Begini Cara Mengetahui Daftar IMEI HP dan Beberapa Fungsinya

Daftar IMEI HP diperlukan bagi pemerintah dalam menghindari black market atau smartphone ilegal yang masuk ke Indonesia. Harus diakui, ponsel luar negeri memang disukai berbagai masyarakat karena, harganya rendah.

Baca juga: Beberapa Syarat Daftar IMEI Kemenperin Penting Diketahui

IMEI sendiri juga sangat penting untuk melindungi konsumen. Saat mereka membeli sesuatu, ternyata ponsel tersebut belum terdaftar. Kalian bisa mengembalikannya, jangan sampai diterima begitu saja, sangat berbahaya.

Bisa jadi, body dan penampilan luar tampak mengesankan tetapi, kalau sudah dibedah dalamnya begitu buruk, tidak mau terjadi seperti ini bukan? Maka dari itu, jangan lupa membeli yang sudah terdaftar.

Pengertian Apa Itu IMEI HP?

Begini Cara Mengetahui Daftar IMEI HP dan Beberapa Fungsinya_Pengertian Apa Itu IMEI HP?
Begini Cara Mengetahui Daftar IMEI HP dan Beberapa Fungsinya_Pengertian Apa Itu IMEI HP?

Agar kalian lebih paham mengenai program pemerintah ini, maka kita akan membahas lebih jauh tentang pengertiannya dulu seperti apa. Kepanjangannya adalah Internasional Mobile Equipment Identity, atau nomor identitas khusus.

Nomor tersebut nantinya akan dikeluarkan oleh asosiasi GSM bagi setiap kartu slot yang akan dikeluarkan. Dengan angka yang tertera dalam smartphone tersebut, mampu meminimalisir hadirnya produk ilegal.

Perlu diketahui bahwa, produk yang tidak daftar IMEI HP maka secara otomatis akan terblokir. Hal tersebut sudah dimulai Pemerintah sejak 18 April tahun 2020, bagaimana kalau beli di luar negeri?

Tenang saja, kalian masih bisa membelinya hanya saja, setelah sampai di Indonesia harap langsung didaftarkan. Kondisi tersebut menghindari ponsel terblokir secara otomatis oleh Pemerintah, lalu bagaimana caranya?

Fungsi dari International Mobile Equipment Identity

Sebelum kalian mengetahui caranya daftar IMEI HP mari, kita bahas dulu apa saja fungsi dari pemberian nomor identitas tersebut, apakah hanya menghindari adanya ponsel ilegal masuk ke Indonesia saja?

Rasanya tidak, Pemerintah memberikan beberapa bocoran penting mengapa pemberian nomor tersebut wajib dilakukan. Coba simak penjelasannya di bawah ini, 

  • Cek Garansi

Jika kalian merasakan, saat ini membeli smartphone pasti banyak yang dikurangi. Bukan hanya kepala charger saja, tetapi kertas garansi. Beberapa sudah mulai menghilangkannya, walau masih ada yang mempertahankan.

Mungkin, akan ada pertanyaan lalu bagaimana caranya cek garansi kalau kertas tersebut tidak disediakan oleh pihak pabrikan? Tenang saja, tidak perlu panik karena, semua itu bisa di cek.

Kalian hanya perlu mengingat daftar IMEI HP saja, secara otomatis akan dicocokan dengan database yang tercatat. Dari sini, pabrikan menjadi tahu apakah ponsel tersebut baru, bekas, atau masih proses garansi.

Perlu diketahui pula dalam nomor tersebut sudah mencakup segalanya. Mulai dari kerangka, bagaimana kondisinya, hingga masa pembelian atau saat ponsel itu keluar dari pabrikan, semua dapat terlihat jelas.

  • Melacak Ponsel Hilang

Daftar IMEI HP juga mempunyai peran besar andai saja, smartphone kalian hilang. Cukup dengan urutan angka yang sudah tertulis tersebut, maka kita dapat melihat di mana sebenarnya posisinya.

