Cara Update IOS dan Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

Cara update IOS sekarang banyak dicari. Pencarian terkait hal ini bisa dikatakan sebagai hal wajar mengingat pembaruan ios sendiri merupakan hal yang sangat berguna. Jika dilihat secara keseluruhan, IOS memiliki kemiripan dengan android.

Baca juga: Teknologi Digital: Definisi, Perbedaan, dan Keunggulan serta Kekurangannya

Kemiripan tersebut terletak pada update yang dilakukan. Pada android, update yang dilakukan akan berefek besar terhadap penggunaan. itu karena nantinya aplikasi-aplikasi juga akan melakukan update mengikuti pembaruan IOS.

Apabila IOS yang dipakai masih versi lama, menggunakan aplikasi terbaru pasti terasa tidak nyaman. Normalnya kondisi semacam ini akan menyebabkan lag atau beberapa kondisi tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk melakukan update IOS.

Jika melihat di Indonesia, jumlah pengguna IOS memang tidak banyak. Jumlah tersebut akan kalah jauh jika dibandingkan dengan pengguna android. Ada banyak alasan yang membuat pengguna android ini lebih banyak. Salah satu alasan utama terletak pada harga.

Jika dilihat secara keseluruhan, harga android memang jauh lebih murah. Terlebih lagi sekarang ada banyak brand baru yang bermunculan. Dengan minimnya pengguna IOS, informasi terkait hal ini sulit didapat.

Hal tersebut menjadi alasan utama mengapa update jarang diketahui. Bahkan ketidaktahuan ini tidak hanya dirasakan oleh pengguna baru. Ada banyak juga pengguna lama yang tidak mengetahui cara pembaruan ini.

Cara Update IOS Secara Langsung

Cara Update IOS dan Beberapa Hal yang Perlu Diketahui_Cara Update IOS Secara Langsung
Cara Update IOS dan Beberapa Hal yang Perlu Diketahui_Cara Update IOS Secara Langsung

Jika Anda belum mengetahui cara melakukan update, ini adalah tempat yang tepat. Sekarang ulasan mengenai cara melakukan pembaruan IOS akan dilakukan. Cara ini sendiri memang dikatakan cukup sederhana.

Itu karena cara tersebut bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan ahli. Oleh karena itu, berikut langsung saja setiap tahapannya secara detail.

  • Backup

Tahapan pertama ketika update IOS berhubungan dengan backup. Pastikan sudah melakukan backup data terlebih dahulu. Itu karena, update akan membuat semua data yang ada pada ponsel hilang.

Apabila proses backup tidak dilakukan, ini membuat data penting tidak bisa diakses lagi. Dengan melakukan backup terlebih dahulu, masalah tersebut bisa diatasi. Melakukan backup sendiri tidak membutuhkan aplikasi khusus.

Itu karena setiap iPhone sudah memiliki fitur ini. Cukup masuk ke pengaturan iCloud lalu klik backup now dan tunggu hingga prosesnya selesai.

  • Pengaturan

Jika backup sudah dilakukan, masuklah ke tahap selanjutnya dalam cara update ios. Tahap selanjutnya adalah masuk ke pengaturan. Untuk masuk ke pengaturan, seseorang bisa langsung melakukan klik ikon roda gerigi di layar utama.

Jika ponsel menggunakan bahasa inggris, fitur pengaturan pasti tidak tersedia. Nantinya pengaturan tersebut akan berubah tulisannya menjadi “setting”. Tetapi ikonnya tetap sama berupa roda gerigi berwarna abu-abu.

  • General

Saat masuk ke pengaturan, ada beberapa pilihan yang tersedia di layar. Pilihan tersebut mulai dari display, wallpaper, hingga sounds. Disini Anda harus memilih fitur general.

Proses scroll sendiri tidak perlu dilakukan. Normalnya fitur general tersebut terletak pada posisi paling atas. Jika tidak ada, carilah sedikit ke bawah.

  • Software Update

Sama seperti sebelumnya, masuk ke fitur general membuat Anda memiliki banyak pilihan. Disini pilihlah software update yang berada di daerah atas.

Dalam cara update ios, menemukan software update sendiri tidak sulit. Itu karena letak bagian ini biasanya berada di dekat about. Langsung saja tap pada pilihan software update tersebut.

  • Install

Jika sudah masuk ke software update, Anda bisa langsung melakukan install. Dalam proses install atau pemasangan, tidak ada trik khusus yang perlu dilakukan. Anda hanya perlu melakukan tap pada fitur install now yang tersedia disana.

Tetapi lihat dulu apakah software terbarunya sudah terunduh atau tidak. Jika belum terunduh, tulisannya akan berubah menjadi download dan install. Langsung saja klik tulisan tersebut dan proses pengunduhan akan otomatis dilakukan.

  • Sandi

Tahap terakhir dalam cara update ios adalah memasukkan sandi. Sandi ini penting untuk melakukan konfirmasi bahwa proses update memang dilakukan oleh Anda.

Langsung saja masukkan sandi tersebut dan proses update akan otomatis dilakukan. Disini Anda tinggal menunggu hingga proses update selesai. Jika sudah selesai, IOS otomatis akan terupdate.

