Cara Mengoptimalkan Google Maps Untuk Travelling

Terdapat beberapa cara mengoptimalkan google maps untuk travelling. Khusus kalian yang akan melakukan travelling, wajib untuk memperhatikan beberapa cara tersebut, agar bisa lebih mengoptimalkan maps dengan baik. 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Jadi Anime Khusus Untuk Pemula

Google maps merupakan sebuah peta online yang biasa kita gunakan untuk menentukan arah tujuan. Fungsi utamanya adalah sebagai penunjuk jalan, namun ada berbagai fitur tambahan yang bisa kalian gunakan untuk lebih mempermudah agar mendapatkan arah tujuan. 

Cara mengoptimalkan google maps untuk travelling dapat dilakukan dengan mudah. Apalagi navigator yang satu ini memiliki pembaharuan yang sangat cepat, yaitu setiap dua minggu sekali. Jadi kalian tidak perlu takut untuk tersasar jika kehilangan arah. 

Maps ini merupakan aplikasi bawaan yang umumnya sudah ada pada handphone android. Jadi, tidak perlu di download lagi. Namun, jika di handphone kalian belum mempunyai aplikasi tersebut, lebih baik segera download, agar bisa menentukan jalan travelling tanpa tersesat. 

Mengingat, google maps mempunyai banyak manfaat, selain cara mengoptimalkan google maps untuk travelling, kita juga akan memberikan informasi mengenai berbagai fitur yang tersedia, tips dan trik penggunaannya serta hal apa saja yang wajib diperhatikan sebelum pergi travelling. 

Perlu diingat kembali, maps bukan hanya menunjukkan arah, tapi juga kalian akan mengetahui jarak tempuh bahkan jalur alternatif yang bisa ditempuh dengan lebih cepat agar tidak terlalu lama berada di jalan. 

Berbagai cara dan fitur harus dipergunakan dengan maksimal, agar bisa sampai ke tujuan dengan cepat, tanpa kendala tempat penginapan atau restaurant tempat makan bersama. Jangan sampai keliru dalam menggunakan. Hal tersebut berguna agar menghindari error.

Cara Mengoptimalkan Google Maps Untuk Travelling

Cara Mengoptimalkan Google Maps Untuk Travelling_Cara Mengoptimalkan Google Maps Untuk Travelling
Cara Mengoptimalkan Google Maps Untuk Travelling_Cara Mengoptimalkan Google Maps Untuk Travelling

Cara-cara dibawah ini akan sangat membantu kalian yang ingin travelling menggunakan bantuan maps. Pertama, bisa menyimpan maps secara offline. Caranya sangat mudah, tentukan terlebih dahulu tujuannya beserta rute yang akan dilalui. 

Perlu diketahui, ketika mengunduh peta secara offline, maka data lalu lintas secara langsung atau rute alternatif tidak akan dapat berfungsi. Sebab hal tersebut membutuhkan koneksi internet yang baik. Namun, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi kalian. 

Apalagi yang ingin berpergian ke desa atau pegunungan, yang dimana kita ketahui bahwa signal disana tidak selalu mendukung agar bisa membuka google maps. Tidak perlu khawatir, karena navigasi belokan tetap akan berfungsi jika mengunduh peta secara offline. 

Kedua, hal yang bisa kalian lakukan untuk cara mengoptimalkan google maps untuk travelling adalah membagikan lokasi real time. Kalian dapat membagikan lokasi tujuan kepada orang-orang terdekat dalam waktu 15 menit sampai dengan 1 hari. 

Tujuannya adalah agar teman-teman atau saudara juga bisa datang ke tempat yang sama tanpa adanya hambatan. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagikan lokasi real time pada saat kalian sedang mendapatkan koneksi internet yang stabil, agar share location tersebut bisa benar-benar terkirim. 

Jika menggunakan cara mengoptimalkan google maps untuk travelling secara online, maka kalian dapat melihat serta mengetahui situasi lalu lintas dan menghindarinya. Pilihlah jalan yang lebih memungkinkan jarak yang ditempuh agar tidak terjebak macet untuk waktu yang lama. 

Hal tersebut sangat perlu untuk diperhatikan, agar waktu tidak dihabiskan hanya untuk perjalanan panjang. Kalian juga dapat menggunakan suara untuk navigasi arah, hal ini akan sangat mempermudah.

Fakta Menarik Mengenai Google Maps

Bukan hanya mempelajari cara mengoptimalkan google maps untuk travelling, tapi kita juga akan mengetahui beberapa fakta menarik mengenai maps secara singkat, sehingga mudah untuk dimengerti. 

Menurut data yang ada, hampir lebih dari 250 juta mil ditempuh dalam waktu setiap harinya bersama google maps. Hal tersebut setara dengan lebih dari dua setengah kali jarak dari bumi ke matahari. Hal ini mengungkapkan betapa bergunanya menggunakan maps. 

Fakta selanjutnya adalah google sudah memetakan dunia di lebih dari 200 negara pilihan serta berbagai wilayahnya termasuk Korea Utara. Jadi, kalian tidak akan tersesat jika berada di belahan bumi manapun, karena maps akan membantu menentukan arah. 

