Review Apple HomePod, Smart Speaker dengan Suara Berkualitas

Jika kalian mencari salah satu smart speaker berkualitas, kurang rasanya tidak memasukkan Apple HomePod ke dalam daftar rekomendasinya. Pasalnya, kualitas yang dihasilkan oleh speaker ini adalah salah satu yang terbaik.

Baca juga : Apa Itu Apple TV+ dan Ketahui Terlebih Dahulu Keunggulannya

Di samping itu, fitur-fitur yang dibawanya juga sangat memanjakan para pengguna. Salah satunya adalah interaksi dan pemrosesan musik menggunakan Siri. Hal ini membuat kita serasa memiliki asisten pribadi di dalam rumah.

Lantas, apa yang membuat speaker ini spesial dibanding merek lain? Untuk tahu jawabannya, mari simak review lengkap dari salah satu produk Apple berikut!

Mengenal Smart Speaker Apple HomePod

Mengenal Smart Speaker Apple HomePod
Mengenal Smart Speaker Apple HomePod

Perangkat ini merupakan smart speaker tanpa kabel besutan Apple yang dirilis pada bulan Februari tahun 2018 lalu. Dikatakan smart speaker karena perangkat ini bisa berinteraksi dan juga dioperasikan dengan asisten virtual Apple, yaitu Siri.

Sama seperti iPhone atau perangkat Apple lainnya, kalian harus mengaitkan perangkat ini dengan Apple ID. Jika ingin mendengarkan musik dengan lebih nyaman, kalian juga harus sudah berlangganan Apple Music.

Hal-hal penunjang inilah yang harus diperhatikan jika ingin menikmati fitur-fitur utama dari HomePod. Di samping itu, kita juga harus mengaitkannya dengan perangkat iOS yang memang sudah kompatibel dengan smart speaker tersebut.

Saat pertama kali dirilis, perangkat ini setidaknya kompatibel dengan iOS 13. Jika kalian masih menggunakan versi iOS lebih rendah, maka perlu untuk mengupdate iOS ke versi terbaru untuk bisa mengoperasikannya.

Seperti saat menggunakan Siri di iPhone atau iPad, kalian harus menyebutkan “Hey Siri” untuk mulai berkomunikasi dengannya. Nantinya, kalian bisa bertanya tentang cuaca, keadaan lalu lintas, restoran terdekat, dan sebagainya.

Untuk bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan kita, HomePod memiliki suara cukup lantang. Dengan begitu, kita tidak perlu terlalu dekat untuk bisa mengetahui apa yang sedang dikatakannya.

Berikut adalah spesifikasi singkat dari Apple HomePod tersebut:

  1. Woofer yang dilengkapi dengan amplifier khusus.
  2. Dilengkapi 6 microphone untuk mendukung penggunaan Siri dari jarak jauh.
  3. Terdapat 7 tweeter, masing-masing tweeter dilengkapi amplifier khusus.
  4. Microphone yang dikalibrasi pada frekuensi rendah, berfungsi untuk mengoreksi suara bass dengan otomatis.
  5. CPU A8 dari Apple.
  6. Mode Stereo yang mendukung penggunaan 2 HomePod

Apa yang Menarik dari HomePod?

Sebagai sebuah smart speaker, perangkat ini menawarkan beberapa hal menarik yang ditujukan untuk para pemiliknya. Hal ini membuatnya nyaman digunakan saat ada di rumah. Beberapa hal menarik tersebut antara lain:

  • Proses Instalasi yang Mudah dan Cepat

Meski perangkat ini membutuhkan penyesuaian tertentu dengan iOS atau perangkat Apple lain, nyatanya proses tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal itu membuatnya bisa langsung dinikmati setelah dibuka dari pembungkus.

Hanya dengan memperbarui versi iOS dan mendekatkannya dengan perangkat Apple tertentu, HomePod sudah bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Nantinya akan ada jendela muncul dan kalian tinggal menyesuaikannya.

  • Kualitas Audio yang Mengesankan

Apa yang menonjol dari HomePod adalah speaker itu sendiri yang mana pihak Apple melengkapinya dengan berbagai komponen yang canggih. Sebut saja 6 mikrofon, subwoofer ekskursi tinggi, hingga chip A8 besutan Apple.

Komponen-komponen tersebut secara nyata menghasilkan produksi suara yang sangat jernih dan mengesankan. Terlebih, kalian akan langsung terkesima dengan speaker ini setiap kali playlist lagu kalian di Apple Music dimainkan.

  • Siri adalah Pendengar Terbaik

Peran Siri sebagai operator di perangkat ini akan membuat kalian tersenyum lebar. Pasalnya, tingkat responsifitasnya sangat baik dalam mengeksekusi perintah yang kita berikan, termasuk saat musik sedang dimainkan.

Meski kalian mengatur volume musik hingga 75%, perintah untuk “Skip” atau “Pause” bisa didengarkan dengan baik. Bahkan perintah tersebut bisa dieksekusi dengan baik meskipun dilakukan dari ruangan berbeda.

  • HomeKit yang Sangat Bersahabat untuk Rumah Pintar

Jika kalian sudah mengatur rumah dengan berbagai piranti pintar seperti smartkey, smartlamp, kamera, atau perangkat lain yang kompatibel, HomePod bisa menjadi asisten yang baik untuk mengoperasikan itu semua.