Cara Melakukan Update Via iTunes

Cara Update IOS dan Beberapa Hal yang Perlu Diketahui_Cara Melakukan Update Via iTunes
Cara Update IOS dan Beberapa Hal yang Perlu Diketahui_Cara Melakukan Update Via iTunes

Perlu diketahui, melakukan update IOS tidak hanya dilakukan melalui perangkat. Jika ingin mencoba cara lain, pakai saja iTunes. Itu karena iphone juga memungkinkan update ponsel memakai iTunes.

Jika dilihat secara keseluruhan, proses updatenya sendiri tidak sulit. Sama seperti update langsung di perangkat, pembaruan memakai iTunes bisa dilakukan sendiri. Untuk lebih jelas, berikut tahapan yang perlu dilalui.

  • Sambungkan Perangkat

Tahapan pertama untuk melakukan update IOS via iTunes adalah dengan menyambungkan perangkat. Perlu diingat kalau Anda harus memperhatikan komputer yang akan digunakan. Jangan sampai komputer tersebut memiliki banyak virus.

Jika ini tidak diperhatikan, besar kemungkinan virus tersebut akan masuk ke ponsel dan menyebabkan performanya menurun. Oleh sebab itu, pastikan keamanannya terlebih dahulu sebelum menyambungkan perangkat.

Apabila sudah dipastikan aman, langsung saja sambungkan dan lihat pemberitahuan yang muncul di ponsel. Nantinya pemberitahuan ini muncul untuk memastikan keamanan. Langsung saja klik “trust” pada pembaruan yang muncul tersebut.

  • Buka iTunes

Ketika ponsel disambungkan, aplikasi iTunes di komputer akan terbuka secara otomatis. Tetapi dalam beberapa kasus saat update ios, sering kali aplikasi tersebut tidak terbuka secara otomatis.

Jika ini terjadi, Anda tidak perlu takut. Langsung saja buka aplikasi iTunes di komputer secara manual. Tunggu sejenak hingga aplikasi tersebut terbuka seluruhnya.

  • Klik Ikon

Saat iTunes terbuka, akan muncul beberapa pilihan yang ada di jendela utama. Pilihan tersebut bervariasi mulai dari file, edit, view, hingga library. Disini coba lihat ikon ponsel yang ada di bagian atas jendela utama.

Jika sudah terlihat, langsung saja klik ikon tersebut. Ada beberapa kasus dimana ikon tersebut tidak muncul. Jika ini terjadi, tunggu saja beberapa saat karena membutuhkan waktu hingga ikon tersebut bisa diakses.

  • Back Up

Tahap selanjutnya dalam update ios adalah melakukan back up. Saat ikon ponsel di klik, akan muncul pilihan back up now di jendela utama. Langsung saja klik pilihan tersebut dan tunggu hingga prosesnya selesai. Normalnya proses back up sendiri memakan waktu 1 – 2 menit.

Perlu diketahui, beberapa orang langsung melakukan update tanpa melalui proses back up. Sebenarnya cara itu bisa saja dilakukan. Hanya saja keamanan data tidak terjaga karena proses update akan otomatis menghapus data. 

Dengan melakukan backup, data menjadi aman karena nantinya bisa dikembalikan. Mengembalikannya sendiri bisa dilakukan dengan melakukan tap pada fitur restore yang ada di jendela tersebut.

  • Cek Update

Tahapan selanjutnya adalah melakukan cek update IOS. Untuk melakukan cek update, Anda bisa langsung masuk ke fitur summary. Nantinya fitur tersebut akan otomatis muncul setelah perangkat IOS dipilih. Jika sudah ada, langsung saja klik fitur cek update tersebut.

Perlu diketahui, terdapat kondisi dimana pembaruan bisa dilakukan secara otomatis ketika ponsel baru dihubungkan dengan komputer. Jika ada pemberitahuan semacam ini, langsung saja keluar dan ikuti tahap yang dijelaskan di atas.

Sebenarnya menggunakan teknik tersebut bisa saja dilakukan. Tetapi daripada kebingungan, akan lebih baik jika memutuskan untuk keluar dari pemberitahuan tersebut. 

  • Update

Jika pengecekan sudah selesai, akan diperlihatkan proses update yang tersedia. Disini Anda bisa langsung melakukan klik download dan update. Nantinya proses download akan dilakukan terlebih dahulu. pada prosed download ini, memori ponsel tidak akan terpengaruh.

Itu karena proses download tersebut akan dilakukan di komputer sehingga penyimpanan komputer lah yang akan terpengaruh. Dalam proses download dan update, waktu yang dibutuhkan sendiri cukup lama.

Oleh karena itu, Anda bisa menunggu dengan sabar sambil memantau progres yang sudah terjadi. Perlu diketahui, ada beberapa kondisi dimana cek update dilakukan tetapi fitur download tidak tersedia. Jika ini terjadi, itu membuktikan kalau IOS yang dipakai adalah versi terbaru.

  • Atur Perangkat

Jika prosesnya sudah selesai, Anda tinggal mengatur ulang perangkat. Pengaturannya sendiri bisa dilakukan seperti membeli iPhone baru. Anda harus memasukkan ID Apple yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa melihat update terbaru yang didapat.

Baca juga: Cara Mudah Bayar Pajak Digital Melalui DJP Online

Berhati-hatilah ketika melakukan update. Pastikan perangkat yang dimiliki memang sesuai dengan update tersebut dan data yang dimiliki sudah aman. Jangan sampai berakhir dengan penyesalan karena tidak teliti saat update IOS.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button