Google maps merupakan aplikasi bawaan saat ini, namun perlu diketahui apk ini sudah di download lebih dari satu miliar kali di handphone android. Hal tersebut mencakup semua Negara yang ada di dunia, jadi bukan hanya Indonesia saja. 

Aplikasi tersebut juga menyediakan lebih dari 1 miliar kilometer hasil transit dalam kurun waktu setiap harinya. Kalian dapat mempelajari cara mengoptimalkan google maps untuk travelling dengan mudah karena hasil kerja dari google tersebut. 

Hampir sepertiga bagian dari seluruh hasil penelusuran yang ada di handphone adalah mengenai lokasi. Penelusuran tersebut meningkat 50% lebih cepat dibandingkan dengan semua penelusuran lainnya yang berada di handphone. 

Fakta menarik selanjutnya datang dari membuat lebih dari 10 miliar persegi denah lantai dalam sebuah ruangan yang tersedia pada setiap tampilan desktop serta seluler. Hal tersebut mempunyai luas sekitar 21 pabrik boeing yang merupakan bangunan terbesar di dunia. 

Fakta tersebut didapat berdasarkan hasil analisa dari berbagai website.

Fitur Google Maps Yang Jarang Diketahui

Cara Mengoptimalkan Google Maps Untuk Travelling_Fitur Google Maps Yang Jarang Diketahui
Cara Mengoptimalkan Google Maps Untuk Travelling_Fitur Google Maps Yang Jarang Diketahui

Selain cara mengoptimalkan google maps untuk travelling, kalian juga harus mengetahui berbagai fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Seperti, dapat dilihat secara real time yang dimana dapat membagikan lokasi kepada siapapun dalam jangka waktu paling lama satu hari. 

Dapat diakses tanpa kuota, jadi untuk kalian yang memiliki kuota atau jaringan internet yang sangat minim. Hal ini bisa sangat bermanfaat, kalian bisa langsung download terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan travelling. 

Aplikasi tersebut juga bisa dijadikan sebagai reviewer. Ketika kalian ingin mengunjungi sebuah tempat baru, maka akan menemukan beberapa review di lokasi bagi yang telah mengunjunginya. Review tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. 

Selain memberikan rating tempat, para pengunjung juga dapat menambahkan foto serta video yang akan diberikan sebagai reward. Jadi, sebelum pergi ke tempat tersebut, kalian bisa mendapatkan beberapa gambaran tentang lokasi yang ingin dituju.

Melalui google maps juga bisa langsung memesan kendaraan atau transportasi online. Untuk menikmati fitur yang satu ini, para pengguna hanya cukup memilih tempat tujuan, setelah itu klik direction untuk melihat berbagai informasi layanan transportasi online di tab bagian kanan.

Hal tersebut membuat lebih efisien. Kalian juga dapat reservasi restoran secara mudah dan praktis. Hal ini termasuk dalam fitur unggulan yang nggak banyak orang tahu. Para pengguna bisa langsung mencari nama restaurant dengan cara memilih tab explore.

Cara mengoptimalkan google maps untuk travelling juga bisa melalui riwayat lokasi yang sudah pernah dilewati, agar ketika ingin pulang tidak lupa arah mana saja yang sudah dilalui.

Tips Menggunakan Maps dengan Benar

Melakukan berbagai travelling merupakan hal yang sudah biasa saat ini, ditambah dengan banyaknya destinasi yang cantik membuat banyak orang ingin berlama-lama di berbagai lokasi tersebut.

Beberapa tips ini akan sangat membantu kalian dalam cara mengoptimalkan google maps untuk travelling agar tidak salah arah tujuan, yang pertama, para pengguna bisa mengintip lokasi menggunakan google street. 

Melalui google street, kalian akan mengetahui tempat mana yang akan dituju. Seperti hotel, beberapa hotel backpacker umumnya memiliki tampilan menyerupai ruko dan terkadang plang namanya sangat kecil sehingga sulit dilihat. 

Jadi, dengan bantuan street, maka kalian dapat menentukan arah tujuan terlebih dahulu sebelum memulai suatu perjalanan. Kemudian jangan lupa untuk melabeli atau menandai berbagai titik penting. 

Seperti tempat penginapan, tempat makan, dan destinasi wisata tujuan untuk melakukan travelling tersebut. Maps sendiri mempunyai sebuah fitur dalam menu yang bernama your places. Kalian dapat menandakan berbagai lokasi tersebut.

Melakukan travelling tidak cukup hanya satu hari saja. Khusus untuk yang ingin menginap di suatu lokasi. Jangan sampai keliru dalam mempertimbangkan jarak penginapan dengan tempat yang akan dikunjungi. Hal tersebut sangat penting agar tidak capek dalam perjalanan. 

Perhatikan warna jalur untuk perkiraan tiba, jalur berwarna biru menandakan lalu lintas lancar. Sedangkan pada jalur berwarna orange menandakan macet sedang yang masih bisa dilewatkan oleh kendaraan. Berbeda dengan warna merah yang sudah menandakan macet parah. 

Baca juga: Keunggulan Telegram Dibanding Whatsapp

Hindari jalur yang berwarna merah dan kuning, agar bisa lebih cepat sampai ke tujuan. Tidak perlu merasa khawatir, karena dengan memahami cara mengoptimalkan google maps untuk travelling, kalian tidak akan tersasar.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button