Aplikasi TV Online untuk Android dan iOS

Aplikasi TV online untuk Android pada saat ini mulai banyak digunakan sebagai alternatif saat menikmati acara televisi. Meski belum sepenuhnya menggantikan perangkat analog, migrasi tersebut tampaknya tinggal menunggu waktu saja.

Baca juga: Tips Akun LinkedIn agar Segera Diterima di Tempat Impian

Pergeseran dari analog ke digital tersebut adalah sebuah fenomena yang tidak terbantahkan. Terlebih, platform digital menjanjikan banyak hal penting bagi penggunanya, baik dari sisi teknis maupun non-teknis saat menikmati siaran.

Pilihan Aplikasi TV Online untuk Android

Aplikasi TV Online untuk Android dan iOS_Pilihan Aplikasi TV Online untuk Android
Aplikasi TV Online untuk Android dan iOS_Pilihan Aplikasi TV Online untuk Android

Salah satu bentuk dari kelebihan tersebut adalah tersedianya banyak pilihan aplikasi untuk menikmati siaran televisi. Mulai dari Vidio, Maxstream. UseeTV, MolaTV, hingga milik media ternama seperti RCTI+ hingga TVOne Connect.

1. Vidio

Vidio termasuk salah satu platform favorit yang banyak dipasang oleh masyarakat Indonesia untuk menikmati konten-kontennya. Tercatat, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 50 juta kali dengan ulasan pengguna mencapai 505 ribu.

Aplikasi TV online untuk Android maupun iOS ini menyediakan berbagai saluran televisi konvensional bagi pemirsanya. Tentu saja dengan tambahan seperti tayangan eksklusif, film anak-anak, kartun, drama Korea, hingga serial bersambung.

2. Maxstream

Jika kalian adalah pengguna Telkomsel, platform Maxstream bisa diakses dengan menggunakan nomor ponsel aktif. Sama seperti layanan lainnya, aplikasi ini juga menyediakan berbagai jenis siaran televisi layaknya perangkat analog biasa.

Agar menarik minat penonton, Maxstream juga membuat kontennya sendiri berupa tayangan series dengan artis ternama. Strategi tersebut terbilang cukup sukses untuk ukuran sebuah provider yang memasuki bisnis layanan streaming daring.

3. TVOne Connect

Aplikasi TV online untuk Android berikutnya datang dari perusahaan media ternama, yakni TVOne Connect. Layananan streamingnya mencakup segmen konvensional yang sering dibawakan, yakni news (berita), entertainment (hiburan) dan sport (olahraga).

Salah satu kelebihan dari TVOne Connect adalah fitur interaksinya secara langsung. Di mana kita bisa langsung berinteraksi dengan beberapa program favorit, lewat berbagai cara seperti mengikuti kuis serta polling tertentu.

4. RCTI+ Superapp

RCTI+ Superapp mengandalkan layanan berupa konten dalam satu tempat, sehingga penonton mendapatkan lebih banyak pilihan. Beberapa di antaranya adalah akses ke saluran televisi konvensional seperti RCTI, MNCTV, GTV hingga iNews.

Karena melibatkan artis sinetron dalam kontennya, RCTI+ Superapp juga menjembatani interaksi dengan penggunanya. Di mana penonton bisa menikmati tayangan sinetron tersebut, sambil mengakses obrolan interaktif secara LIVE selama acara berlangsung.

5. Vision+

Aplikasi TV online untuk Android seperti Vision+ merupakan salah satu penyedia siaran televisi secara daring ternama. Selain nama besar MNC Group di baliknya, platform tersebut dikenal karena menyediakan konten-konten berkualitas.

Beberapa layanannya meliputi siaran televisi nasional maupun internasional berkualitas HD. Aplikasinya juga menyediakan konten berupa tayangan original series dengan opsi download, memainkan berbagai jenis game menarik, hingga judul film pilihan.

6. UseeTV Go

UseeTV GO menawarkan berbagai tayangan menarik kepada penggunanya lewat beberapa fitur-fiturnya. Mulai dari acara secara LIVE, TV on Demand, video, event, hingga opsi berlangganan secara premium yang berbayar setiap bulannya.

Aplikasi TV online untuk Android ini juga menyediakan sinema Indonesia, baik film lama maupun baru. Beberapa serial seperti film series, dokumenter, kartun anak-anak, acara religi, hingga berita nasional maupun mancanegara.

7. MolaTV

MOLA diklaim sebagai platform streaming video karena telah dikuratori dengan baik. Konten-kontennya menampilkan beberapa program seperti hiburan, olahraga, dan anak-anak terbaik, sehingga pengguna bisa berlangganan untuk mendapatkan aksesnya secara menyeluruh.

Meski dimiliki oleh Indonesia, layanannya telah mencapai negara lain seperti Malaysia, Singapura dan Timor Leste. Khusus tayangan seperti UFC, Serie B, Primeira Liga, Eredivisie, tersedia di kawasan Italia dan Inggris.

8. Trans TV

Sebagai salah satu media besar, Trans TV juga mengeluarkan platform khusus yang memudahkan pengguna untuk mengakses konten-kontennya. Terutama program-program internal yang biasa diakses lewat televisi analog seperti berita dan sebagainya.

Meski aplikasi TV online untuk Android ini tergolong baru, pengguna tetap bisa mendapatkan siaran secara lengkap. Salah satunya adalah program LIVE seperti CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Detik.com. InsertLive, dan sebagainya.