Hanya saja, untuk melakukan pengecekan itu setiap penggunanya harus datang ke provider sim. Selanjutnya, minta tolong kepada mereka melihat di mana posisi ponsel saat ini berada, sedikit rumit tetapi aman.

Bila memang kondisinya sulit untuk di cek, bisanya pihak provider akan langsung memblokir nomor tersebut. Kalian bisa membukanya kembali kalau sudah punya smartphone baru, cukup mudah bukan?

Cara Mudah Cek IMEI Ponsel

Begini Cara Mengetahui Daftar IMEI HP dan Beberapa Fungsinya_Cara Mudah Cek IMEI Ponsel
Begini Cara Mengetahui Daftar IMEI HP dan Beberapa Fungsinya_Cara Mudah Cek IMEI Ponsel

Setelah mengetahui fungsinya, saatnya kalian tahu bagaimana cara cek. Hanya saja satu catatan penting yang perlu diketahui adalah, untuk cek dibedakan jadi dua, yaitu iPhone dan Android.

Karena terjadi perbedaan maka, perhatikan dengan benar bagaimana caranya cek nomor identitas ini. Berikut, beberapa langkah mengetahuinya,

  • iPhone

Cara melihat daftar IMEI HP untuk semua iPhone sangat mudah, seperti membuka setting atau pengaturan terlebih dulu. Berikutnya bisa memilih umum, lalu klik tentang, cari nomor seri dari ponsel tersebut.

Biasanya terletak di bagian bawah, jumlahnya ada 15 angka. Untuk memudahkan cek, bisa melakukan copy paste saja. Setelah itu, akan terlihat berapa jajaran nomor yang terlihat disana.

Bukan hanya dengan aplikasi saja, kalian juga bisa melihatnya pada sim tray ejectornya. Di sanalah mereka menyembunyikannya, jadi kalau beli HP second. Coba cek dulu bagian tersebut untuk mengetahui nomornya.

Langkah terakhir, penggunanya bisa juga menggunakan dial telepon di nomor, *#06#. Jangan lupa untuk klik panggilan. Tunggu saja beberapa menit maka, dalam kurun waktu beberapa detik langsung keluar nomornya.

  • Android

Cara melihat daftar IMEI HP berikutnya adalah bagi para pengguna Android. Di mana kalian bisa membuka dulu ke bagian settings, About phone, lihat status, IMEI information. 

Bila ada dua slot maka lihat semuanya saja, agar tidak salah sama sekali. Perlu diketahui bahwa ponsel Android ini memiliki angka yang cukup panjang di bagian belakang, tinggal cek saja.

Bagaimana cukup mudah bukan? Bagi kalian yang beli smartphone second harap diperhatikan dengan benar. Agar tidak tertipu nantinya, bila perlu saat membeli langsung cek terlebih dulu jangan menunggu.

Syarat Untuk Daftar IMEI HP

Jika, ingin mendaftarkan ponsel ke kemenperin agar tidak dimatikan. Maka, kalian harus tahu dulu apa saja syarat pendaftaran tersebut. Hal ini sesuai dengan Peraturan menteri Keuangan No.203. Jadi, beberapa hal yang perlu diketahui adalah sebagai berikut,

  1. Ponsel yang boleh dibeli dari luar negeri dibatasi, maksimal hanya diperbolehkan adalah dua.
  2. Untuk harganya sendiri tidak boleh lebih dari 500 Dollar, atau setara dengan 7,3 juta. Baik itu berupa hand carry atau melakukan pengambilan sendiri.
  3. Jika pengguna ketahuan membawa lebih dari ketentuan di atas, maka kalian hanya diperbolehkan membawa 2 unit saja.
  4. Bila kelebihan diwajibkan membayar PPN 10% dan PPH 7,5 dari harga yang tercantum,
  5. Jika yang masuk ke Indonesia melalui jasa pengiriman barang, maka mereka yang berhak memberikan nomor tersebut dengan melakukan registrasi sendiri.
  6. Jika wisatawan asing menggunakan kartunya sendiri maka tidak perlu mendaftar IMEI. Bila pakai nomor sini jangan lupa pergi ke perusahaan oto seluler.