Pengalaman tersebut tentu akan membuat hunian tempat tinggal menjadi lebih nyaman. Tak masalah jika masih tinggal sendiri karena perangkat ini mampu menjadi teman terbaik untuk berkomunikasi atau bahkan membantu pekerjaan tertentu.

Apa yang Tidak Disukai dari HomePod?

Meski memiliki sejumlah hal menarik di dalamnya, bukan berarti perangkat ini tidak memiliki kekurangan sama sekali. Berikut adalah beberapa catatan kekurangan dari smart speaker dari Apple ini:

  • Hanya Eksklusif untuk Apple

Menjadi eksklusif terkadang menjadi hal yang kurang menyenangkan untuk dinikmati, termasuk saat menggunakan smart speaker milik Apple ini. Salah satunya adalah perihal pemutar musik untuk didengarkan sehari-hari.

Meski kalian berlangganan Spotify, Pandora, atau platform music streaming lain, tetap saja perangkat ini hanya bisa memutar musik dari iTunes. Hal ini membuat daftar putar kita jadi terbatas pada koleksi di Apple Music saja.

  • Hanya untuk Satu Akun

Perangkat ini tidak mendukung penggunaan dua akun sehingga tidak memungkinkan untuk berganti akun. Itu artinya, kalian tidak bisa meminjam akun lain untuk terhubung ke perangkat smart speaker ini.

Hal ini sedikit mengganggu, terutama saat kita ingin menggunakan akun berbeda untuk mengoperasikan smart speaker tersebut. Inilah juga menjadi salah satu keluhan dari pengguna perangkat audio milik Apple ini.

  • Tidak Bisa Dihubungkan dengan Sumber Eksternal Lain

Untuk mendengarkan musik, kalian juga tidak bisa mengandalkan sumber eksternal seperti perangkat stereo lain. Perangkat ini hanya bisa digunakan melalui AirPlay saja dan tidak bisa dikaitkan dengan sumber non-Apple.

Termasuk juga perangkat Bluetooth yang saat ini banyak beredar. Keterbatasan ini membuatnya tidak berfungsi optimal layaknya perangkat sejenis dari merek lain. Kita hanya benar-benar bisa menikmatinya jika memiliki ekosistem Apple di dalamnya.

  • Keterampilannya Terbatas

Jika kalian membayangkan perangkat ini bisa membantu proses penyusunan jadwal, menyimpan catatan perjanjian, atau keterampilan ala smart device lainnya, maka bersiap-siaplah untuk merasa kecewa.

Pasalnya, kemampuan dari smart speaker ini masih sangat terbatas. Memutarkan musik masih menjadi salah satu kemampuan utamanya sampai saat ini sehingga kalian hanya bisa menikmatinya dengan caranya tersendiri.

Bagaimana Cara Menggunakan Smart Speaker Ini?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kita harus melakukan proses pengaitan terlebih dahulu ke Apple ID sebelum bisa menggunakan perangkat ini. Agar lebih jelas dengan proses tersebut, silahkan simak beberapa langkah berikut ini:

  1. Pertama, pastikan smart speaker tersebut sudah terhubung ke Wi-Fi untuk mendapatkan jaringan internet.
  2. Pastikan juga perangkat yang akan digunakan telah menggunakan iOS 13 atau terbaru.
  3. Jika sudah, dekatkan perangkat ke HomePod sampai muncul jendela untuk login ke Apple ID kalian.
  4. Silahkan atur segala sesuatunya agar sesuai dengan kebutuhan.
  5. Selesai.

Setelah proses tersebut dilakukan, maka smart speaker sudah terhubung ke iPhone atau iPod kalian sehingga bisa dioperasikan melalui beberapa perintah.

Cara Memutar Musik di HomePod

Cara Memutar Musik di HomePod
Cara Memutar Musik di HomePod

Untuk bisa memutar musik, kalian hanya perlu mengatakan beberapa kalimat perintah kepada Siri sehingga ia merespon dan memutarkan lagu yang diinginkan. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan:

  1. Pertama, silahkan katakan “Hey Siri” untuk membuatnya stand by dan bisa menerima perintah.
  2. Setelah itu, perintahkan kepada Siri untuk memutarkan lagu seperti “Putar lagu The Beatles”.
  3. Secara otomatis, perangkat tersebut akan memutarkan lagu sesuai dengan request yang kalian berikan.

Selain cara di atas, kalian juga bisa memutar musik dari iPhone memanfaatkan teknologi AirPlay. Silakan ikuti petunjuk berikut untuk menerapkannya di perangkat tersebut:

  1. Buka menu Control Center di iPhone.
  2. Pilih opsi AirPlay.
  3. Selanjutnya, putar musik di smart speaker tersebut. Nantinya, kalian bisa mengendalikannya dari iPhone.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, smart speaker ini tetap menjadi salah satu koleksi yang cukup menyenangkan untuk dimiliki. Setidaknya, kehadiran perangkat ini bisa membuat suasana rumah jadi semakin hangat.

Meski begitu, kalian harus benar-benar berada di ekosistem Apple untuk bisa memaksimalkan potensinya seperti berlangganan Apple Music di Apple ID yang terhubung. Dengan begitu, kalian bebas memainkan lagu sesuka hati.

Baca juga : Teknologi iWatch Ultra Terupdate yang Perlu Diketahui

Perlu diingat juga bahwa perangkat Android atau sejenisnya tidak akan bisa terhubung dengan smart speaker ini. Jika kalian sudah siap dengan semua hal yang dibutuhkannya, Apple HomePod menjadi salah satu speaker yang layak untuk dicoba.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button