Kelebihan Mengakses Acara Televisi Secara Online

Menonton acara secara streaming memang memberikan banyak kelebihan dari segi teknis maupun non-teknis. Mulai dari mendukung tampilan multiplatform di berbagai perangkat, bisa diakses kapan saja, serta kualitas video bisa disesuaikan.

1. Mendukung tampilan multiplatform

Dukungan tampilan multiplatform di sini adalah kemampuan layanan tersebut menyesuaikan kontennya ketika dilihat. Ini artinya, konten-konten tersebut bisa ditonton baik lewat ponsel, tablet, hingga perangkat komputer seperti PC maupun laptop.

Pengembang aplikasi TV online untuk Android dikenal sangat fleksibel soal akses perangkat sehingga memudahkan penggunanya. Tidak heran jika dalam setiap layanannya, aplikasi tersebut tersedia agar bisa ditonton pada perangkat lainnya.

2. Biasa diakses kapan saja tanpa dikenai biaya

Salah satu kelebihan dari layanan streaming online adalah kebebasan akses untuk menonton kapan dan di mana saja. Hanya saja, tidak semua konten bisa diakses kecuali beberapa yang telah digratiskan sebelumnya. 

Selain itu, maksud diakses kapan saja di sini tetap memerlukan beberapa hal secara teknis maupun non-teknis. Mulai ketersediaan koneksi jaringan internet yang stabil. hingga aktivasi user sebagai pelanggan secara resmi.

3. Kualitas video bisa disesuaikan

Kelebihan lainnya adalah menyesuaikan kualitas video sesuai dengan kebutuhan. Rata-rata platform penyedia tayangan televisi tersebut telah memberikan hasil siaran berkualitas HD atau minimal dengan resolusi mulai 720 hingga 1080 piksel.

Aplikasi TV online untuk Android tersebut juga menyediakan opsi serupa pada konten-konten lainnya, namun berbayar. Sementara itu, pengguna dengan akses versi gratis paling maksimal mendapatkan kualitas video sebesar 480 piksel.

Kekurangan Menonton Secara Online Lewat Streaming

Aplikasi TV Online untuk Android dan iOS_Kekurangan Menonton Secara Online Lewat Streaming
Aplikasi TV Online untuk Android dan iOS_Kekurangan Menonton Secara Online Lewat Streaming

Di balik kelebihan mengkonsumsi tayangan secara online, ada beberapa kekurangan yang harus kalian perhatikan secara seksama. Terutama kondisi perangkat yang bakal cepat panas, stabilitas koneksi jaringan, hingga adanya tayangan iklan.

1. Ponsel atau perangkat menjadi cepat panas

Hal ini terjadi karena komponen RAM pada ponsel atau perangkat sejenis seperti tablet bekerja terlalu keras. Semua sumber daya utama untuk mendukung kinerja ponsel akan difokuskan sepenuhnya pada layanan streaming.

Saat memutar tayangan pada aplikasi TV online untuk Android, semua komponen bekerja di bawah tekanan. Terutama pada baterai papan sirkuit, prosesor, dan RAM sehingga ponsel cepat panas untuk waktu lama.

2. Adanya tayangan iklan untuk versi gratis

Pengguna mungkin tidak menyadari bahwa di balik tawaran gratis untuk mengunduh dan mengakses konten memiliki konsekuensi tertentu. Selain pembatasan pada fitur-fitur tertentu, penonton akan disuguhi iklan sisip di setiap tayangan.

Iklan tersebut sepenuhnya tidak bisa disalahkan karena memang pengguna mengakses layanan secara gratis. Satu-satunya solusi untuk menghindari hal ini adalah berlangganan menjadi pelanggan premium dengan membayar biaya akses setiap bulannya.

3. Sangat bergantung dengan akses internet

Aplikasi TV online untuk Android sepenuhnya sangat bergantung pada akses internet. Meski kalian telah mengunduh beberapa tayangan untuk ditonton secara offline, tetap harus melakukan pembaruan konten secara online sebulan sekali.

Tanpa adanya akses internet, sangat mustahil kalian bisa menikmati setiap tayangan di aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, pastikan ketersediaan jaringan secara online lewat provider kartu SIM atau WiFi bisa dijangkau.

Tips agar Menonton Tayangan Secara Online Tetap Lancar

Kenyamanan dalam menonton tentu menjadi prioritas utama selama menikmati siaran secara online. Kalian hanya tinggal memastikan koneksi internet tetap stabil serta baterai ponsel dalam kondisi penuh, agar hasilnya bisa maksimal.

1. Pastikan koneksi internet tetap stabil

Aplikasi TV online untuk Android hanya bisa diakses secara online menggunakan jaringan internet. Ini artinya, siaran tersebut sangat bergantung kepada akses daring sehingga koneksinya harus tetap stabil agar tidak terganggu.

Guna menjaga stabilitas jaringan internet, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memantau konektivitasnya. Mulai dari kecepatan unggah dan unduh, limit kecepatan (dalam satuan Mbps), dan melihat pilihan jaringan tersedia.

2. Baterai ponsel dalam kondisi penuh

Berikutnya adalah memastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh ketika digunakan menonton secara online. Kenapa harus demikian? Jawabannya adalah karena siaran streaming memaksa kinerja ponsel lebih berat sehingga memerlukan daya besar.

Baca juga: Tips Akun LinkedIn agar Segera Diterima di Tempat Impian

Hindari melakukan streaming dengan kondisi ponsel diisi dengan daya karena bisa menyebabkan panas berlebih. Oleh sebab itu, salah satu persiapan ini harus diperhatikan sebelum mengakses Aplikasi TV online untuk Android.

Exit mobile version