tahun.

Penting juga untuk melampirkan surat akta cerai ketika daftar nikah online di KUA jika ini bukan merupakan pernikahan pertama kalian dalam hidup. Selain itu, perlu juga menyertakan surat akta kematian apabila pernikahan sebelumnya berakhir lantaran pasangan sah meninggal dunia.

Khusus anggota militer, baik TNI maupun POLRI, perlu menyertakan surat izin komandan. Hal ini agar saat pernikahan berlangsung, kalian tidak mengambil hari bertugas, melainkan hari cuti melangsungkan pernikahan.

  • Fotokopi Dokumen dan Pas Foto

Selain surat-surat penting, kalian juga perlu membawa salinan dari beberapa dokumen. Dokumen-dokumen yang perlu kalian fotokopi untuk daftar nikah online di KUA, yaitu KTP, KK, dan Akta Kelahiran.

Tidak hanya salinan berkas penting, pasfoto juga diperlukan. Kalian dan pasangan masing-masing wajib menyertakan pas foto sebanyak 7 lembar. Dua lembar pasfoto sebesar 4×6 dan 5 lembar pasfoto kecil berukuran 2×3, wajib kalian kantongi.

  • Dokumen Perizinan Khusus

Apabila kalian, pasangan kalian, ataupun kedua-duanya masih berumur kurang dari 19 tahun, maka perlu izin (dispensasi) yang didapat dari Pengadilan Agama. Izin serupa juga perlu kalian kantongi jika pernikahan kalian tergolong bagian dari praktik poligami.

Jika kalian menikah dengan warga negara asing (WNA) maka butuh surat yang berisi perizinan dari Kedubes negara asal pasangan kalian berasal. Hal ini penting agar secara administrasi pernikahan kalian bisa tercatat di kedua belah pihak catatan sipil negara.

Keuntungan Daftar Nikah Online di KUA

Keuntungan Daftar Nikah Online di KUA
Keuntungan Daftar Nikah Online di KUA

Ada beberapa keuntungan yang akan kalian peroleh jika daftar nikah secara online di KUA. Baik secara administratif maupun bukan, pada praktiknya, sistem online ini memang memiliki banyak kelebihan yang meringankan para calon pengantin.

  • Fleksibilitas Teknis

Teknis administratif online ini membuat para pasangan tidak perlu harus mencocokkan tanggal yang pas untuk mengurus registrasi berkas-berkas pernikahan mereka. Daftar nikah online di KUA memudahkan pasangan melengkapi berkas dokumen secara lebih fleksibel.

Kalian tidak perlu sampai harus mengambil cuti izin kerja untuk mengurus berkas pernikahan. Kalian dan pasangan bisa melakukannya sambil menikmati akhir pekan yang santai tanpa perlu merasa diburu waktu.

  • Praktis dan Efisien

Kalau dulu pasangan yang menikah harus bolak-balik kantor KUA untuk melengkapi berkas-berkasnya, sekarang keribetan semacam itu bisa diminimalisir. Dengan adanya layanan daftar nikah online di KUA, pasangan bisa menyiapkan berkas administrasi dari mana saja.

Tidak perlu terburu-buru mengejar jam buka kantor KUA hanya untuk melengkapi dokumen-dokumen pernikahan. Kalian bisa buat janji dengan pasangan kalian untuk menentukan hari melengkapi ataupun mengurus dokumen online ini bersama-sama.

Kalau ternyata kantor KUA terdekat juga cukup jauh dari rumah, layanan daftar nikah online di kantor KUA ini juga akan membuat kalian lebih irit. Baik dari segi mobilitas transportasi, waktu, maupun tenaga yang dihabiskan akan lebih efisien.

  • Persiapan Jadi Lebih Matang

Oleh karena teknis mengurus dokumen daftar nikah online di KUA bisa dilakukan secara lebih fleksibel, kalian bisa lebih matang dalam mempersiapkan pelangsungan acara pernikahan. Perbincangan mengenai resepsi dan detail-detail lainnya jadi lebih memiliki waktu pembahasan karena urusan administratif yang longgar.

Waktu kalian tidak akan habis untuk bolak-balik mengurus dokumen administratif. Lebih lanjut, kalian akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama untuk mengurus hal-hal teknis lainnya seputar pesta pernikahan.

Menikah adalah suatu hal yang mulia maka dari itu, tidak pantas apabila urusan yang baik ini dibuat rumit. Apalagi jika itu hanya soal urusan administrasi. Sudah seharusnya layanan daftar nikah online di KUA ini dioptimalkan karena benar-benar dapat membantu pasangan lebih fleksibel dalam mengurus berkas-berkas pernikahan.

Lebih-lebih lagi, jika melihat daftar berkas yang harus disertakan pada pembahasan sebelumnya, itu bisa diurus tuntas dalam waktu singkat. Jika niat, sehari mungkin sudah beres. Sisanya, kalian dan pasangan bisa fokus merancang hari pernikahan kalian berdua.

Baca juga : Cek Kartu Keluarga secara Online di Tahun 2023 Cepat dan Tidak Antre

Lebih dari itu, akan ada banyak waktu bagi pasangan untuk menyiapkan segala tetek bengek lainnya yang lebih krusial untuk hari penting mereka. Setiap orang ingin pernikahan mereka bisa abadi dan itu barangkali bisa bermula dari langkah sederhana seperti daftar nikah online di KUA yang efektif.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button