4 Cara Membuat PDF Dengan HP

Ada beberapa cara untuk membuat PDF dengan HP. Proses ini bisa Anda lakukan secara cepat dan gratis tanpa ada biaya sepeserpun. Bagian ini sangat berguna untuk Anda yang mempunyai beberapa kesibukan dan jam terbang yang tinggi, sehingga semua proses yang ada bisa dilakukan dengan praktis tanpa perlu membawa laptop. 

Baca juga: Cara Mudah Bayar Pajak Digital Melalui DJP Online

Untuk Anda yang ingin membuat PDF atau Portable Document Format tersebut memang diperuntukkan untuk membuat data atau berkas digital yang membuat semua proses yang ada akan jauh lebih mudah dan cepat membaca filenya. Adanya file PDF tersebut tidak ada tampilan yang berubah, begitupun dengan keaslian yang ada. 

Lantas, bagaimana cara membuat PDF dengan HP itu? Melalui artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai beberapa cara untuk membuat file PDF dari HP, simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Tips Membuat File PDF Dengan HP

4 Cara Membuat PDF Dengan HP_Tips Membuat File PDF Dengan HP
4 Cara Membuat PDF Dengan HP_Tips Membuat File PDF Dengan HP

Membuat PDF dengan HP tidak sulit dan bisa dilakukan dengan cepat. 

Untuk Anda yang ingin membuat file PDF melalui HP, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai tahapan-tahapan yang bisa dilakukan, mari kita bahas. 

1. Menggunakan Google Drive 

Aplikasi satu ini termasuk yang paling banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk memenuhi segala aktivitas yang ada. Hal ini dilakukan, karena melalui Google Drive semua kebutuhan yang ada dapat terpenuhi secara maksimal, hanya cukup satu aplikasi saja semua kebutuhan pekerjaan bisa dilakukan. 

Dibalik kelengkapannya tersebut juga, ternyata Google Drive memberikan banyak keuntungan untuk pengguna smartphone yang ingin memiliki file PDF. Prosesnya sendiri sangat mudah untuk dilakukan dan tidak ribet sama sekali. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan file PDF tersebut, diantaranya

  • Buka Aplikasi Google Drive 

Langkah pertama kali yang harus dilakukan adalah membuka Google Drive terlebih dahulu.

  • Pilih Ikon +

Setelah Anda masuk ke menu Google Drive, maka langkah berikutnya yang bisa dilakukan langsung saja pilih ikon +

  • Tambahkan Dokumen 

Melalui ikon + tersebut Anda bisa menentukan kebutuhan PDF yang diinginkan, mulai dari dokumen, foto, dan lainnya. 

  • Edit File 

Jika file sudah dipilih, maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk melakukan proses editing terlebih dahulu. Apabila semuanya sudah benar dan tidak ada yang salah, langsung simpan pada Google Drive. Biasanya file sendiri otomatis tersimpan dalam akun Anda tersebut. 

  • Download File 

Terakhir, apabila Anda ingin membuat file menjadi PDF, maka tahapannya langsung pilih titik tiga pada layar smartphone atau HP Anda itu, lalu pilih download dan tentukan filenya menjadi PDF. 

Proses ini sangat mudah untuk Anda lakukan dan bisa dengan praktis melalui smartphone atau HP Anda tersebut. 

2. Melalui Aplikasi WPS Office 

Beberapa aplikasi yang ada untuk mendukung performa dari Smartphone atau HP Anda tersebut sangat banyak, semuanya bisa Anda tentukan berdasarkan kebutuhan. Salah satunya aplikasi WPS Office yang diperuntukkan untuk beberapa orang yang mempunyai jadwal yang sibuk dan tidak sempat membawa laptop, namun diharuskan membaca dokumen dan kirim file, maka menggunakan WPS office bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. 

Untuk aplikasinya sendiri bisa digunakan untuk Android dan IOS, semuanya tanpa ada permasalahan dan bisa beroperasi dengan sangat lancar. Apabila Anda tertarik untuk menggunakannya, kami akan menjelaskannya mengenai proses membuat PDF dengan HP melalui aplikasi WPS Office tersebut. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa dilakukan, simak penjelasannya. 

  • Download dan Install Aplikasi

Pertama kali yang harus Anda lakukan untuk download dan install terlebih dahulu aplikasi tersebut pada smartphone yang Anda miliki. Jika Anda pengguna Android langsung saja ke playstore atau IOS ke App Store.

  • Membuka Aplikasi 

Tahapan selanjutnya yang bisa dilakukan setelah install, bisa langsung buka aplikasinya dan langsung saja pilih ikon +.

  • Pilih Dokumen 

Jika kebutuhan Anda untuk file dokumen, maka langsung saja pada ikon + tersebut langsung pilih file dokumen. Apabila file sudah Anda masukkan, maka lakukan proses edit terlebih dahulu agar tidak ada kesalahan. 

