3 Aplikasi Kompres Video Online Terbaik untuk Windows

Acapkali kita memerlukan aplikasi kompres video online guna memampatkan ukuran file video. Terkadang video berukuran besar dapat menyebabkan banyak masalah terutama pada batasan ukuran maksimal kala mengirimkannya.

Baca juga: 7 Laptop Gaming Murah, Spek Tinggi Dibawah 5 Jutaan

Banyak aplikasi obrolan, perangkat lunak perkantoran, dan platform sosial sekarang memiliki batasan pada format dan ukuran yang diunggah. Ketika Anda mengalami masalah seperti ini, Anda perlu mengurangi ukuran file.

Salah satu opsi menangani problem tersebut adalah melakukan kompres video online ke ukuran yang diizinkan. Hal ini tidak rumit. Banyak aplikasi yang dapat melakukannya. Namun, kompresor yang paling efektif harganya sangat mahal.

Sedangkan, yang benar-benar sulit dicari dan diakses adalah menemukan kompresor yang efektif dan gratis. Mahalnya harga jadi pertimbangan sebab berhubungan dengan seberapa sering pengguna mengaksesnya. Sehingga banyak yang mencari aplikasi yang tidak berbayar.

Rekomendasi Aplikasi Kompres Video Online

3 Aplikasi Kompres Video Online Terbaik untuk Windows_Rekomendasi Aplikasi Kompres Video Online
3 Aplikasi Kompres Video Online Terbaik untuk Windows_Rekomendasi Aplikasi Kompres Video Online

Anda dapat memilih salah satunya setelah membandingkan dengan cermat. Tiga aplikasi rekomendasi tersebut adalah WorkinTool File Compressor, Free Convert, dan Movavi Video Converter. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai ketiga aplikasi tersebut.

  • WorkinTool File Compressor

Tidak diragukan lagi, WorkinTool File Compressor merupakan salah satu aplikasi kompres video online gratis terbaik. Ini adalah kompresor ukuran file yang benar-benar gratis dan profesional yang baru di pasaran.

  • Mudah 

Aplikasi ini mendukung kompresi video, gambar, Word, PPT, PDF, dan file-file semacamnya. Terlebih lagi, pengoperasiannya cukup ramah bagi pengguna baru. Pengguna tidak akan merasa kebingungan mengaksesnya.

Teknisnya, Anda cukup unggah file, lalu kompres. Anda dapat mengompres lagi tanpa mengunggah file sekali lagi. Kompresi batch juga dapat dilakukan. Itu berarti Anda dapat membuat zip beberapa file hanya dengan satu klik.

Aplikasi kompres video online satu ini benar-benar dirancang dari perspektif pengguna. Selain itu, hasil kompresinya cukup bagus, membuat WorkinTool File Compressor menonjol di antara banyak kompresor file di pasaran.

Untuk kompresi, aplikasi ini mendukung hampir semua format video mainstream seperti MP4, WMV, AVI, FLV, dll. Dan memungkinkan Anda untuk memilih hasil dalam format MP4 atau aslinya.

  • Format bisa diubah

Di sini, Anda juga bisa melakukan cross-format. Artinya, selain memperkecil ukuran file, Anda juga bisa mengubah formatnya sesuai dengan yang dikehendaki. Entah dari format MP4 ke FLV, atau pun sebaliknya.

Selain itu, juga menjamin privasi data dan keamanan informasi Anda. Tidak akan menyimpan atau mengirim informasi data Anda sehingga hak privasi pengguna tetap terjaga. Penting juga untuk mengaktifkan antivirus ketika proses kompresi berlangsung.

  • Gratis 

Kelebihan aplikasi WorkinTool File Compressor, selain tidak memungut biaya sepeser pun, juga praktis. Mudah dioperasikan. Hasil kompresnya pun bagus dan suportif terhadap beragam format file.

  • Free Convert

Free Convert adalah online tools yang efektif, yang juga memiliki efek bagus pada kompresi video. Nilai plusnya adalah Anda dapat mengunggah file dari jalur yang berbeda.

  • Kelebihan 

Bisa dengan seret langsung dan lepas file, pilih dari perangkat, kotak drop, atau Google Drive, atau tempel tautan terkait. Fleksibel, tergantung mana yang paling efisien bagi pengguna.

Ini berarti Anda tidak perlu mengunduh dan mengunggah video. Cukup salin tautan pun jadi. Selain itu, dapat memenuhi kompresi batch juga. Kecuali untuk kompresi video, ini mendukung pengurangan ukuran file gambar, audio, dan dokumen.

Yang menjadi keunggulan software kompres video online Free Convert yakni tidak memerlukan instalasi. Selain itu, tampilan interface-nya juga mudah digunakan. Output yang jelas dan mendukung berbagai format file.

  • Kekurangan 

Sayangnya, ada beberapa batasan untuk pengguna gratis. Ukuran file maksimum yang dapat Anda unggah adalah 1 GB, dan ada batasan total menit kompresi. Selain itu, kecepatan unggah dan konversinya agak lambat. 

Anda perlu menunggu beberapa saat jika file yang akan dikompres berukuran besar. Ditambah, harus sabar menghadapi banyak iklan yang seliweran di laman. Sementara itu, Free Convert memiliki limit untuk free trial. Butuh waktu lebih juga untuk memproses video ukuran besar.

  • Movavi Video Converter

Movavi adalah media kompres video online gratis yang sangat recommended. Dirancang sebagai pengonversi, Movavi juga dapat memotong dan mengubah ukuran video.