Cara Mendaftarkan Nomor Identitas Ponsel

Begini Cara Mengetahui Daftar IMEI HP dan Beberapa Fungsinya_Cara Mendaftarkan Nomor Identitas Ponsel
Begini Cara Mengetahui Daftar IMEI HP dan Beberapa Fungsinya_Cara Mendaftarkan Nomor Identitas Ponsel

Ketika sudah mengetahui bagaimana saja syaratnya sekarang langsung masuk saja, ke cara mendaftarkan ponsel kalian. Untuk prosesnya sendiri ada dua, bisa memakai website atau mobile aplikasi.

Keduanya begitu mudah, tidak perlu pusing. Cukup pelajari beberapa menit saja kalian sudah bisa melakukan pengecekan sendiri. Coba perhatikan, beberapa poin di bawah ini agar setelah membacanya langsung bisa.

  • Web Bea Cukai

Begini caranya daftar IMEI HP sebagai berikut

  1. Buka situs website Bea Cukai
  2. Isi data diri dan list daftar barang 
  3. Upload surat karantina jika ada
  4. Isi kode pada captcha
  5. Klik kirim
  6. Tunggu ID registrasi serta QR Code muncul

Lalu, kalian bisa datang ke kantor bea cukai untuk melakukan scanning QR Code tersebut. Nantinya, pejabat akan memeriksa dokumen sekaligus memberikan nilai. Bila layak maka menunggu penerbitannya.

  • Mobile Aplikasi

Daftar IMEI HP juga bisa melalui handphone, begini caranya

  1. Download aplikasi bea cukai mobile
  2. Buka apk
  3. Klik pada bagian IMEI
  4. Isi data diri serta penerbangan
  5. Isi detail benar meliputi, nomor serta merek
  6. Tekan tombol complete
  7. Tunggu QR Code dan nomor registrasi keluar lalu ke kantor bea cukai.

Pertanyaan Umum yang Sering Terdengar

Perlu diketahui bahwa dalam daftar IMEI HP ini kalian tidak perlu membayar uang alias gratis. Tetapi, saat melakukan pembelian luar negeri wajib memenuhi pembayaran penuh. 

Apakah bisa membuka blokir? Harus diakui ada beberapa ponsel memang sengaja dilakukan pemblokiran karena, untuk membukanya cukup mudah, tinggal datang saja ke kantor bea cukai, mengisi formulir.

Setelah semua lengkap, kalian bisa melakukan proses registrasi. Beberapa hari kemudian, ponsel tersebut tidak akan terblokir lagi. Selanjutnya, mungkin ada pertanyaan apakah nomornya dapat diganti? Jawabannya adalah tidak.

Sekali sudah tercetak, maka daftar IMEI HP tersebut akan terus dipakai, mama disimpan yang benar nomornya jangan sampai hilang. Terakhir, ketika semua proses selesai, ternyata di database kementrian tidak ada.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Jadi, saat kalian membeli ponsel usahakan yang gerai utama dan resmi. Jangan hanya melihatnya dari harga murah saja. Tetapi, secara menyeluruh agar dapat digunakan.

Baca juga: Cara Daftar IMEI Iphone dan Beberapa Syarat yang Harus Dipenuhi

Lakukan pendaftaran walau ada beberapa poin yang cukup rumit. Tetapi, semua pengalaman ini bisa suatu saat nanti, sebagai salah satu upaya dalam mendukung program Kemenperin menghindari produk ilegal.

Harus diakui, mengurus nomor seperti ini memang cukup rumit. Tetapi, mengingat betapa pentingnya langkah tersebut. Maka, kita berharap kalian dapat membeli produk sesuai dalam daftar IMEI HP

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button