  • Pilih Save

Apabila semua kebutuhan sudah selesai dilakukan, maka langsung saja Anda pilih save atau simpan untuk file tersebut yang terletak pada bagian pojok kiri atas. Melalui proses simpan tersebut, langsung saja pilih untuk file PDF. 

  • Tentukan Lokasi Penyimpanan

Proses berikutnya Anda langsung menentukan lokasi penyimpanannya dan langsung pilih dropdown untuk pilihan format yang ada.

  • Ekspor File ke PDF

Terakhir, langsung saja Anda melakukan tap ekspor file ke PDF dan menunggu semua prosesnya hingga selesai. 

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, WPS Office memberikan banyak keuntungan, sehingga jika Anda mempunyai jam terbang tinggi dan kesulitan membuka file menggunakan laptop. Langsung saja install WPS Office pada HP atau smartphone Anda tersebut. 

3. Membuat File PDF Tanpa Aplikasi

4 Cara Membuat PDF Dengan HP_3. Membuat File PDF Tanpa Aplikasi
4 Cara Membuat PDF Dengan HP_3. Membuat File PDF Tanpa Aplikasi

Apabila Anda tidak ingin ribet untuk membuat file PDF menggunakan aplikasi di Smartphone, maka bisa dilakukan tanpa adanya aplikasi yang terpasang. Tahapan satu ini termasuk lebih mudah dan praktis untuk Anda lakukan. Prosesnya sendiri tidak begitu ribet dan sangat mudah untuk Anda lakukan semuanya secara keseluruhan. 

Caranya bisa Anda lakukan dengan langsung masuk ke browser atau google yang ada di smartphone Anda tersebut, lalu ikuti beberapa langkah yang ada. 

  • Pilih Situs Smallpdf

Pada mesin pencarian tersebut, langsung saja Anda pilih situs Smallpdf dan menunggu masuk saja. 

  • Unggah File 

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah langsung saja unggah filenya, hal ini bisa Anda lakukan melalui penyimpan internal HP atau melalui Google Drive. 

  • Proses Konversi

Selanjutnya, jika Anda sudah unggah file pada dokumen yang ada, maka tinggal langsung menunggu proses konversi hingga menjadi file PDF. 

  • Unduh File PDF

Setelah semua proses berlangsung lancar, tinggal Anda unduh atau download filenya tersebut dan otomatis sudah berbentuk PDF. 

Menggunakan situs website satu ini semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, tanpa perlu Anda melakukan download atau unduh terlebih dahulu. Tentunya ini bergantung dari sinyal internet yang Anda miliki, apabila aksesnya cepat, maka tidak ada kendala. Namun, jika jaringan jelek akan sangat sulit untuk dilakukan. 

4. File Foto Menjadi PDF

Ada banyak kebutuhan dokumen yang harus Anda jadikan file PDF. salah satunya adalah foto untuk memenuhi berbagai kegiatan yang ada, seperti Ijazah, Kartu Keluarga, dan KTP yang terkadang menuntut Anda untuk diubah ke file PDF. Pada tahap ini, membuat PDF dengan HP untuk foto sendiri bisa Anda lakukan dan tidak ribet sama sekali. 

Prosesnya sendiri bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi WPS Office, melalui apps tersebut Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, simak penjelasannya. 

  • Membuka Aplikasi WPS Office

Pertama-tama Anda harus membuka aplikasi tersebut dan langsung saja Anda pilih ikon + pada aplikasi WPS Office. 

  • Pilih Pemindai

Kebutuhannya untuk mengubah file foto menjadi PDF, maka pada ikon + tersebut langsung saja Anda pilih pemindai. Melalui bagian ini semua file dalam bentuk JPG akan berganti PDF melalui android yang dimiliki. 

  • Scan Dokumen 

Jika sudah terbuka, maka prosesnya bisa Anda lakukan dengan langsung scan dokumen yang ada dan lakukan seperti biasa. 

  • Mengatur Garis

Apabila semuanya sudah dilakukan, langsung saja Anda mengatur garis foto yang sudah discan tersebut dan rapikan sesuai kebutuhan yang diinginkan. 

  • Ekspor Dokumen

Lalu, jika semua prosesnya sudah selesai langsung saja Anda melakukan proses ekspor dokumen yang terletak pada bagian bawah. 

  • Ekspor ke PDF 

Setelah selesai, langsung saja Anda melakukan proses ekspor file ke PDF dan tunggu hingga selesai dan pilih simpan. 

Tahapan satu ini sama sekali tidak rumit dan prosesnya sendiri bisa Anda lakukan dengan sangat mudah tanpa ada kendala sama sekali. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kebutuhan data PDF dengan cepat dan gratis. 

Baca juga: Cara Update IOS dan Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

Demikianlah beberapa penjelasan lengkap mengenai membuat PDF dengan HP yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah dan cepat. Menariknya lagi semua proses tersebut bisa Anda kerjakan secara gratis tanpa ada biaya tambahan. 

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button