Dengan itu, Anda juga dapat memutuskan berapa banyak ukuran yang akan dikurangi. Adapun kompresi, ini juga mendukung operasi batch dan tetap pada kecepatan konversi yang cepat. Manfaat lain dari itu adalah tidak ada iklan di antarmuka dan proses operasinya.

Namun, kelemahan terbesarnya adalah akan tertempel watermark di tengah video setelah proses kompresi usai. Jika Anda ingin menyimpan video tanpa watermark, Anda harus mendaftar jadi pengguna pro.

Batasan lain untuk uji coba gratis adalah Anda dapat menerapkan pengaturan kualitas video gratis hanya selama 7 hari saja. Sedangkan untuk hasil kompresi, kejernihan file tidak dapat dipastikan jika Anda mengatur untuk mengurangi terlalu banyak video.

Komparasi Tiga Kompresor Video Online

3 Aplikasi Kompres Video Online Terbaik untuk Windows_Komparasi Tiga Kompresor Video Online
3 Aplikasi Kompres Video Online Terbaik untuk Windows_Komparasi Tiga Kompresor Video Online

Dari ketiga aplikasi kompres video online di atas, mungkin masih sukar untuk melakukan perbandingan. Maka dari itu, mari kita perhatikan lebih detail lagi komparasi ketiga kompresor video tersebut.

Secara fitur, jelas WorkinTool File Compressor adalah pemenang dalam soal limitasi. Sudah gratis, tanpa batas lagi. Berbeda dengan Free Convert ataupun Movavi Video Converter, yang harus membayar lebih untuk menjangkau akses premium.

Selain itu, dalam hal kecepatan kompres data, kejernihan video, dan efisiensi komparasi, lagi-lagi WorkinTool File Compressor unggul dari para pesaingnya. Ia bekerja hanya dalam hitungan detik dengan tingkat kompresi hingga 50% dari file asli.

Soal watermark dan iklan kala penggunaan, WorkinTool juga dapat meminimalisir hal tersebut. Aplikasi ini telah terbukti menghasilkan video tanpa watermark sehingga kompresi lebih optimal. Juga tidak ada iklan yang dapat mengganggu aktivitas pengompresan file.

Mungkin akan sedikit sulit menentukan mana yang terbaik untuk digunakan. Namun, semua kembali lagi kepada urgensi pemakaian masing-masing pengguna.

Ada yang sah-sah saja bila videonya ada watermark-nya, tapi ada juga yang perfeksionis. Yang terpenting, secara kualitas ketiga platform tersebut terbilang mumpuni dalam melakukan kompres video online.

Barangkali, dari ketiga aplikasi kompres video secara online tersebut, WorkinTool Compressor-lah yang terbilang paling efektif. Standar waktu kompres yang kilat dan ukuran kompresi yang minimum. Terlebih, gratis dan tidak terbatas aksesnya.

Urgensi Kompres Video Online Gratis

3 Aplikasi Kompres Video Online Terbaik untuk Windows_Urgensi Kompres Video Online Gratis
3 Aplikasi Kompres Video Online Terbaik untuk Windows_Urgensi Kompres Video Online Gratis

Secara kuantitatif, platform kompres video secara online gratis dan semacamnya cenderung didominasi oleh pengguna dari kalangan pekerja kreatif. Tidak jarang juga pelajar dan mahasiswa juga menggunakannya.

Namun, para pekerja kreatif ini kiranya mau untuk membayar lebih demi akses premium dan hasil kreasi yang sepadan. Lain halnya dengan kalangan pelajar dan mahasiswa yang mengaksesnya sekadar untuk mengumpulkan tugas.

Melihat itu, tidak heran jika kini banyak ditemui situs-situs kompres video online gratis yang bertebaran di internet. Hanya saja, butuh ekstra hati-hati dalam memilih platform yang terpercaya.

Tidak jarang ada orang yang memanfaatkan urgensi ini untuk meraup keuntungan pribadi. Banyak laman-laman kompres video secara online palsu yang ada di internet dan berujung pada pembobolan data pribadi.

Maka dari itu, berhati-hatilah secara ekstra jika hendak melakukan kompres video online secara online. Terutama jika laman tersebut memuat advertorial di dalamnya. Jangan sampai salah klik.

Jika Anda mengklik pop-up iklan tersebut, baik secara sengaja maupun tidak, Anda akan dibawa ke laman iklan tersebut. Maka dari itu, begitu iklan muncul, segera klik tombol silang di ujung tampilannya. Ingat, jangan sampai salah klik. Harus pas.

Terkadang ada juga iklan yang langsung membawa pengguna menuju lamannya tanpa perlu konfirmasi terlebih dahulu. Seringnya, iklan tersebut adalah iklan aplikasi belanja online. Jika terseret ke sana, berarti data Anda juga bisa jadi sudah terinput ke aplikasi tersebut.

Hal yang tak kalah penting lagi, dalam hal kompres video secara online penting untuk menjaga jaringan data atau sinyal tetap stabil. Karena sekali saja jaringan terputus, akan membatalkan proses kompresi.

Baca juga: Fitur Aplikasi CapCut, Keunggulan dan Kekurangannya

Tentu akan menjadi hal yang menyebalkan. Terlebih jika proses kompresi sudah akan mendekati finalisasi bahkan sudah 90% lebih. Kuota yang harus Anda keluarkan pun jadi lebih boros. Kalau perlu, gunakan jaringan koneksi Wifi ketika sedang proses kompres video online.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button